Dua gaco Om Suwadi nyeri di Piala Dandim Indramayu

Tidak sia-saia H Suwadi (Mr SWD) ngeluruk jauh dari Klaten ke Indramayu, Jawa Barat. Dua gaconya, yaitu kenari Raja dan pleci Super Nova, sukses meraih double winner alias nyeri juara 1 dalam lomba burung  berkicau Piala Dandim Indramayu, Minggu (20/12).

Sebenarnya Om Suwadi bisa saja memilih even yang lebih dekat, misalnya Piala Wali Kota Solo, atau kontes Papburi Klaten, atau Magelang BnR Cup I yang berlangsung pada hari yang sama. Mengapa ia memilih even yang digelar cukup jauh, tepatnya di Area Sport Center GOR Tridaya, Jalan DI Panjaitan Indramayu?

“Ya bukan apa-apa. Ini ada teman yang mengundang. Lagi pula, dalam even Piala Wali Kota Solo kan tidak ada kelas pleci? Itu beberapa alasan yang membuat saya memilih lomba di Indramayu,” ungkap Om Suwadi.

Panitia yang digawangi Om Komarudin (ketua) dan Om Jakaria Sidiq (ketua pelaksana) membuka dua kelas kenari, dan semuanya dijuarai kenari Raja milik Om Suwadi. Pada Kelas Segara BC, Raja unggul atas Raja Tarling kepunyaan Bang Herman (Karawang).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari Raja
Kenari Raja, tiga pekan beruntun nyeri juara 1.

Kelas Ebod Solution juga dimenang kenari Raja. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih Darson besutan Om Indra (Simpang 5) dan Raja Tarling.

Bagi kenari Raja, ini merupakan hasil nyeri untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Sebelumnya, burung ini juga menjuarai dua kelas dalam even Perang Bintang Soba Enterprise di Solo Baru (6/12) dan 1st Anniversary GBA di Banjarnegara (13/12).

Pleci Super Nova milik Om Suwadi juga menyapubersih dua kelas yang dilombakan. Di Kelas A, Super Nova mengungguli pleci Sangkuriang milik Om Koswara (PCMI) dan Wolverine besutan Om Hamban (PMI).

Pleci Super Nova
Pleci Super Nova beraksi, dua trofi juara 1 pun diraihnya.

Super Nova meraih gelar keduanya setelah menjuarai Kelas B. Dua pleci koleksi Om Dani (NV88) pun berhasil dikalahkannya, yaitu Sadewa dan Kornel, yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Kemenangan Super Nova tentu membanggakan pemiliknya. Soalnya Indramayu merupakan kandang macan kelas pleci. Tapi Super Nova yang langganan juara di Blok Tengah mampu menjuarai dua kelas sekaligus.

H Suwadi Klaten
H Suwadi (kiri) moncer bersama kenari Raja dan pleci Super Nova.

Selain Raja dan Super Nova, empat burung lainnya juga meraih double winner. Keempat burung  itu adalah murai batu Bodrex milik Om Yudi DID (Pasukan Bodrex), kacer Rocky besutan Om Joyo (DBC), cucak jenggot Salma milik Om Gugun (Cimanuk BC), dan anis merah Patriot milik Om Boyan (Kurawa BC).

Pasukan Bodrex mendominasi kelas murai batu. Tiga dari empat kelas yang dilombakan pun dijuarai gaco-gaco andalan tim yang digawangi Om Yudi DID.

Pasukan Bodrex
Pasukan Bodrex mendominasi kelas murai batu.

Murai batu Bodrex menjuarai Kelas Segara BC dan Ebod Solution. Kembang Lambe, juga milik Om Yudi, terbaik di Kelas MB Ring. Tiga gelar juara di kelas murai ini memberi andil bagi Pasukan Bodrex yang akhirnya menjadi juara umum BC.

Lima kelas lovebird diwarnai persaingan ketat antarpeserta. Bahkan tak ada lovebird yang menjuarai lebih dari satu kelas. Bintang lapangan di kelas ini adalah lovebird Altec.

Gaco milik Om Ubed Evalana (Duta AJM Team) ini menjuarai kelas utama Dandim. Altec juga moncer di Kelas Ebod Joss, meski hanya nangkring di urutan keempat.

3 SF
3 SF menjuarai kelas lovebird dari hasil breeding sendiri.

Kelas Ebod Solution dimenangi lovebird Neng Agya. Burung milik Om Ubay (3 SF) ini mengalahkan LB Shapire besutan Om Fian Cupuk (New Cakra BC) dan Chivas andalan Om Deddy W (Cirebon). Neng Agya merupakan lovebird hasil breeding Om Ubay.

Kelas branjangan cukup ramai. Bahkan Om Erwin sengaja datang dari Semarang memberi dukungan kepada rekan-rekan penggemar burung kecil nan lincah ini.

Om Erwin bersama Om Eddy Hendro dan Om Iwan Purba membentuk Paguyuban Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). Bahkan di Indramayu, Om Eddy Hendro  mengadakan latber rutin setiap Sabtu, khusus branjangan. (Waca)

Paguyuban Branjangan
Paguyuban Ciayumajakuning, rutin gelar latber branjangan setiap Sabtu.

Hasil Lomba Piala Dandim Indramayu (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.