3 Kerabat branjangan yang banyak dicari — Unduh audionya untuk masteran

Makin sulitnya mendapatkan burung branjangan dari Jawa membuat sejumlah kicaumania memelihara burung dari daerah lain. Bahkan tidak sedikit pula yang memelihara kerabat burung branjangan dari negara lain. 

Tiga kerabat burung branjangan yang punya banyak penggemarnya
Tiga kerabat burung branjangan yang punya banyak penggemar di Indonesia.

Branjangan jawa / horsfield’s bush lark (Mirafra javanica) pertama kali diidentifikasi oleh Thomas Horsfield pada tahun 1821. Saat itu dia berada di Jawa, kemudian mengumpulkan spesimen burung ini.

Thomas Horsfield adalah seorang dokter yang juga naturalis dari AS. Dia menghabiskan waktu cukup lama di negeri kita, untuk mengenali dan mencatat berbagai spesies yang ditemukannya, sampai kemudian menjadi kurator untuk East India Company Museum di London. Sebagai penghargaan atas usahanya itu, setiap spesies temuannya diberi nama sesuai dengan namanya.

Bagi sebagian orang, burung branjangan / lark dianggap sebagai simbol baik yang mempunyai unsur kebahagiaan, keberuntungan, dan sebagainya. Wilayah persebarannya cukup luas, mulai dari daratan Asia, kepulauan Indonesia dan Filipina, hingga ke Australia.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Di Indonesia, burung branjangan terdiri atas empat ras yang tersebar mulai dari Kalimantan Selatan, Jawa, Bali, serta sepanjang wilayah timur Indonesia termasuk Papua. Di Jawa, burung ini dahulu umum dtemukan di kawasan pertanian. Akibat sistem pertanian intensif dengan pola tanam yang mengutamakan padi dan penggunaan pestisida, populasi burung ini terus menyusut secara cepat, terutama setelah tahun 1990an.

Sampai sekarang, kelangkaan burung branjangan menyebar hingga ke seluruh wilayah di Jawa. Kalaupun kemudian ada yang menjualnya, jangan heran kalau harganya selangit.

Alternatifnya, banyak kicaumania yang memelihara burung branjangan dari daerah lainnya, bahkan tak sedikit juga yang sengaja memelihara kerabat burung branjangan yang berasal dari negeri tetangga seperti sanma, pailing, dan son ca.

Berikut ini tiga kerabat burung branjangan yang banyak dicari, serta audionya yang dapat diunduh untuk masteran atau untuk memancing bunyi.

PAILING  |  SANMA  |  SONCA

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.