Budidaya ulat bambu untuk pakan burung dan hewan peliharaan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ulat bambu adalah larva ngengat yang hidup di dalam ruas-ruas bambu. Jenis ulat ini dikenal sebagai pakan hewan peliharaan seperti reptil, arwana, dan burung kicauan. Namun terkadang cukup sulit juga mendapatkan ulat bambu di pasaran, baik di pasar / toko burung maupun toko perlengkapan mancing. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Perawatan dan budidaya ulat bambu untuk pakan burung
Tips budidaya dan perawatan ulat bambu untuk pakan burung.

Menurut beberapa pedagang, ulat bambu umumnya dijual secara musiman, atau hanya ada pada waktu tertentu saja. Di luar waktu tersebut, ulat bambu sulit didapatkan. Kalau punya waktu senggang, tidak ada salahnya Anda mencoba budidaya ulat bambu untuk pakan burung dan hewan peliharaan.

Pada sisi lain, sering kali kita tidak merawat ulat bambu yang telah dibeli, sehingga banyak yang mati dan tidak bisa digunakan. Nah, dalam artikel ini juga akan dijelaskan secara singkat bagaimana cara merawat ulat bambu.

Siapa tahu, dari budidaya kecil-kecilan, Anda bisa mencukupi sendiri kebutuhan ulat bambu untuk burung kicauan di rumah. Nanti kalau usaha ini terus berkembang, Anda bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan yang cukup menguntungkan, bahkan bisa menjadi pekerjaan utama bagi sobat kicaumania yang hingga kini belum memperoleh pekerjaan.

Di kalangan kicaumania, ulat bambu dikenal sebagai pakan tambahan / extra fooding (EF) yang memiliki manfaat cukup banyak. Selain sebagai pakan tambahan yang bisa memperkaya kebutuhan nutrisinya, ulat bambu dipercaya juga bisa membantu mengurangi over birahi yang sering terjadi pada beberapa jenis burung kicauan.

Seperti dijelaskan di bagian awal tulisan ini, ulat bambu sebenarnya merupakan larva dari ngengat pelubang bambu / grass moth (Omphisa fuscidentalis). Ngengat ini akan membuat lubang pada batang bambu, lantas mengeluarkan telur-telurnya dalam jumlah banyak, sebelum akhirnya mati.  Biasanya, larva ini akan bersarang pada tempat yang lembab dan tidak jauh dari permukaan tanah.

Ngengat pelubang bambu
Ngengat pelubang bambu / grass moth.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Cara merawat ulat bambu

Berikut ini beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup ulat bambu agar tetap awet dan bisa diberikan kepada burung setiap kali dibutuhkan.

  • Media penyimpanan
    Media yang digunakan untuk menyimpan ulat bambu bisa berupa batang bambu bawaannya maupun dalam wadah toples plastik yang bagian bawahnya dilapisi serbuk gergaji.
  • Menjaga kelembaban
    Ulat bambu bisa bertahan hidup lebih lama jika selalu disimpan di tempat lembab. Cara yang biasa dilakukan untuk menjaga kelembaban adalah membuka daun penutupnya, lalu ditetesi sedikit air. Cara lain, celupkanlah sedikit bagian ujung bambunya ke dalam wadah berisi air.
  • Memberikan pakan
    Meski mendapatkan makanan dari bambu tempatnya hidup, namun jika ulat bambu dipelihara sebagai pakan hewan peliharaan, tentu dia harus mendapatkan pakan bernutrisi agar bisa memberi manfaat lebih. Adapun pakan yang bisa diberikan adalah tepung sereal bayi yang dimasukkan ke dalam bumbungnya.

Namun dalam perawatan ulat bambu tersebut ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kicaumania, yaitu:

  • Media penyimpanan harus terhindar dari serangan semut atau tikus.
  • Jangan menyimpan wadah / bumbungnya pada tempat panas atau selalu terpapar cahaya matahari.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai pakan burung dan umpan pancing, ulat bambu juga bisa disajikan sebagai makanan lezat dan tinggi protein bagi manusia. Ya, untuk kita sendiri.

Di Thailand, Tiongkok, dan Jepang pun, ulat bambu sering dijual dalam beragam sajian makanan. Proteinnya yang tinggi membuat banyak orang tertarik mengonsumsinya. Bahkan banyak dijual pula ulat bambu dalam kondisi hidup atau kering di pasar-pasar tradisional di ketiga negara tersebut.

Panduan budidaya ulat bambu

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk menjaga ketersediaannya, banyak orang mulai membudidayakan ulat bambu untuk berbagai tujuan, baik sebagai penganan maupun pakan hewan. Teknis budidayanya cukup mudah, bahkan Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.

Untuk menjaga ketersediannya, banyak orang yang kemudian membudidayakannya untuk beragam tujuan, mulai dari sebagai penganan/kudapan hingga sebagai pakan untuk hewan peliharan. Berikut adalah cara budidaya ulat bambu untuk pakan burung dan hewan peliharaan.

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan

Jika ingi membudidayakan ulat bambu, Anda mesti menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Dua wadah plastik / toples ukuran sedang atau besar, yang akan digunakan sebagai tempat penampungan ulat bambu.
  • Serbuk gergaji
  • Kertas kardus / karton tebal
  • Pakan racikan yang dibuat dengan mencampurkan tepung sereal bayi (1,2 gram),  madu (100 ml), air hangat (100 ml), 1 sendok makan ragi (opsional), dan vitamin 5 ml (opsional).

Semua bahan dicampur dalam blender, kemudian diaduk hingga menjadi adonan yang kenyal.

2. Cara budidaya ulat bambu

  • Masukkan serbuk gergaji ke bagian dasar dari wadah toples yang digunakan. Setelah itu masukkan adonan pakan ke dalamnya.
Wadah yang digunakan - gambar dari wikihow
Wadah yang digunakan | Foto: Wikihow
  • Kertas kardus/karton diremas-remas hingga berbentuk bulatan sepert bola, kemudian diletakkan dalam wadah toplesnya. Bola kardus itu akan dipakai sebagai tempat ulat berubah jadi kepompong.
  • Alternatif lain adalah masukkan potongan-potongan kain ke dalam wadahnya. Setelah wadah siap digunakan, masukkan ulat bambu ke dalamnya, lalu simpan di tempat yang lembab.
  • Beberapa minggu kemudian, ulat akan berubah menjadi kepompong yang menempel di bola-bola kertas yang sudah disediakan. Pada saat itu, bola-bola kertas bisa dipindahkan ke dalam wadah toples yang satu lagi.
Memindahkan kepompong - gambar dari wikihow
Memindahkan kepompong | Foto: Wikihow
  • Setelah beberapa waktu, kepompong akan berubah menjadi ngengat dewasa. Rentang hidup ngengat dewasa sekitar dua bulan.
  • Setelah melakukan perkawinan, ngengat betina akan bertelur sekitar 80 – 130 telur dan akan menetas setelah berumur 12 hari.
  • Telur yang menetas menjadi larva / ulat bambu tersebut bisa langsung dipanen. Sisanya dibiarkan saja untuk berkembang kembali menjadi kepompong.

Selain budidaya ulat bambu, metode yang sama juga bisa dilakukan untuk budidaya beberapa jenis ulat lain seperti wax worm yang berasal dari ngengat lilin. Wax worm juga termasuk EF untuk berbagai jenis burung peliharaan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.