Hattrick kacer MPL bawa BBM Team juara umum di Bungo Wisata Cup

BBM Team meraih sukses ganda dalam lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup yang berlangsung di Taman Hijau Bungo, Provinsi Jambi, Minggu (18/9). Selain menjadi juara umum bird club, tim yang dipimpin Om Cholis Bird ini juga mencetak hattrick melalui kacer MPL milik Om Rury.

Lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup
Suasana kelas kacer dalam lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup, Minggu (18/9).

Dari aspek penyelenggaraan, even yang digawangi Om Ilyas Bius (ketua panitia) dan Om Haris (ketua pelaksana) ini juga menuai kesuksesan. Animo para kicaumania untuk mengikuti lomba cukup tinggi. Mereka terlihat antusias, berlaku tertib, sehingga lomba bisa dirampungkan tanpa protes / komplain dari peserta.

Berdasarkan data peserta di bagian pendaftaran, para kicaumania datang dari berbagai wilayah yang ada di Provinsi Jambi (misalnya Bangko, Tebo, Sarolangun, Kerinci, Kota Jambi, Bungo) dan Sumatera Barat (Dharmasraya).

“Kami sengaja menggelar lomba ini di Taman Hijau Bungo, dengan tujuan lebih mengenalkan potensi wisata yang ada di daerah ini. Makanya nama-nama kelas menggunakan nama objek wisata yang ada di Bungo. Tentu sekalian menjalin tali silaturahmi antarkicaumania,” ungkap Om Ilyas Bius.

Panitia membuka empat kelas kacer, masing-masing Dam Semanggi, Pulau Cinta, Air Terjun Rantau Pandan, dan Taman Hijau Bungo. Tiga kelas yang disebut pertama dimenangi kacer MPL besutan Om Rury (BBM Team).

Om Rury dan kacer MPL
Om Rury (pegang koncer merah) sukses bersama kacer MPL.

Kacer MPL bahkan nyaris mencetak quattrick, namun digagalkan kacer Anak Rimba orbitan Om Deny dari A9 Team yang tampil sebagai jawara di Kelas Taman Hijau Bungo. MPL harus puas di peringkat keempat, di bawah kacer Ariel milik Om Kohi (A9 Team) dan Satria koleksi Om Adhe (BBM Team).

Lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup
Para juara kacer di kelas utama Dam Semanggi.

Persaingan lebih ketat terjadi pada kelas murai batu yang juga dimainkan empat sesi. MB Bala Dewa andalan Om Achun Bangko (A9 Team) terbaik di Kelas Dam Semanggi, unggul atas Merah Putih yang juga milik A9 Team dan Viking (Duta Chirpy Bangko).

Lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup
Persaingan ketat di kelas murai batu yang dimainkan empat sesi.

Namun MB Merah Putih mampu membalas kekalahannya dengan menjuarai Kelas Air Terjun Rantau Pandan, sekaligus memaksa Bala Dewa di posisi kedua. Juara ketiga diraih murai batu James Bond milik Om Har dari Duta Chirpy Bangko.

Lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup
Para pemenang murai batu Kelas Dam Semanggi.

Lovebird Queen besutan Om Rama (Sakral) serta Oneng andalan Om Ipink (BBM Team) juga terlibat persaingan sengit. Queen mampu mengungguli Oneng di Kelas Pulau Cinta. Kelas Air Terjun Rantau Pandan dimenangi lovebird pada gantangan nomor 4, disusul Oneng di posisi kedua.

Lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup
Para juara lovebird di Kelas Pulau Cinta.

Lovebird Oneng kemudian menjadi yang terbaik di Kelas Taman Hijau Bungo, unggul atas LB Nunung milik Om Cecep / Om Yanto (KKMB), Putri koleksi Om Taufik (A9 Team), dan Queen.

Sama seperti lovebird, kapas tembak juga digelar tiga kelas. Dua di antaranya dimenangi SS besutan Om Ipink / Om Andi dari BBM Team.

Kapas tembak SS menjuarai Kelas Pulau Cinta, disusul Mendung orbitan Om Rian (AB Team). SS juara lagi di Kelas Taman Hijau Bungo, mengalahkan kapas tembak Jenggot Naga milik Om Ifel (BBM Team) dan Sakti andalan Om Wilson (Central BC Sungai Penuh).

Lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup
Para pemenang kapas tembak Kelas Pulau Cinta.

Satu kelas lainnya, Air Terjun Rantau Pandan, dimenangi kapas tembak Balak 1 milik Om Kohi dari A9 Team. Den Boy polesan Om Mahesa / Om Elang (BBM Team) nangkring di posisi kedua.

Cucak ijo Bledek dan kenari Veloz sama-sama meraih juara 1 dan 2. Bledek, gaco orbitan Om Rusmaji (Pamenang BC), menjuarai Kelas Pulau Cinta, unggul atas Manohara milik Om Vino Zola (Rimbo BC) dan Tessy kepunyaan Om Jalu (A9 Team).

Sayangnya, ketika berlaga di Kelas Water Park Bungo, Bledek harus puas bertengger di urutan kedua. Kelas ini dimenangi cucak ijo milik Om Handoko.

Hal serupa dialami kenari Veloz milik Om Yanto MM (AR BC). Burung ini awalnya hanya menempati posisi runner-up Kelas Water Park Bungo yang dimenangi kenari MD milik Om Dadan (AB SF).  Veloz lalu memenangi Kelas Air Terjun Rantau Pandan, mengalahkan kenari Jendral dan Santet, keduanya milik Rea Reo (BBM Team).

BBM Team juara umum BC
BBM Team tampil sebagai juara umum BC.

Ketua BBM Team, Om Cholis Bird, mengucapkan terimakasih atas kekompakan para personel tim ini sehingga mampu meraih juara umum BC. “Selanjutnya, BBM Team siap meramaikan even Merangin Chirpy Cup 2 di Bangko, Minggu 9 Oktober mendatang,” kata Om Cholis.

Juri independen
Juri-juri independen dari Bungo, Bangko, Pamenang, Kerinci, dan Bengkulu.

Mewakili seluruh kru panitia dan tim juri, Om Ilyas Bius serta Om Haris menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh kicaumania yang telah meramaikan even ini. “Even ini tak mungkin terlaksana tanpa dukungan para kicaumania. Mohon maaf jika masih ada kekurangannya,” tandas Om Ilyas. (OK-1)

Panitia Bungo Wisata Cup
Panitia lomba burung berkicau Bungo Wisata Cup.

Hasil Lomba Bungo Wisata Cup (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.