Amankah salep kulit manusia jika digunakan pada burung kicauan?

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Pertanyaan yang menjadi judul tulisan kali ini, amankah salep kulit manusia jika digunakan pada burung kicauan, sempat diajukan beberapa kicaumania kepada redaksi omkicau.com. Pasalnya, sebagian di antara mereka pernah mencoba salep kulit manusia untuk burung piaraannya yang kedua kakinya terinfeksi jamur. Tapi hasilnya, kaki burung malah melepuh.

Memilih obat yang sesuai untuk burung
Memilih obat yang sesuai untuk burung peliharaan

Hampir semua apotek / toko obat selalu menyediakan salep kulit dengan beragam merek. Tentu saja salep ini untuk mengobati luka luar atau kulit manusia. Tidak ada tulisan, misalnya, “bisa juga digunakan untuk hewan peliharaan”.

Memang, beberapa jenis obat yang biasa dikonsumsi manusia bisa juga digunakan untuk hewan piaraan, termasuk burung kicauan. Namun Anda perlu mencermati kode warna pada logo lingkaran pada kemasan obat tersebut.

Ya, apabila diteliti, pada kemasan dari obat / salep yang dijual di apotek terdapat logo berbentuk lingkaran dengan warna berbeda-beda. Logo dan warna lingkaran ini bukan sekadar hiasan, tapi menjadi salah satu penanda apakah obat tersebut termasuk jenis obat umum (bebas) atau obat keras yang harus disertai resep dokter.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Silakan perhatikan logo-logo berikut ini:

Logo yang terdapat dalam kemasan obat-obatan dan artinya
Logo dan warna yang terdapat dalam kemasan obat-obatan.

Sejak dahulu, kicaumania di Indonesia sudah terbiasa menggunakan obat / salep untuk manusia tatkala mengobati burung peliharaannya. Kalau salep yang digunakan bukan termasuk obat keras, burung tidak akan mengalami efek samping yang terlalu berbahaya.

Namun, sayangnya, masih banyak kicaumania yang sembarangan dalam memilih obat-obatan untuk diberikan pada burungnya. Akibatnya, bukannya sembuh, penyakit yang diderita burung justru makin bertambah parah.

Kasus yang paling sering terjadi adalah ketika mengobati kaki burung yang terkena jamur. Kalau kita sembarangan atau asal memilih salep kulit, maka akibatnya bisa fatal. Beberapa menit setelah salep dioleskan, kaki burung bakal melepuh / terbakar atau bahkan copot, begitu pula ketika dioleskan pada bagian paruhnya.

Kulit atau kaki burung itu melepuh / terbakar akibat efek dari kandungan salep yang terlalu keras. Selain itu, salep juga mengandung bahan-bahan yang bisa membuat kulit iritasi, apalagi lapisan kulit burung sangat tipis, sehingga olesan sedikit saja bisa membuat kulitnya melepuh dan terbakar.

Karena itu, sangat penting bagi para kicaumania untuk memahami betul bagaimana memilih obat yang tepat untuk digunakan pada burung peliharaannya.

kaki burung yang melepuh setelah diolesi salep kulit untuk manusia (foto koleksi komunitas kocaumania cibinong)
Kaki burung melepuh usai diolesi salep kulit manusia (Foto: Komunitas Kicaumania Cibinong)

Cara yang paling ampuh dan aman adalah menggunakan obat-obatan yang memang dibuat khusus untuk burung. Misalnya, jika Anda ingin mengobati kaki burung yang berjamur, untuk lebih amannya gunakan BirdCream yang dioleskan langsung pada bagian yang terinfeksi.

Selain mudah dan aman, BirdCream juga tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit, sehingga burung terbebas dari efek samping. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk mengobati aneka penyakit kulit lainnya seperti luka, bengkak, bubul / bumble foot, dan sebagainya.

Oleskan BirdCream pada kaki yang terinfeksi
Oleskan BirdCream pada kaki burung yang terinfeksi.

Sekarang pilih mana: obat apotek yang digunakan hanya untuk manusia, atau obat-obatan yang memang khusus dibuat untuk burung kicauan? Pilihan ada di tangan rekan-rekan kicaumania.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.