Tiga cara mudah memancing burung mandi dalam karamba

Mandi merupakan bentuk perawatan paling penting dalam menjaga kebersihan dan kesegaran burung kicauan. Ada beragam cara mandi yang dikenal para kicaumania, mulai dari menyemprot dengan sprayer, menyediakan cepuk air di dalam sangkar, hingga menggunakan karamba mandi. Metode mandi dalam karamba kerap dikeluhkan beberapa kicaumania, karena dinilai agak menyulitkan. Untuk membantu Anda, berikut ini tiga cara mudah memancing burung mandi dalam karamba

Trik memancing burung agar mau mandi di karamba mandinya
Trik memancing burung agar mau mandi di dalam karamba.

Mandi sangat bermanfaat bagi burung kicauan. Selain menyegarkan, mandi juga dapat membersihkan bulu-bulunya dari debu, kotoran, serta kutu yang menempel. Mandi juga memberi kelembaban yang dibutuhkan burung sehingga menjadikannya tetap aktif dan rajin berkicau.

Cara mandi yang paling mudah adalah menggunakan semprotan / sprayer, namun harus dilakukan secara hati-hati agar air tak masuk lubang hidung. Namun hal ini juga tergantung dari kebiasaan burung, sebab ada burung yang tak mau dimandikan dengan cara seperti itu.

Mandi dalam karamba termasuk metode paling popular, meski beberapa kicaumania pemula kerap kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Dalam beberapa kasus, burung tidak mau masuk ke dalam karamba mandi. Akibatnya, tak sedikit kicaumania yang menyerah dan memilih memandikannya dengan cara disemprot.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bagi yang pantang menyerah, link tulisan berikut ini bisa membantu memancing burung masuk ke dalam karamba mandi:

Burung ogah mandi di karamba ? Ini solusinya !

Namun, masalah yang muncul ternyata bukan hanya itu saja. Burung yang belum terbiasa menggunakan karamba mandi sering terlihat “kikuk” ketika berada di dalamnya. Banyak burung yang justru diam saja di tangkringan, atau hanya melompat-lompat saja.

Terkait dengan permasalahan tersebut, tiga cara berikut ini juga bisa Anda terapkan untuk memancing burung mau mandi di dalam karamba:

1. Mandikan burung lain di dekatnya

Selama burung berada dalam karamba mandin, coba dekatkan sangkar yang berisi burung jenis lain. Lalu mandikan burung tersebut dengan memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya. Biasanya, burung akan terpancing dan ikut-ikutan mandi. Pada akhirnya, burung pun bersedia mandi dalam karamba.

2. Cabut tenggerannya

Pada saat burung berada di dalam karamba mandi, cobalah mencabut tenggerannya selama beberapa waktu. Hal ini bertujuan agar burung mau berdiri di dalam bak mandi yang berisi air, sekaligus melatih burung agar tak ketakutan dengan volume air dalam bak mandi.

3. Taruhlah batu sebagai pengganti tenggeran

Alternatif lain adalah meletakkan sebuah batu di tengah-tengah bak mandi. Ukuran batu terserah, yang penting bisa dijadikan pijakan bagi burung. Batu berfungsi sebagai pengganti tenggeran dan terlihat seperti kondisi di habitat asli, sehingga diharapkan bisa memancing burung untuk segera mandi.

Itulah tiga cara alternatif untuk memancing burung agar mau mandi dalam karamba.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.