Tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol dan bersuara lantang

Cari Artikel Berdasar Kategori

Anda suka kucing? Cek saja...

Sukakucing.com - Blog Referensi Para Pecinta Kucing

Edel sanger / grey singing finch (Serinus leucopygius), atau kerap disebut sanger, memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan blackthroat (Serinus atrogularis). Meski posturnya lebih kecil daripada blackthroat, kicauannya sangat lantang dan ngerol sehingga digemari para kicaumania. Untuk membuatnya rajin berkicau, berikut ini tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol dan bersuara lantang.

Di mancanegara, burung sanger juga memiliki nama popular: white-rumped seedeater. Wilayaj persebarannya sama seperti blackthroat, yakni di Afrika. Bahkan kalau dilihat sepintas, penampilan keduanya memiliki kemiripan. Tetapi jika diperhatikan secara teliti, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Edel sanger (foto kiri) dan blackthroat
Perbedaan antara burung sanger (kiri) dan blackthroat.

Dari gambar di atas terlihat beberapa perbedaan antara burung sanger dan blackthroat. Postur tubuh sanger lebih kecil, dengan panjang sekitar 10-11 cm. Adapun panjang tubuh blackthroat sekitar 12-15 cm.

Selain itu, sanger tidak memiliki warna bulu kuning pada pangkal ekornya. Motif bulunya juga tak setegas burung blackthroat. Kendati demikian, keduanya memiliki karakter suara ngerol yang sangat mirip.

Secara umum, pola rawatan yang diterapkan pada sanger tidak jauh berbeda dari perawatan yang biasa dilakukan pada kenari dan blackthroat. Namun untuk mendapatkan burung yang aktif dan rajin berbunyi, perlu penanganan lebih istimewa, terutama pemberian pakan dan perawatan pendukung lainnya. Berikut ini beberapa tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol dan bersuara lantang.

1. Jaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya 

Salah satu bentuk perawatan yang sangat penting adalah menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Kalau dilakukan teratur, burung pun akan selalu sehat sehingga makin aktif dan rajin berbunyi. Sangkar yang bersih juga merupakan tindakan pencegahan yang efektif dari serangan parasit yang bisa mengganggu penampilannya.

2. Rutin menjemur burung

Penjemuran secara rutin dapat memancing sanger untuk rajin berbunyi.  Penjemuran bisa dilakukan setelah burung dimandikan dengan durasi sewajarnya, atau selama 3-4 jam, yang dimulai pada pagi hari.

Meski asal-usulnya dari Afrika yang bersuhu panas, sebagian besar sanger yang dijual di pasar burung berasal dari hasil penangkaran lokal, sehingga sudah beradaptasi dengan iklim tropis. Karena itu, durasi penjemuran pun harus disesuaikan.  

3. Jauhkan dari burung sejenis 

Sanger merupakan burung yang bersifat teritorial. Sifatnya bisa berubah menjadi sangat agresif ketika melihat ada burung sejenis tak jauh dari sangkarnya. Karena itu, jika Anda memiliki lebih dari seekor sanger, sebaiknya sangkar keduanya digantang dalam posisi berjauhan dan tidak saling melihat.

4. Berikan pakan yang tepat

Sebagaimana kenari dan blackthroat, sanger merupakan burung pemakan bijian. Untuk memancing burung supaya rajin bunyi, pemberian pakan harus benar-benar diperhatikan. Pakan bijian diberikan secukupnya saja agar burung tidak menjadi kegemukan dan malas bunyi.

Selain pakan bijian, jangan lupakan pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti telur puyuh rebus, egg food, serta beberapa jenis sayuran. Untuk membuatnya makin rajin bunyi, bisa juga diberikan daun krokot.

5. Jangan lupakan multivitamin

Memenuhi kebutuhan burung tidak cukup hanya dengan memberikan pakan saja, tapi juga perlu dilengkapi dengan multivitamin seperti BirdVit. Hal ini penting untuk menjaga kondisinya agar selalu fit, yang akan membuat burung selalu aktif dan terpancing untuk lebih rajin berbunyi.

6. Pemasteran

Memutarkan suara-suara burung berkarakter ngerol seperti pleci, kenari, blackthroat, dan burung-madu (“kolibri”) juga dapat membuat burung sanger terpancing untuk mengeluarkan suaranya yang lantang. Suara-suara tersebut sekaligus juga dapat menjadi masteran untuk melengkapi suara kicauan burung sanger.

7. Kerodong pada malam hari 

Pengerodongan sangat penting, agar burung selalu terjaga kondisinya. Tutup seluruh sangkarnya dengan kerodong ketika burung akan beristirahat di malam hari. Selain menjaga dari embusan angin malam serta serangan nyamuk, pengerodongan juga mempercepat pemulihan stamina burung, sehingga keesokan harinya burung dalam kondisi fit dan siap berkicau dengan volumenya yang lantang.

Demikian tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol dan bersuara lebih lantang.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.