Uniknya lomba burung finch di Belgia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Lomba burung finch di Belgia –Flandria / Flanders adalah nama sebuah negara bagian di wilayah Kerajaan Federal Belgia. Sebagian besar penduduk di negara bagian tersebut merupakan masyarakat dari etnis Flemish yang umumnya bertutur dalam bahasa Belanda. Salah satu tradisi di sana adalah lomba burung yang sudah ada sejak tahun 1593.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Suasana lomba burung finch di Flanders, Belgia
Suasana lomba burung finch di Flanders, Belgia.

Jenis burung yang dilombakan secara turun-temurun adalah common chaffinch (Fringilla coelebs). Spesies burung ini memiliki suara kicauan bervariasi dan sangat lantang. Uniknya, lomba burung finch ini tidak menggunakan sangkar sebagaimana lazim di Indonesia.

Burung finch yang dilombakan sebelumnya dimasukkan dalam boks kayu yang tertutup rapat. Ketika lomba dimulai, boks-boks diletakkan di atas jalan atau taman asri yang ada di dalam kota tersebut.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Lomba burung finch ini memang cukup popular, sehingga jumlah peserta bisa mencapai ribuan. Uniknya, setiap ekor burung yang berlomba akan dinilai seorang pengamat / juri yang duduk manis di depan boks, sambil mencatat setiap kali burung mengeluarkan suara kicauannya selama satu jam.

lomba burung finch di belgia
Juri yang melakukan pencatatan pada sebuah tongkat setiap kali burung mengeluarkan suaranya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penilaian ditentukan berdasarkan banyaknya goresan kapur di tongkat panjang. Makin sering burung berkicau dalam satu jam, maka besar peluangnya untuk menjadi pemenang. Setiap juri tidak tahu rupa burung yang berkicau, apalagi pemiliknya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bagi penduduk Flandria, lomba burung finch yang popular dengan sebutan vinkensport ini bahkan dianggap sebagai salah satu cabang olahraga. Para vinkeniers (sebutan untuk kicaumania setempat) biasanya menerapkan berbagai tips untuk menjadikan burung finch piaraannya makin rajin bunyi dan bervariasi, mulai dari memberikan terapi dengan musik hingga melakukan pemasteran menggunakan rekaman suara burung.

lomba burung finch di belgia
Burung common chaffinch (Fringilla coelebs).

Burung yang menjadi juara akan memiliki nilai jual sangat tinggi, karena bisa dijadikan calon induk berkualitas. Saking ngebetnya jadi juara, tak sedikit peserta yang berlaku curang.

Beberapa kejadian unik yang pernah terjadi adalah burung terlebih dahulu diberik doping testosteron, supaya terus-menerus berbunyi. Ada juga yang menyelipkan pemutar CD atau handphone di dalam box kayu tersebut.

Suara burung common chaffinch

Penasaran seperti apa suara kicauan burung common chaffinch? Silakan dengarkan suaranya berikut ini:

Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.