Menyikapi burung pleci yang bersuara ngecir

Apa itu suara ngecir, pernah diungkap sekilas dalam artikel Suara pleci ngecir untuk masteran. Sebenarnya, ngecir / ngecer merupakan suara panggilan alami burung pleci yang dilagukan saat memanggil pasangan atau teman sesama jenisnya. Tetapi jika suara ini dilagukan terus-menerus dan berulang, apalagi disertai gerakan sayap bergetar, maka itu artinya pleci sedang over birahi (OB). Bagaimana menyikapi burung pleci yang bersuara ngecir tentu tergantung dari kondisi burung tersebut.

burung pleci yang bersuara ngecir
Cara merawat dan menyikapi burung pleci yang bersuara ngecir

Sebagaimana jenis burung kicauan lainnya, pleci dapat juga mengalami over birahi. Jika tak segera ditangani, kondisi ini dapat memengaruhi penampilan dan suaranya.

Dalam beberapa kasus, over birahi bisa menyebabkan burung pleci cenderung bersuara ngecir saja. Suara ngalas dan ngerolnya tak pernah terdengar. Tak jarang perilaku tersebut disertai dengan gerakan sayapnya yang bergetar-getar.

Bagi pemula, burung pleci yang bersuara ngecir kerap disikapi secara negatif, membuatnya galau, bahkan buru-buru menjualnya. Tidak sedikit pemula yang menganggap perilaku ini lebih sering dilakukan burung betina.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Namun, sebelum terburu-buru memvonis burung pleci yang bersuara ngecir itu berkelamin betina, sebaiknya perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Suara ngecir umumnya dilakukan pleci jantan dan betina untuk memanggil pasangannya atau rekan koloninya. Hal ini sangat umum ditemukan pada pleci yang berumur dewasa.
  • Pleci yang sedang birahi pun lebih sering mengeluarkan suara ngecirnya ketimbang suara kicauannya yang lain. Hal ini juga umum dijumpai pada burung yang dipelihara sendirian, maupun burung yang tidak pernah hidup secara beroloni.
  • Tak jarang suara ngecir disertai dengan perilaku pleci yang menggetar-getarkan kedua sayapnya / ngeleper. Hal ini biasanya dilakukan pleci yang sudah terlalu birahi alias OB.
  • Ngecir juga bisa disebabkan kondisi burung yang jarang dimaster. Untuk itu, rutin memaster adalah solusi yang terbaik agar pleci bisa mempunyai suara kicauan bervariasi.
  • Sebagian plecimania justru menjadikan suara ngecir sebagai masteran yang bagus untuk burung pleci, terutama jika suara tersebut dilagukan dengan irama rapat dan cepat. Kombinasi suara ngerol dan ngecir bisa membuat pleci lebih tampil beda.

Perawatan burung pleci yang bersuara ngecir karena over birahi

Jika suara ngecir tersebut dilagukan sekali-sekali, bahkan dilanjut dengan suara tembakannya yang lain, tentu Anda tidak perlu khawatir. Sebab hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

Tetapi manakala pleci terus menerus bersuara ngecur, terkadang disertai dengan perilaku meloncat-loncat dan sambil menggetarkan sayapanya, maka diperlukan pola perawatan khusus sebagai berikut:

  • Berikan buah dan sayuran yang mampu meredam birahi, misalnya mentimun atau pepaya.
  • Pakan tersebut diberikan setiap hari sampai kondisinya benar-benar pulih.
  • Mandikan burung setiap pagi menggunakan air dingin. Setelah itu, jemur pleci bersama dengan koloni pleci lainnya, dengan posisi sangkar saling menempel.
  • Jika kondisi cuaca memungkinkan, pleci bisa menjalani terapi mandi malam.
  • Burung ditempel dengan pleci betina selama semalaman. Pagi harinya, burung dikeluarkan untuk diembunkan. Setelah itu, gantang sangkar keduanya dalam posisi saling berjauhan selama seharian.
  • Meredam dan mengurangi birahi pleci juga bisa dilakukan dengan rutin melepasnya dalam kandang umbaran.
  • Biasakan memberi multivitamin seperti BirdVit, karena bisa membantu menjaga kondisi sekaligus mengurangi dampak dari over birahi tersebut.

Demikian cara menyikapi sekaligus menangani burung pleci yang bersuara ngecir. Selamat mencoba!

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.