7 Manfaat lada hitam untuk burung kicauan

Lada hitam merupakan salah satu bumbu penyedap masakan. Tapi tahukah Anda? Lada hitam juga dapat diberikan kepada burung piaraan. Menambahkan lada hitam dalam pakan hariannya dapat menjadikan burung tambah rajin bunyi. Sedikitnya ada 7 manfaat lada hitam untuk burung kicauan.

manfaat lada hitam
Manfaat lada hitam untuk burung kicauan.

Lada atau merica merupakan salah satu jenis rempah-rempah berujud bijian. Ada beberapa jenis lada, salah satunya lada hitam (black pepper) yang kerap digunakan di sejumlah restoran dan warung makan.

Tanaman ini pertama kali ditemukan sekitar 2000 tahun lalu di Malabar, pantai barat India bagian selatan. Kini, jenis tanaman rempah tersebut banyak ditanam di wilayah Asia, tidak terkecuali Indonesia.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Selain lada hitam, kita juga mengenal lada putih (white pepper). Lada putih sebenarnya diperoleh dari buah lada hitam yang dipetik ketika masih hijau / hampir masak. Setelah itu bijinya direndam untuk memudahkan pengupasan lapisan luarnya, kemudian dijemur sampai kering.

Lada hitam memiliki kandungan alkaloid dan minyak atsiri dengan komponen felandren, dipenten, kariopilen, entoksilen, dan limonen. Setiap 1 sendok makan (6 gram) lada hitam mengandung vitamin K (13%), zat besi (10%), mangan (18%), serta sejumlah kecil nutrisi penting lainnya seperti protein , dan serat makanan.

Lada hitam tak hanya kerap dijadikan bumbu penyedap masakan, tetapi juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri farmasi. Bahkan beberapa kicaumania rutin memberikan lada hitam kepada burung piaraannya

Manfaat lada hitam untuk burung kicauan 

Pemberian lada hitam kepada burung sebenarnya sudah lama dilakukan, terutama oleh para penggemar perkutut di Indonesia. Mereka umumnya memberikan beberapa biji lada hitam secara rutin setiap hari, agar perkututnya selalu sehat dan rajin bunyi.

Namun lada hitam juga bisa diberikan kepada burung kicauan, terutama burung pemakan bijian seperti kenari atau lovebird. Berikut ini beberapa manfaat lada hitam untuk burung kicauan:

1. Memberikan rasa hangat

Seperti halnya jahe, lada hitam juga kerap digunakan para kicaumania untuk memberikan rasa kehangat pada burung kicauan, terutama pada musim hujan atau saat cuaca terasa dingin.

2. Membuat burung rajin berbunyi

Manfaat lada hitam yang lain adalah membuat burung bertambah rajin berbunyi.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi dari lada hitam juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga burung yang rutin mengonsumsinya akan lebih terjaga kondisi kesehatannya sepanjang hari.

4. Meningkatkan stamina

Mengonsumsi lada hitam secara teratur dan dalam takaran tepat jugadapat meningkatkan stamina burung kicauan.

5. Meningkatkan metabolisme

Lada hitam sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme burung.

6. Menaikkan birahi burung

Tak hanya itu, lada hitam jika dikonsumsi secara teratur juga dapat meningkatkan birahi burung dengan cepat.

7. Meningkatkan produktivitas induk burung di penangkaran

Berdasarkan penelitian yang hasilnya telah dipublikasikan di Jurnal Animal Sciences, pemberian lada hitam kepada burung atau unggas yang ada di penangkaran dapat membuat induk lebih produktif. Telur-telur yang pun lebih berkualitas.

Pada perkutut, lada hitam umumnya diberikan dengan cara dilolohkan (1-2 butir) ke paruh / mulutnya. Tetapi unttuk burung kicauan seperti kenari dan lovebird, Anda bisa mencampur 1 sendok teh lada hitam dalam cepuk pakan yang berisi pakan bijian.

Cara lainnya yang umum dilakukan kicaumania adalah mengolah lada hitam menjadi tepung, dengan cara ditumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan 1/2 sendok teh bubuk lada hitam dalam cepuk pakan yang berisi voer maupun pakan bijian.

Itulah beberapa manfaat lada hitam untuk burung kicauan. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.