Nazar BF Samarinda manfaatkan lovebird duda untuk mempercepat penjodohan

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Banyak tips dan trik yang dilakukan para penangkar burung lovebird untuk mempercepat proses penjodohan. Nazar BF Samarinda, misalnya, memanfaatkan lovebird duda sebagai indukan untuk keperluan itu. Breeding lovebird milik Om Nanang ini didirikan pada tahun 2011.

Nazar BF Samarinda
Nazar BF Samarinda: Kandang battery (kiri) untuk indukan, sedangkan kandang koloni untuk menampung lovebird-lovebird paud.

Om Nanang memiliki sejumlah lovebird lomba dan lovebird gacor yang dijadikan masteran di rumah. Suatu ketika, lovebird-lovebird koleksinya itu mengalami over birahi. Iseng-iseng, Om Nanang coba mengawinkannya, dan ternyata berhasil.

Dari situlah dia mulai tertarik beternak lovebird. Induk yang digunakan selalu lovebird yang memiliki prestasi di arena lomba. Pasalnya, induk jawara biasanya akan mewariskan sifat-sifat baik itu kepada anak-anaknya. Apalagi jika kedua induk sama-sama pernah berprestasi.

Om Nanang
Om Nanang, pemilik Nazar BF Samarinda, bersama istrinya.

“Untuk induk jantan, saya memilih yang bertipe fighter, suara receh, serta kondisi duda. Kalau untuk induk betina, saya memilih yang sudah pernah berproduksi. Pemilihan induk dengan kriteria seperti ini lebih mempercepat proses penjodohan,” ujar Om Nanang kepada omkicau.com.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Karena induk jantan dan betina sama-sama berpengalaman, maka keduanya bisa dijodohkan dalam kandang battery, bukan di kandang koloni. Caranya, kedua induk dimandikan hingga basah kuyup. Setelah itu, keduanya dimasukkan dalam sangkar terpisah dalam posisi selalu berdekatan.

cara ternak burung lovebird
Kandang lovebird model battery.

“Hal ini biasanya saya lakukan selama seminggu. Kalau sudah akur, baru dicampur di dalam kandang battery,” jelasnya.

Pakan yang digunakan saat awal penjodohan adalah milet putih biasa, yang berfungsi meredam sifat ganas lovebird betina di kandang ternak. Kalau sudah benar-benar berjodoh, menunya berupa milet putih dan canary seed, dengan perbandingan 2 : 1.

piyikan lovebird

piyikan lovebird
Piyikan lovebird hasil breeding Nazar BF Samarinda.
Nazar BF
Ring Nazar BF menggunakan kode NGSPJ KLI KT 95.

Om Nanang memanen anakan lovebird ketika berumur 1-2 minggu. Anakan diloloh serta dibesarkan dalam kandang khusus. Tak hanya itu, sejak dini piyikan lovebird dimaster menggunakan perangkat mp3, dengan nada kenari, belalang, dan tengkek.

Lihat juga: Cara memaster lovebird dengan sonic master

Jika sudah bisa makan sendiri, lovebird-lovebird baby disatukan dalam kandang koloni. Pakan harian terdiri atas milet kiloan, canary seed, dan gabah yang dicampur dengan perbandingan 8 : 4 : 1. Extra fooding (EF) menggunakan jagung muda, yang diberikan setiap hari pada pagi dan sore.

kandang lovebird
Kandang lovebird model koloni.

Burung mandi sendiri dan dijemur secukupnya. Vitamin diberikan dua kali seminggu. Om Nanang tak pernah alpa membersihkan kandang, dan harus dilakukan setiap hari.

Om Nanang sehari-hari bekerja sebagai teknisi servis alat-alat elektonik di PT Luxindo. Bermain dan beternak lovebird hanya sebagai hobi saja. Karena itu, jumlah indukan di kandang breeding Nazar BF juga dibatasi tidak terlalu banyak.

Lovebird Banaspati Jr
Lovebird Banaspati Jr, salah satu jagoan milik Om Nanang.
penjemuran lovebird
Penjemuran lovebird paud hasil breeding Nazar BF.

“Saya fokus pada lovebird kekekan, sambil terus mengikuti lomba. Produknya terbatas, hanya punya empat pasangan induk, dan semuanya masih aktif main di lapangan. Produk hanya dikonsumsi oleh teman-teman sendiri,” tandas Om Nanang. (neolithikum)

Om Nanang saat menjuarai lomba.

Breeding lovebird Nazzar BF

Kontak: Om Nanang (HP 082-376-800-666) | FB: nanang.ngspj.7

Alamat: Jalan Batu Cermin, Gg. Padi No. 40B 5, Samarinda.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.