Cara memaster lovebird dengan sonic master

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Sonic master atau electric master kini menjadi salah satu peranti penting bagi sobat kicaumania yang ingin memaster burung kicauan. Keberadaan electric master sekaligus dapat mengurangi perburuan liar, terutama burung masteran andal seperti cililin, tengkek buto, tengkek udang, siri-siri, rambatan, jalak rio-rio, dan lain-lain.

Karena itu, ketika produk sonic master beredar di pasaran, banyak kicaumania yang membelinya. Saat ini banyak sekali produk sonic master dengan beragam tipe, kualitas, dan harga. Tentu tidak semua produk sonis master bisa difungsikan secara maksimal, sehingga perlu kejelian tersendiri, termasuk mendengar komentar para pengguna sebelumnya.

Nah kali ini akan disampaikan cara dan tips memaster lovebird menggunakan sonic master atau electric master. Seperti diketahui, pamor lovebird kini terus melambung di berbagai daerah. Hampir setiap kelas lovebird dipenuhi peserta.

Burung lovebird bisa ngekek panjang, selain karena ada baaan juga perluy proses. Apabila burung masih muda, maka tahapan awalnya ya harus melalui pemasteran.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan lovebird dewasa yang sangat gacor dan mampu ngekek panjang. Cara inilah yang biasa diterapkan Om Tony Music, pengorbit lovebird jawara di kawasan Jabodetabek. ( lihat juga Perawatan & video pemasteran anakan lovebird ala Om Tony Music )

Cara lain yang tidak kalah efektifnya adalah melakukan pemasteran menggunakan electric (atau sonic) master. Dengan alat ini kita bisa mencetak lovebird yang bukan hanya ngekek panjang, tapi juga diselingi variasi lagu lainnya. Hanya saja kita perlu menentukan waktu dan materi isian secara selektif, agar hasilnya juga efektif.

Memilih suara masteran yang cocok untuk lovebird

Sebelum melakukan pemasteran lovebird menggunakan sonic master, hendakanya sobat kicaumania mengetahui dulu jenis-jenis suara burung yang cocok untuk lovebird.

Menurut dia, ada tiga jenis burung yang suaranya cocok untuk memaster lovebird, yaitu kenari, tengkek buto, dan burung gereja tarung. Ketiga suara isian itu sudah ada dalam electric master yang dijual di web ini.

Tengkek buto dan burung gereja tarung memiliki tipikal suara tembakan, sehingga bisa membuat ngekek lovebird terdengar lebih bervasiasi, namun masih satu jalur (sama-sama tipe tembakan).

Adapun suara kenari bisa membuat seekor lovebird tak sekadar ngekek panjang, melainkan juga memiliki isian lagu yang terdengar lebih merdu daripada sekadar suara aslinya saja.

Kapan pemasteran bisa efektif?

Waktu yang efektif untuk memaster seekor lovebird, berdasarkan pengalaman selama ini, perlu dijadwal secara efektif. Dalam sekali pemasteran cukup dilakukan selama satu hingga dua jam saja. Lantas istirahat, dan dilanjutkan beberapa jam kemudian.

Sebagao contoh adalah begini: lovebird dimaster di pagi hari, dalam rentang waktu pukul 06.00 – 08.00. Setelah itu istirahat, kemudian mulai lagi pukul 11.00 – 12.00. Istirahat lagi, dan berlanjut pukul 16.00 – 18.00.

Jadi, waktu untuk sekali pemasteran hanya dua jam pada pagi dan sore hari, serta satu jam pada siang hari. Selepas jam enam sore, burung tak perlu dimaster lagi, agar bisa istirahat total hingga keesokan harinya.

Kalau pemasteran terlalu lama, justru tidak efektif. Bukannya ngisi, tapi mentalnya bisa drop. Juga, selama pemasteran, volume diatur jangan sampai terlalu keras. Cukup sayup-sayup, namun burung masih bisa mendengarnya secara jelas.

Tips menentukan waktu dan memilih suara masteran ini juga dapat diterapkan pada berbagai jenis burung kicauan lainnya, seperti murai batu, kacer, cucak hijau, pentet, kenari, dan lain-lain. Tentu suara masteran yang dipilih disesuaikan dengan jenis burung termaster, sehingga tak selalu sama dengan lovebird.

Penggunaan sonic master memang sangat efektif. Perangkat elektrik ini bisa digunakan langsung maupun flashdisk. Di dalamnya terdapat aneka suara burung master, mulai dari cililin, cucak cungko, kapas tembak, burung gereja tarung, lovebird, cucak jenggot, kenari, tengkek buto, siri-siri, sanma, blackthtroat, hingga suara jangkrik dan belalang. (*)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.