+MENU ARTIKEL ANIS KEMBANG
.

=

BURUNG ANIS KEMBANGClassis: Aves
Subclassis: Carinatae
Infraclassis: Neornithes
Parvclassis: Neognathae
Ordo: Passeriformes
Subordo: Passeri
Parvordo: Passerida
Superfamilia: Muscicapoidea
Familia: Turdidae
Genus: Zoothera
Species:
Zoothera interpres
REFERENSI

  • omkicau.com
  • kicaumania.or.id
  • smartmastering.com
  • burung.org
  • wikipedia.org

Umum

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Anis kembang atau punglor kembang atau Zoothera interpres pernah mencapai puncak kejayaan jauh melambung di atas semua burung kicauan.

Sekitar akhir 1990 atau awal 2000, harga pasaran anis kembang bakalan yang baru bisa ngriwik, pernah mencapi rata-rata Rp. 3,5 juta.

Sebagai kicauan di rumah pula, dibandingkan dengan murai batu (Copychus malabaricus) misalnya, anis kembang jarang sekali memperdengarkan suara-suara ngeban (berulang yang membosankan). Dengan demikian, secara umum anis kembang sebagai burung kicauan rumahan mempunyai banyak keunggulan dibanding burung lainnya. Sementara untuk perawatan harian, anis kembang tidak terlalu manja.

Begitu mulai ngeplong-ngeplong atau ngeriwik kasar mendekati ngerol, harganya sudah di atas Rp. 5 juta. Sedangkan yang sudah mau bunyi di arena lomba, di atas Rp. 10 juta. Suatu rekor harga burung yang belum pernah dicapai burung lainnya.

Sebagai burung kicauan untuk hobi, burung ini tetap memiliki beberapa kelebihan dibanding burung lain.

Ketimbang anis merah (Zoothera citrina) misalnya, anis kembang secara umum lebih gampang bunyi, lebih tahan stres, suaranya lebih merdu, dan kalau sama-sama “jadi”, anis kembang nyaris tidak pernah berhenti bunyi selama tidak dikerodong atau diletakkan di tempat gelap.

Tipe suara anis kembang yang ngerol, cenderung mendominasi suara ocehan burung lainnya jika kita gantang di dalam rumah bersama-sama. Dibanding burung lain, anis kembang yang bisa memiliki lagu variatif (tergantung pola pemasterannya) ini, memiliki warna suara yang merdu. Meski bisa sangat keras, tetapi tidak memekakkan telinga. Beda dengan warna suara burung-burung kicauan lainnya.

.

+Habitat

Anis kembang tersebar di daerah Nusa Tenggara, Sunda Besar, Malaysia dan Filipina. Jumlahnya di alam pada daerah-daerah tersebut sudah menyusut. Menurut catatan BirdLife Indonesia, anis kembang masih mudah dijumpai di daerah Flores dan Kalimantan.

Di Indonesia, ada 12 jenis anis yang dapat ditemui di alam. Angka tadi sudah termasuk anis kembang ini. Di wilayah Nusa Tenggara, perburuan anis kembang sudah dimulai dari awal 1995. Saat Pulau Sumbawa telah kehabisan ”stok”, para pemburu itu melebarkan sayap ke Flores.

Anis kembang hidup pada hutan primer, hutan sekunder yang tinggi dan hutan yang rusak dan lahan yang pohonnya banyak, juga petak-petak hutan yang terisolasi. Burung ini ditemukan pada ketinggian, 200-1300 m (Lombok), 200-1000 m (Sumbawa). Sedang di Flores dijumpai pada dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1000 m. Selain itu, BirdLife Indonesia juga mencatat sebaran burung ini di Sumba dan Timor. Pastinya, anis kembang merupakan burung yang sebaran berbiaknya terbatas hanya di Nusa Tenggara saja.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Ciri berdasar daerah asal

Secara umum, tidak ada ciri yang signifikan untuk membedakan anis kembang berdasar daerah asal. Tidak ada perbedaan volume, mental dan gaya tarung yang didasarkan oleh asal daerah/habitat. Anis kembang semua wilayah Indonesia ada yang bermental bagus volume dahsyat, ada yang bersuara tipis, ada yang ngerol mendongak ada yang cuma ngeriwik-ngeriwik. Kalau memilih anis kembang, pilih saja dari penangkaran yang sudah dikenal memproduksi burung-burung jawara karena indukan-indukannya juga pilihan.

Meski tidak ada ciri-ciri khas anis kembang berdasar daerah asal, ada sedikit referensi yang mungkin berguna yang pernah ditulis di sebuah tabloid. Disebutkan misalnya, anis kembang Tasikmalaya (Jawa Barat) memiliki warna trotol pada bagian dada yang tidak ngeblok atau cenderung beraturan (bercorak), sementara bulu putih pada sayapnya terputus-putus seperti sisir. Biasanya anis kembang asal Jawa Barat cenderung doyan betina.

Anis kembang Sumbawa (Nusa Tenggara) warna trotol pada bagian dadanya terlihat ngeblok dan cenderung tidak beraturan, sementara bulu putih pada sayap tertata rapi membentuk bulatan-bulatan seperti mega. Bodi anis kembang Sumba lebih bongsor dibanding dengan Jawa Barat dan Borneo.

Sementara itu ciri anis kembang Kalimantan (Borneo) adalah warna trotol pada bagian dada terlihat ngeblok atau cenderung tidak beraturan, terdapat warna bulu kuning kecoklatan berbaur warna trotol hitam pada bulu dada hingga sisi kiri dan kanan di bawah bulu sayap mirip spt anis kembang remaja. Sementara warna putih pada sayap memebentuk bulatan-bulatan sepert mega dan terputus oleh bulu hitam di bagian bawah. Bodi anis kembang Kalimantan relatif lebih kecil dari dan ramping ketimbang Jawa Barat dan Nusa Tenggara.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Ciri jantan dan betina

Burung anis kembang sebenarnya termasuk burung monomorfik, yakni jantan dan betina berpanampilan sama. Namun ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih anis kembang jantan dan betina. Hanya saja perlu dicatat bahwa perbedaan ini hanya bisa dilihat jika dilakukan perbandingan pada beberapa anis kembang. Kalua hanya ada satu burung anis kembang, kadang orang yang belum berpengalaman akan kesulitan menentukan atau memperkirakan jenis kelamin anis kembang.

Ciri secara umum yang sering digunakan orang antara lain adalah pada bentuk dan struktur mata dan kelopaknya, kontras pada bulu, cara berdiri dan cara ngeriwiknya. Untuk anis jantan, secara umum bermata menonjol. Yang jantan, datar. Jika warna bulu lebih tegas kontrasnya, lebih mengkilap, diyakini sebagai jantan.

Pada pantat anis kembang jantan, juga terlihat ada bulu hitam atau abu-abu yang berlekuk-lekuk menyerupai pola gambar awan. Sementara anis kembang betina, warna bulu pantat hanya sewarna, yakni putih (bisa terang, bisa keruh). Namun membedakan warna bulu semacam ini tidak bisa diterapkan untuk memilih anis kembang yang masih trotolan. Untuk anis kembang trotolan, maka jika ngeriwiknya dengan membuka paruh, diyakini sebagai jantan. Jika hanya menggelembung-gelembungkan leher, meski terdengar keras, diyakini sebagai betina.

Sementara kalau dilihat dari cara atau gaya berdirinya, anis kembang jantan cenderung merapatkan kaki dan betina sedikit merenggang dan agak menunduk. Untuk burung jantan yang sudah birahi, jika didekatkan betina dia akan menanduk-nanduk, dengan gaya body menyenduk-nyenduk seperti ular kobra. Sedangkan betina yang sudah birahi, jika didekatkan atau mendengar jantan berkicau, akan menggetar-getarkan atau membuka-tutup sayap terus-menerus.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Memilih anis kembang

Selain memilih berdasar daerah asal dan jantan-betina, maka ketika memilih anis kembang bakalan kita bisa berpatokan pada hal-hal berikut ini:

  • Berkelamin jantan, ciri-ciri burung anis kembang berjenis kelamin jantan seperti sudah disebutkan di atas, atau dapat juga dilihat dari postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu sangat tegas, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan burung anis kembang yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Postur badan, pilihlah bahan anis kembang yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.

Berdiri pada posisi kepala mendangak 45 derajat. Boleh percaya boleh tidak, apabila Anda mendapatkan bahan yang seperti ini, dijamin umur 7 bulan sudah ngerol dan sudah bisa dilombakan.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Cara perawatan

-Tempat:

Anis kembang bisa dipelihara dengan sangkar bulat maupun kotak ukuran 40 x 40 x 60 cm atau bisa juga bulat dengan diameter 30 cm. Sementara tenggeran atau pangkringan bisa dibuat dengan diameter 1,5 cm, dengan bahan cabang kayu asam yang keras, permukaan kulit yang agak kasar (tetapi tidak tajam) sehingga bisa untuk mengasah paruh agar tidak runcing. Untuk perawatan harian, anis kembang tidak perlu dikerodng dan hanya dikeorodng malam hari agar tidak kedinginan.

– Pakan:

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam hal pakan adalah menu yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D.

Di samping vitamin, perlu juga kecukupan mineral. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan. Yang termasuk mineral yang diperlukan burung anis kembang adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

REFERENSI TENTANG PERAWATAN BURUNG SECARA UMUM BISA DILIHAT DI SINI

Berikut ini pola Perawatan harian dan stelan harian untuk burung anis kembang:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  • Bersihkan kandang harian. ganti atau tambahkan voer, air minum dan buah segar.
  • Berikan jangkrik 2 ekor pada cepuk extra fooding (EF/ pakan ekstra). Jangan pernah memberikan jangkrik secara langsung pada burung.
  • Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat dimaster dengan suara master atau burung-burung master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali di teras, boleh dimandikan bila perlu.
  • Berikan Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

PENTING

Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi. Pemberian cacing diberikan 2 ekor 3x seminggu. Buah segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin sampai hari Kamis berikan buah pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan apel atau pisang atau buah lainnya. Berikan multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali atau dua kali.

Referensi vitamin dan mineral lengkap untuk burung, silakan di lihat di artikel ini.

Penanganan anis kembang over birahi

  • Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore.
  • Lakukan pengembunan (jam 05.30-06.00)
  • Berikan cacing 1 ekor 2x seminggu
  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja

Penanganan anis kembang kondisi drop

  • Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 3 pagi dan 3 sore.
  • Tingkatkan porsi pemberian kroto menjadi 3x seminggu
  • Mandi dibuat 2 hari sekali.
  • Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung anis kembang lain dahulu
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari
  • Berikan vitamin tambahan

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+PENANGANAN ANIS KEMBANG UNTUK LOMBA

Perawatan dan setelan anis kembang untuk lomba

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini pola perawatan dan stelan lomba untuk burung anis kembang:

  • H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 2 ekor pagi dan 2 ekor sore.
  • H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
  • 1 Jam sebelum di gantang lomba, burung di mandikan dan berikan Jangkrik 1 ekor saja.
  • Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 1 ekor lagi.

PENTING

  • Jangan memberikan ulat hongkong dalam menggenjot birahi pada burung anis kembang. karena dapat membuat birahi burung tersebut menjadi sangat meningkat dan menjadi tidak stabil.
  • Sebaiknya, joki lapangan adalah orang yang tidak pernah terlibat didalam perawatan harian pada burung anis kembang tersebut.

Perawatan dan setelan burung anis kembang pasca lomba

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.

Berikut ini pola perawatan dan stelan pasca Lomba untuk burung anis kembang:

  • Porsi EF dikembalikan ke stelan harian.
  • Berikan multivitamin pada air minum pada H+1 setelah lomba.
  • Sampai H+3 setelah lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Perawatan dan setelan anis kembang mabung

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat misalnya penjelasan pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi referensi utama untuk tulisan mengenai masalah mabung ini).

Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.

Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.

Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (sekadar nyulam).

Penggangu tersebut antara lain:

* Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.

* Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).

* Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.

* Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.

Apa yang perlu Anda lakukan agar burung dapat memiliki bulu baru sebaik mungkin?

Pertama-tama menyingkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.

Kedua, pastikan tidak satu pun dari burung Anda menjadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma.

Ketiga, berikan gizi yang cukup selama burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Hanya saja perlu diingat bahwa pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk.

Jika Anda telah melakukan semua hal di atas dan masih mengalami masalah dengan kualitas bulu Anda perlu berbicara dengan dokter hewan khusus burung.

Cara Smart menggunakan BirdVit

Dalam kaitan dengan persoalan mabung inilah disarankan kepada penghobi burung untuk memberikan burung asupan tambahan, misalnya BirdMolting atau juga BirdVit untuk burung yang sedang mabung. Cara ini lebih smart” sebab BirdVit adalah multivitamin dan multimineral yang sangat diperlukan burung selama masa mabung.

BirdVit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang diperlukan burung, seperti:

  • Vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.
  • Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.
  • Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Dengan demikian, selama kita menggunakan BirdVit untuk menangani burung mabung, maka kita cukup memberikan porsi pakan seperti sediakala tanpa khawatir burung kekurangan “energi masa mabung”. Sebab, memang benar energi yang diperlukan burung ketika mabung bukanlah energi yang hanya akan mengumpul menjadi lemak tetapi energi untuk pertumbuhan bulu seperti asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.

Anis kembang bermasalah

Untuk burung-burung yang sangat bermasalah misalnya bulu mudah patah atau burung sakit-sakitan seusai masa mabung, biasanya dikarenakan asupan mineralnya yang kurang. Selain digunakan BirdVit, Anda bisa menyertakan pula BirdMineral.

Apa beda BirdMineral dan BirdVit?

Untuk diketahui, ada mineral dan vitamin tertentu yang tidak efektif jika digunakan bersamaan. Akan saling melemahkan. Karena keduanya sama-sama dibutuhkan burung dalam jumlah yang proporsional, maka mineral dan vitamin tertentu hanya bisa dicampur dengan komposisi dan volume tertentu.

Seperti diketahui di dalam BirdVit ada sejumlah mineral yang sangat diperlukan burung. Namun kandungan mineral di dalam BirdVit tidak sebesar di dalam BirdMineral karena selain sebagai penjaga vitalitas burung, BirdMineral juga bersifat mengcover atau mengobati.

Pola perawatan anis kembang masa mabung:

  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari atau kalau untuk penanganan ekstrim burung mabung, bisa dilakukan perawatan ekstem mabung.
  • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit atau BirdMineral, pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: stelan jangkrik dibuat 4 ekor pagi dan 4 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi dan cacing 2 ekor 3x seminggu
  • Meski tidak menggunakan BirdVit dan/BirdMineral, pemberian multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu sangat perlu.
  • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit, perlu perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Di samping itu buah pepaya banyak mengandung vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.

Lakukan pemasteran

Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

.

+Penangkaran Anis Kembang: Penangkaran anis kembang relatif mudah dilakukan. Untuk penangkaran anis kembang, bisa dilihat di artikel-artikel kategori penangkaran.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+PROBLEM UTAMA ANIS KEMBANG
1.Gampang rontok bulu
2. Loncat-loncat saat ditrek
3. Tidak juga segera ngerol
4. Nyekukruk tidak semangat

1. Gampang rontok bulu
Penyebabnya antara lain (1) Makanan mengandung lemak dan/atau kalori tinggi sehingga membuka pori-pori kulit; (2) Bulu belum kuat sudah banyak diadu/ditrek; (3) Selama masa mabung tidak mendapat asupan nutrisi yang baik, terutama mineral. Untuk masalah asupan mineral, bisa gunakan Bird Mineral selama masa mabung atau pasca mabung (ketika mulai terlihat tanda rontok padahal baru saja tuntas mabung).

2. Loncat-loncat. Penyebabnya adalah kurang birahi atau bisa juga terlalu galak, serta adanya gangguan parasit, terutama air sac mite, yakni tungau kantung udara yang kasat mata.

Untuk mempercepat birahi burung, bisa dilakukan terapi BirdShout. Jika burung terlalu galak, disemprot sprayer sedikit sebelum tanding; atau bisa juga diberi cacing.

Sementara untuk burung kutuan atau kena tungau, burung memang sepertinya tidak kutuan, tetapi sesungguhnya membawa tungau di kantung udaranya. Bisa diatasi dengan penyemnprotan Fresh Aves dibarengi pengolesan BirdFresh.

3. Tidak juga segera ngerol biasanya disebabkan burung masih terlalu muda, perlu cas betina, dan hal utama adalah burung tidak fit. Jika memang perlu, bisa dicas betina sebelum tanding. Jangan takut membuat burung ketagihan.

Yang jelas, pastikan burung fit dengan menggunakan produk rawatan harian BirdVit.

4. Nyekukruk tidak semangat, biasanya dikarenakan cacingan. Atasi dengan AscariStop.

Artikel terkait burung anis anis kembang klik di sini.

Ada 140 Komentar/Pertanyaan Baru

    • Perhatikan barang atau benda apa yang biasanya menyebabkan dia gerabakan, jauhkan.
      Kalau gerabakan hanya ketika didatangi orang tertentu, berarti burung takut ke orang-orang tertentu yang kemungkinan tanpa sengaja/ tidak disadari telah membuat burung sakit/ketakutan (bisa jadi karena warna pakaian menyala dsb).

  1. Om mohon maaf sebelumnya:
    Om saya baru pemula untuk merawat AK.

    Kenapa ya om AK saya selalu diam badan membulat dan kaki ngangkat satu om?
    Knp AK sya Ga aktif dan diam saja om? pdahal baru beres ganti bulu! Mohon balasan solusinya om

  2. apa langkah yang paling tepat untuk melatih agar burung anis kembang bagus berkicau nya..
    ditunggu jawabannya ya gan.
    salam kenal
    by. deni sugilar

  3. Kendala ak sy ktika bbrp minggu setelah beres buluyaitu ga bisa memperthnkan kondisi bulu baru ,bulu sayap d ikuti bulu ekor jatuh lag I,sy hampir kehilangan ide bt merpertahankannya.
    Mohon advice nya
    Tk

  4. Om saya punya ak tapi suaranya pedot2 ada jedanya apakah ini pertanda ak saya betina? Maaf agak out saya mau log in di km tapi kok ada km mesagge yg tulisannya your pasword expired . Itu kenapa om? Tapi kok pake hp ganti pasword gk bisa/ kena hack ya om

    • Kelupaan, saya punya ak seperti ak tasik yaitu disayap ada putih nyisir tetapi kok setelah mabung sisirnya ilang kira2 kenapa om? Sekalian jawab yg diatas . MOHON BANTUANYA & MAKIN SUKSES Om KICAU. Kalo ada salah maaf om TRIMS OM Kicau

      • Om kalo membedakan ak jantan/betina bisa gk pake am jantan ? Kalo ada apa bedanya? Sekalian om jawab pertanyaan yg atas juga . Maaf kalo salah , trims om kicau

  5. saya punya AK om, tp cman mau ngeplong pagi aj, siang ampe sore dia ngeriwik2 aj, mohon bantuannya om agar AK sy mau rajin ngeplong sampe sore ap lg sampe mau ngerol… makasi sblmnya..

  6. om saya wira nih pendatang baru…. mau tanya saya punya AK muda sudah lumayan jinak om…sudah 2 bulan ada di rumah ..mandi tiap hari jangkrik 5 sehari kok ga mau bunyi yah oomm…paling paling cuma critt,,,critt gitu aja ommm…..mohon petunjuknya gi mana caranya biar si AK bisa bunyi ommmmmm……….
    trima kasih banyak perhatian nyaaa ommmm

  7. Ass… Om Duto
    br aja sy ada koleksi baru di kasih temen AK sangat muda dr hutan jdnya super agresif..
    Gmana bisa jinak & gacor ya om..?? bunyi apabila sepi , Hujan & malam hari..
    mohon petunjuk…
    Matur nuwun

  8. 1.saya punya AK tasik masih ngriwik kasar tapi kata yg jual uda ngeplong tapi ditempat saya belum ngeplong kira-kira kenapa om?
    2. apakah burung kalo tidak ada bulu didadanya berarti betina ?
    3. apakah burung yg ngriwik kasar/ngeplong bisa dibilang jantan?

  9. Salam kenal Om…

    Perkenalkan nama saya panca, baru beberapa bulan ini saya tergila-gila memelihara burung, terutama Anis Kembang. Sekita 2 bulan kemarin saya baru aja beli AK di pasar burung. Kata orangnya sih masih muda (bakalan). Tapi penjualnya nggak tahu tu burung AK jantan pa betina, tapi tetap saya beli. Soalnya dah pengen banget bisa punya AK. Dan sekitar 1 bln aku pelihara, tu AK mulai bunyi “nyiiiittt….nyyyiiitttt…nyiiiittttt” kadang buka paruh kadang tidak. Terus satu minggu ini, tu AK mulai bunyi dengan berbagai macam variasi lagunya, suasai suara masteran yang aku kasih. Tapi yang jadi pertanyaan, tu AK bunyinya kayak serak, keras dan melengking…

    Nah yang mau saya tanyakan,
    1. burung AK yg aku punya kira-kira jantan pa betina..??
    2. Apakah burung bakalan yang baru belajar bunyi memang suaranya kayak gitu…??
    3. Boleh nggak minta di uploadkan suara AK jantan pa betina yang masih baru mau belajar bunyi…?? Spy pemula seperti saya bisa tahu…

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimaksih.

    Salam,
    Panca

  10. om mau tanya?
    1. cara membedakan anis merah jantan dan betina gimana? dengan akurasi tertinggi( TANPA MELIHAT KLOAKANYA) bagaimana?
    2. apakah benar AM DENGAN KEPALA MENDANGAK 45 DERAJAT mulai ngerol dan mulai teler pada umur 7 bulan?
    3.cara membedakan trotolan ANIS KEMBANG GIMANA OM DENGAN AKURASI TERTINGGI?
    4.apakah benar AK DENGAN KEPALA MENDANGAK 45 DERAJAT mulai ngerol pada umur 7 bulan?
    5. burung yg kuat dalam hawa dingin dan hanya membutuhkan cahaya matahari sebentar apa om?
    maaf banyak tanya . MOHON BANTUANNYA, TRIMS OM

  11. Om duto,saya mau beli anakan/bahan anis kembang yg bgs,tlg info penangkar yg menurut om duto bgs dan terpercaya,dan jg yg melayani pembelian melalui pengiriman,soalny lokasi saya daerah bekasi,trma ksh om,sukses slalu.

  12. om sya gara” ngikutin cara om yang di internet burung anis sya katarak sya mau nanya om ak katarak ad obat nya gx om
    ?……………………………………………………………………..?

  13. Om. Dirumah ada anis kembang dua ekor namun mempunyai ciri yang berbeda pada bulu halus di bawah paruh, satu berwarna putih dan satu berwarna hitam pada bulu halus di bawah paruh. mohon petunjuknya ?. terimakasih om atas infonya

  14. Mau tanya om:
    1.apa benar ak susah n lama bunyinya apalagi keadaan lingkungannya terlalu ramai?
    2.apa ak mudah terkena katarak?kl mang benar,solusi n obatnya apa?
    3.ciri mb aceh bgmn,kira2 harga bakalan mh brp?
    maaf om kl bnyk tny,maklum pemula.

  15. Om Lam kenal, saya punya Anis kembang br 3 bln beli kt yg jual sih msh anakan tp sp skrg cuma bunyi crecetan aja & sedikit ngeriwik. dan kadang ada crecetannya & ada bunyi kuiik nya, mw tanya ni om kira kira jenisnya ce / co ya?

  16. om supaya burung anis cepat berkicau gmana caraya…
    soalya saya baru memelhara burung ini,
    dan bgyamna cra membrkan porsi makan yang baik..
    tolong dong buat saraya, krna aku baru memelhara burung anis…

    • burung akan bunyi bila sudah beradaptasi dengan lingkungan baru, serta kondisi kesehatan mental dan fisiknya terjaga. untuk porsi berikan secukupnya saja misalnya jangkrik 3/3 dan kroto sesendok makan. serta berikan multivitamin ini.

  17. Brti bkan anis kmbang ?
    Itu klamin jntan atau btina om ?
    Kta pmilik’a itu trotol kmbang usia 6 blan om ..
    Msih ngriwik ..ngriwik’a ud mlay kras . .

  18. om …mau tanya nih ….
    ni jnis burung anis apa ????
    berklamin jantan atau betina ….
    mnta tolong bantuan’a terimakasih ….

    ini fto’a ?????

    Ampenan atau anis macan

    Jawab Om Kicau:
    Anis macan atau ampenan Om.

  19. salam Om sukses selalu dalam hal apapun
    Om Saya mau tanya tentang artikel om mengenai burung Ak suka loncat2 kata om burung dalm kondisi kurang birahi yah maka kita harus tambah EFnya.Tapi banyak berpendapat burung Loncat2 burung dam kondisi Over birahi maka kita kurangi EFnya saya jadi bingung nih om yang mana saya buat pegangan. makasih atas Bantuan nya.

  20. salam kicau om
    aya mau tanya donk kenapa anis bata saya kok baru 5 bulan klar mabung kok skarngdah mabung lagi??
    mhon balasan ny om…
    trimakasih nsalam kenal

  21. Om saya dapat anis kembang tangkapan hutan giras banget om saya sampe pusing om di kasih jangkrik mlah tmbah giras bnget musti saya apain iya om
    om tolong om gimana supaya anis kembang saya jadi jinak
    .thanks om duto

  22. Om salam kicau………
    om, betul nggak katanya ndak bagus pelihara kacer dan murai batu dalam satu rumah , kalo nggak bagaimana caranya agar burung itu ndak salah satunya. tolong solusinya

  23. Pagi Pak duto

    Saya munir dari purwosari pasuruan saya punyak AM merah 2 yg 1 mulai dari anakan dan 1nya macetan dan dua duanya sampai dengan sekarang masih belum bunyi juga mohon di kasik solusi agar burung tersebut bisa bunyi . thanks atas saran sarannya

  24. Om aya mau tanya AK ku sayapanya sebelah turun…kata teman sengklek…bisa kembali mormal nggak om ya?agar kembali normal bgm perwatannya OM trmksh

  25. assalamualaikum , maaf mengganggu ..
    saya apit dari tangerang ( serpong ) ingin memberi tahu ..
    bahwa burung saya Anis Kembang yang sudah jadi dan memiliki piliala emas logam kompetisi juara II kicau se provinsi , ingin di jual ..

    selebih lengkapnya hubungi saya / add facebook saya ( apit.syahrudin@yahoo.com )

    Terima kasih 🙂

  26. om ak pny ak abis mbrodol dah rapi..tp ga gacor2,bunyine cuma ngriwik kadan ncrecet keras klo dger cucak ijo bunyi,yg ak tnykn gmn crny biar ak ak tu mau gacor n suaranya ngeplong,thx atas bantuanya..

  27. salam om duto, saya punya anis kembang ring usia lebih dr 2 tahun rajin ngemplong dan juga rajin ngeroll, burung jinak, tp kalau di test dengan anis kembang lain tdk mau bunyi, cuman lompat2 dan “ngobra” saja, perawatan harian cuman jangkrik 1 pagi dan 1 malam, mandi cuman malam, kroto dan cacing cmn 1 minggu sekali, buah pepaya setiap hari, mohon pencerahannya om supaya AK sy mau bunyi klu di adu, terima kasih sebelumnya

  28. HELP .. TANYA …
    Salam KM … misi nanya om Duto ato para pakar KM yg berkenan ngasih info, sy baru beli AK dengan ring KTI NGW 09, penasaran mungkin ada yang tahu kepanjangan ato makna tulisan tsb, sblmnya sy ucpkn matur suwun.

  29. om aku jg punya anis kmbng om bru ku beli 1 bulan yg lalu, ya kata yg punya dah gacor tapi datang ampai rumah tu ada bulu rontok 2-3lmbar tiga hari kemudian byk bgt yg rontok dan ambrol,gundul kyk piyik akhirnya sekarang dah mulai dorong semua bulu,yg saya tayakan ni burung,ko jinak bgt jadi kyak gak ada semangat,kalau didekati tangan dia geser aja dikit belum pernah tau dia loncat giras,gruji,kyk brng lainnya yg kyk bgni ni mang jinak,apa kurang vit,om sebab aku rawat jg br 1bln ni blmdgr suaranya lagi,maklum masih gundul om, Makasih om tlng dicerahin..

  30. Langsung bos, saya udah plihara burung kicauan tapi untuk anis kembang saya bgtu bnyak mengalami kesulitan soal perawatanya dan berakhir pada kematian serta katarak itu berulang sbanyak 6 kali, yg saya tnyakan bgaimana perawatannya yg bener dan cara memilih trotolan yg sipp yg tidak berakhir pda kematian dan katarak, selama saya pelihara anis kembang saya belum pernah menikmati hasilnya…!!

    • Katarak? Di mana sih Om tinggalnya? Ada katarak burung yang sering muncul di wilayah tertentu. Di daerah Cilacap misalnya, banyak anis merah kena katarak. Jadi, ada pengaruhnya juga udara/iklim ataupun jenis polutan di wilayah tertentu terhadap munculnya gejala katarak.

      • tnggal di nganjuk oom, tu burung saya dapat dri pnangkaran,………….
        knapa ko cuman anis kembang ya oom yg rawan pnyakit trsbut, sdangkan yg anis merah ma burung lainya baik2 saja…???

  31. sore kang…,langsung aj yhh..
    1. saya punya ak umur 3bln…gimana cara agar kesehatannya tetap terjaga?
    2. pada umur berapa ak dapat ngriwik dan dapat menikmati suaranya?
    sementara itu saja dulu kang…
    makasih

  32. om kicau..saya mau tanya nih?

    gimana cara ngatasin anis kembang tarik@ ekornya……
    ekornya sering dipatukin..jadinya rusak..
    apakah penyebanya…dan saya harap solusinya trimakasih

  33. Om… Sy mau ternak burung ak tp lahan sempit…bgmn caranya…langkah2nya gmn?kalo pake kandang kotak ukuran 45×45 bisa gak??tolong ksh masukan/solusi..thanks

  34. saya punya AK di rumah yang serak Om yang menyebabkan burung saya jd ngeriwik aja n males walau kadang2 ngemplong tapi klo ngemplong jelas sekali terdengar klo AK saya serak, mohon pencerahannya……
    apa yang harus saya lakukan Om apa yang harus saya kasih sebagai pengobatannya?…
    saya baca juga artikel OM tentang produk Bird Twitter Om….apakah itu cocok untuk digunakan sebagai langkah pengobatan…..dan Bird Twitter itu produksi merk apa Om????
    sekian n terima kasih di tunggu jawabannya………

    BR,

    Burhan

  35. tanya tangkar Ak..sy punya AK 2 pasang..djodohkan & dkawinkan dlm kndang gantung biasa (ukuran agak besar)..untuk pasang AK 1 pernah 3 kali bertelur dan menetas selalu 3 anak,,ttp mslahnya saat anak umur 4 hari selalu mati..krn tdk diurus indukan cw yg cnderung agresif..AK 2..saat djodohkan dgn ddekatkan antara kandang selalu mau dgn sling mematuk & saat dgabung dlm kndang mandi slalu kawin..ttp saat dgabung dlm kandang kawin..selalu berantem secara berulang..

    tolong sarannya Om..

  36. Salam Kicau Om….
    bgini om,…saya pnya AK yang udah ngeplong,,tapi ssudah proses mabung
    AK sy jadi ogah lg bunyi…malahan kalau ada yang nyamperin bulu di kepalanya naik. yg ingin sy tanyakan kira-kira menurut om apa penyebabnya yg mnjadikan
    AK sy jd bgtu.
    trims om.

    BR

  37. om duto..mau tanya apa beda nya anis kembang dengan anis sumbawa.?karena saya punya anis sumbawa yg sdh gacor,dan sdh ngerol…klo ada yg mau utk koleksi dirumah nya om2… burungnya mau saya jual.?081325958168

  38. Salam kenal Om Duto…
    Mohon info bagi yang menemukan anakan anis kembang ring GAT SL3 bisa menghubungi saya di 08112631114 akan diberikan imbalan yang yang sepantasnya., burung lepas pada hari sabtu pagi tgl 25 september’10…disekitar Perumahan Angsana,Kel.Gawanan,Colomadu,SOLO. Terima Kasih

    • Om sy cm mau berbagi pengalaman saya pernah punya ak sebelumnya dari ketrangan teman sy itu ak jantan setelah 6bln ditangan,sy konsultasi ama temen2 ternyata ak sy betina dan ak nya jg bunyi cuma gak ngeplong cuma tiek.. tiek…trcak…cak..cak klu ketemu jalak dia ngekrek panjang demikian pengalaman sy semoga dapat membantu

    • AK Betina bisa bunyi seperti AK Jantan suara keras dan lantang dia berhenti berbunyi kalau ketemu AK jantan…AK Betina seperti ini langka dan jarang tapi saya pernah punya…

  39. salam om, Ak saya dirumah semula rajin bunyi, tapi akhir2 ini tidak bunyi/ bunti cuma ngriwik itu pun hanya sebentar, setelah diamati ternyata berak kapur dan ada sedikit warna merah kekuningan, terus saya kasih Super N selama 4 hari kok belum ada perubahan, malah tadi saya lihat ada satu buah bulu saya jatuh…kenapa ya Om?produk apa yang cocok (Birdvit/ Bird Snout yang cocok) supaya AK saya bisa kembali ke performa semula?

  40. salam om, BirdVit saya masih layak konsumsi tidak om mengingat waktunya sudah agak lama saya sendiri sudah lupa kapan pesan nya a.n RIYADI vila gading harapan BEKASI, warna masih bagus dan kondisi terjaga, terimakasih penjelasan nya

  41. om apa trotol AK jantan pangkal lidahnya ada noda warna hitam. kalau punya anis macan saya dah pernah lihat apa itu berarti juga cowok. apakah yang dewasa juga ada noda hitamnya untuk cowok mohon penjelasanya

  42. salam kicau Om Duto…

    mau minta pencerahan nih Om..
    AK saya kok botak terus ya…
    g mau bunyi…
    bulu yang laen sudah komplit tapi di bagian kepala-leher masih saja botak dan cuma ada bulu halus, pun dikit..
    kalo di terapi gimana ya Om carane?

    kasihan kan yen botak terus, meriang tuh burung…
    mohon dibalas Om..
    makasih sebelumnya..
    salam kicau…

    • wah sama tuh troublenya ma AK drmh… dr trotol tp skrg dah mulai tumbuh bulu d kpala ma lehernya mlh + gacor, tnang aj om gpp terus drwt aja
      tips : full krodong + kasih makan yg paling disukai
      cth : AK sy kerodong full siang malam buka krodong tiap 2 hr tp sy kasih full kroto krn ga doyan jangkrik dan cacing
      sukses ya

  43. slam kicau om,.
    mau tanya tentang AK,1. apa smua jnis AK klo ngrol suaranya kecil om,?
    2.Apa AK lo di gabung am MB ga apa om? 3.bgi pkrja sheff tdk bsa melakukan prwtan scra konsisten,jam 7 pgi dmandikan,jam 8 smpe jam 10 d jemur,klo pas kna gliran krj sore at mlm ga mslah om,tpi pas kna krja pgi in yg jdi mslah om,tlong y om duto,brikan solusi nya?

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.