Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

BURUNG MURAI BATU

Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Chordata
Class:
Aves
Order:
Passeriformes
Family:
Muscicapidae
Genus:
Copsychus
Species:
C. malabaricus
Binomial name
Copsychus malabaricus
Synonyms
Kittacincla macrura
Cittocincla macrura

 MENU UTAMA

(UNTUK MENELUSURI ISI HALAMAN MURAI BATU INI, SILAKAN DIKLIK SAJA MENU YANG INGIN ANDA BACA, DI BAWAH INI):

34 Comments

  1. mau tanya nihhhh………
    bagai mana caranya mengatasi burung MB g gak mau ganti bulu….?padahal bulunya udah kering dan pecah-pecah………!malah dah ada yang tinggal batangnya aja untuk sayap bulu rumbainya dah abis……
    tapi kondisi buyrung sih sip……. suara masi tembus,masih rajin bunyi,suara isian celilin dan cucak janggotnya masih sering keluar.

  2. salam kenal MB mania,mas mas,mau tanya ni,saya punya murai batu ni,katanya jenisnya lampung super,saya masih ragu,soalnya kok blm ngeplong,tp ky kdgaran ngriwik,ap karena pengaruh abis mabung????…(soalnya pas 2,5 bulan ni dr ptama mabung,skrg yg rontok tgl bulu2 kclnya aj,tu jg tinggal sdikit,tp udah sbagian besar lengkap),,
    Atau karena msh muda????…..(soalnya kata tmn kakak saya yg ahli burung katanya masih muda bgt)..atau karakter dari jenis paruh burungnya yg tipis agak panjang???,sbnarnya pgn nyertain foto2 murai ku,tp gmna caranya,buat ngebantu mas2nya nentuin ap jenisnya,
    Ekornya juga gk kaya biasanya,setau saya hanya cabang 2 tp murai sya cabang jari 3,panjang semua,mta tolong bantuannya,,please

  3. salam hormat om duto…

    ane punya mrai batu sebelumnya ga mau bunyi trus dah ane kasih birdvit 2 bulan lau hasil nya tiap hari bunyi tiap denger burung lain, tapi qo suarana kecil di atas suara ngriwik, apa memang jenis suarana kecil atau kenapa om?

  4. salam perkenalan
    om saya mau tanya harga anakan MB medan hasil ternakan kisaran brp@ saya bisa dapatkan di mn, krena saya tinggal di
    kawasan jakarta selatan.

  5. Dear M’Duto,

    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kpd O’Toni Black Bird Keeping karena Cakrawala, Murai tangkaran beliau yang saat ini berumur ±8 bln dapat Juara IX di Latber dari 37 gantangan.

    Sebetulnya saya tidak menyangka, karena dirumah Murai ini termasuk jenis pendiam, paling-paling hanya ngeriwik saja.

    Setelan Cakrawala saat ini Kroto setiap hari+jangkrik 5 p/s tp mainnya diawal nabrak & ngplay lemah sambil menurunkan sayapnya seperti kurang tenaga. Kenapa dengan Murai ini & bagaimana treatmentnya…?

    Terimakasih

  6. om duto, apakah ada kursus singkat penangkaran MB ya om? dan dapat infonya dimana om (jateng ato jatim).., ingin belajar untuk wiraswasta om… hatursuwun…

    • Kisaran harga untuk calon indukan (jodohan) mulai dari 3,5 juta per pasang sampai tidak terbatas tergantung kondisi indukan bersangkutan.
      Harga sebesar itu biasanya kondisi jantan biasa saja/ tidak punya keistimewaan / belum pernah prestasi di lapangan.

  7. salam kenal om… saya mau tanya kenapa murai batu betina saya selalu makan anakan yang baru menetas. Ini sudah berlangsung sampai 4 kali bertelur. Sebagai informasi, kandang ternak saya tidak terganggu oleh binatang atau orang di sekitarnya. Apakah harus ganti betina? Maksih ya atas penjelasannya….

  8. salam kenal om…
    di tip’s persiapan untuk lomba cacing yang di berikan 4-7
    ekor itu cacing apa om !!!
    smoga saya bisa coba praktekan. makasih om

  9. hai saya salleh dari batu pahat johor malaysia,masih baru dalam bidang hobi ini. mb saya masih junior usia 2bulan , tetapi ekornya tercabut semasa proses pemindahan sangkar, adakah bulu yg tanggal boleh tumbuh kembali? dan berapa lama utk ia tumbuh ?

  10. saya baru dapat murai medan ekor panjang, hanya suaranya kok serak terus bulunya agak kusam. Gimana caranya agar suaranya bisa melengking/jernih terus gimana mengembalikan bulu yang agak kusam biar keliatan bagus kembali….?

  11. Sebenarnya sejak kecil saya menyenangi burung, terutama burung berkicau. Kebetulan juga saya kenal dekat dengan Dr Made Sri Prana (dulu Direktur Taman Burung, TMII).

    Belakangan ini saya mulai menyenangi burung lagi, seperti kacer, terutama murai batu. Hanya saja masalah perawatan yang kurang memadai, selain itu pakan yang kurang teratur.

    Mohon petunjuk

    Salam,

  12. ciang om….mo nanya ni…klo MB yang ngendok alias klo bunyi menggemukkan badn tu jenis pa z om??trus semua jenis MB yang berekor pendek ky gitu dak om???

  13. met siang om… mau tanya nich
    low penggunaan birdVit dan birdMineral digunakan secara bersamaan boleh ato g..?
    misal.. pakan nya kita kasi BM dan minumnya langsung kita kasih BV.
    trims penjelasannya om..

  14. pgi om… mou nnya y!! kmmaren sy dtawari teman MB betina lahat ( via telpon )….!! yg ingin ak tnyakan kelebihan n kekurangan mb lahat tu ap y? mhon maaf sebelumny… baru pemula burung om

  15. siang om…muray sy mempunyai mslh pada tenggorokan nya…klo berbunyi,,suaranya itu serak..terkadang suara muray tdk keluar wktu bunyi…sy tunggu jawaban nya..terimakasih…

  16. Maaf om Duto..hanya sedikit menambahkan saja soal memilih Murai batu (membedakan usia Murai Batu) selain dari bulu sayap yg masih ada bintik coklat, jika burung sudah lewat Trotol, bisa dilihat dari rongga mulut, MB muda rongga mulutnya biasanya masih Merah atau paling tidak berwarna cerah..sedangkan untuk usia Mature, warna rongga mulut adalah hitam..mohon koreksinya om Duto…salam

    • Nggak Om. Rongga mulut dan tenggorokan hitam atau putih tergantung pada jenis/ sub-spesies MBnya. Untuk MB kaki hitam misalnya, maka rongga mulut dan kerongkongan juga berwarna gelap meski masih muda. Contoh nyata pada MB nias. MB dengan kebanyakan berkaki hitam ini, meski masih muda kerongkongannya dan ronggo mulut sudah ada semburat warna hitam.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.