Lagu isian terbaik untuk master burung cendet atau pentet lomba

Sebagai kelanjutan dari tulisan terdahulu tentang pemasteran burung murai batu, sekarang saya sajikan artikel tentang suara isian yang bagus untuk pemasteran burung cendet atau burung pentet.

Sekali lagi perlu saya tekankan catatan di sini:

1. Artikel ini saya sampaikan dengan menggunakan referensi  penilaian lomba burung saat ini (awal 2011). Referensi seperti apa? Yah, referensinya adalah artikel berjudul Variasi lagu dalam lomba cuma OMONG BESAR… NONSENSE…..

2. Tidak ada lagu atau suara masteran yang benar-benar bisa digeneralisasikan sebagai “bagus” untuk semua jenis burung. Juga tidak ada jaminan bahwa “kesenangan” juri atau kelompok juri tertentu sama dengan juri yang lainnya ketika memberikan penilaian pada lomba burung berkicau. Pakem penilaian lomba burung (lihat artikel Tata cara penilaian dalam lomba burung) yang digunakan Pelestari Burung Indonesia (PBI) tentu lain atau minimal tidak sama persis dengan yang digunakan oleh Papburi misalnya.

3. Pada dasarnya burung perlu diperkenalkan dengan semua suara isian sehingga sebagaimana saya tulis di artikel Suara isian “wajib” dan “haram” untuk memaster burung murai batu. Tujuannya agar burung kita tidak hanya bengong ketika berada di arena lomba di tengah-tengah puluhan burung lain dengan aneka varuasi lagu, irama dan gaya.

4. Meski burung diperkenalkan dengan banyak sekali variasi isian dan lagu, dia harus punya suara yang menonjol sehingga bisa memberikan ciri khas burung itu ketika berada di arena lomba dan karenanya diperhatikan dan mendapat poin penuh dari juri.

5. Untuk isian yang variatif, Anda bisa mendownloadnya dari artikel-artikel pada kategori download.

Suara dominan yang bagus untuk burung cendet

Burung cendet atau pentet sebenarnya adalah burung yang luar biasa dalam kepandaiannya untuk menirukan suara burung lain atau suara apapun yang pernah didengarkannya.

Sama seperti isian yang dominan yang perlu dimiliki burung murai batu, maka untuk burung cendet akan sangat bagus jika dimaster secara dominan dengan suara-suara burung lovebird, cililin, kenari, pelatuk dan cucak jenggot.

Tetapi ada salah satu isian “wajib” yang perlu dimiliki oleh burung cendet jika itu akan ditujukan sebagai burung lomba. Isian itu adalah suara walang atau belalang. Bisa suara walang kecek atau belalang biasa, belalang raja, atau lebih bagus lagi belalang emas. Mengapa? Burung cendet yang membawakan suara belalang, apalagi terus-menerus, akan terdengar sangat dominan.

Bagusnya lagi adalah burung cendet yang sedang membawakan lagu belalang, biasanya posisinya nancep, tenang. Lain misalnya dengan burung cendet yang membawakan suara burung gereja tarung. Ketika membawakan trecetan suara burung gereja tarung atau gereja kawin, burung cendet cenderung lebih suka dengan cara memutar badan atau kalau yang punya kebiasaan salto, akan membawakan lagu itu dengan salto atau terbang memutari luasan sangkar.

Selain burung cendet perlu punya suara dominan belalang, maka jangan lupa untuk memaster burung cendet dengan suara jangkrik. Burung yang menguasai suara jangkrik, biasanya akan mudah untuk menirukan suara melengking sekaligus suara ngerol lainnya.

Untuk mendownload suara jangkrik, di web Om Kicau ini ada 5 link yang bisa langsung download dan nggak perlu ke mana-mana. Hanya saja untuk  link yang kelima, suaranya mungkin sulit untuk ditirukan burung cendet. Link tersebut adalah:

1. Suara jangkrik

2. Suara jangkrik model 2

3. Suara jangkrik model 3

4. Suara jangkrik model 4

5. Dengar dan download aneka suara suara back sound dari supermarket sampai jangkrik

Oke, demikian sekelumit tips memaster burung cendet atau pentet. Untuk pengenalan lebih jauh burung cendet, silakan tengok halaman Cendet. Untuk referensi umum tentang burung agar berkemungkinan besar bisa jadi jawara, lihat pada artikel burung jawara.

Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 53 comments

  1. yan's

    om saya kn pnya burung cendet, setiap sya mandiin burung nya diam dan posisi burung nya kaya semacam tiarap di bawah, mohon solusinya om…, makasih…!!

  2. andi

    Salam kenal….mau curhat om,saya punya pentet jatim,kalo dirumah ga pernah bunyi,tapi kalo digantang bareng dgn pentet lain,lgsg bunyi dan isian lagunya keluar semua..pentet sy cenderung suara lovebird dan cucak jenggot om…bgm tanggapan om mengenai pentet saya…trims

  3. betik

    askum dan lam kenal buat om and all. .
    Q baru punya cendet yg masih liar jika di deketin,suka salto(kayakna bukan karna penyakit) dan tapi belum mw ngriwik apalagi gacor. .perawatan saya jalankan artikel perawatan harian. .
    Tp kata temen,agar cepat jinak sbaeknya di mandi’in malam dan apa pengaruhnya di jemur pada tanah lantai(bukan di gantangan?

  4. putra

    om,saya punya burung pentet madura yang barusan saya beli,dan pas nyampek rumah burng pented nya gk bunyi2 om..*
    apa penyebab nya tuch om…

    Mohon jawabannya ya om..?

  5. Arviamibu

    Om ane pny pentet yg bru ane bli d madura!n pas d dgrin trnyata ada suara tokek+suara sendal anak kcil+blalang+jangkrik,knari,prenjak,colibri,greja tarung,dll!kra2 pentet ane trmasuk bgus atw malah jelek dgn da ny suara tokek?

  6. Nurhadi

    om klo memaster cendet dengan suara burung parkit, kira2 bagus ngga om?
    klo seandainya merawat burung parkit, paling bagus butuh berapa ekor untuk masteran..

  7. edy

    om mau tanya…tlng d jwd z…..

    saya punya pentet suaranya keras dan lama bila ngoceh om,,,,tp saya kurang suka dngn bunnyinya yang kenderung suara kutilang,,,,,,pertanyaan saya bagaimana cra agar pentet saya g lagi bersuara kaya burung kutilang, mater apa yang suara apa yang paling cocok untuk burung saya om,,,,mksh tlng kasih masukan z om,,,,,

  8. wara

    om om atau pun siapa saja yang bisa kasih komentar kepada saya, begini bos :
    pentet saya suara bagus rapat gereja tarung good, love bird oke bisa sampai 4 x sekaligus, tapi syang tuh burung kekih paling benci sama kerodong, jadi kalo lagi nancep bunyi lihat kerodong langsung langsung loncat pingin matuk tuh kerodong. yang jadi pertanyaan saya adalah :
    bagaimana caranya supaya tuh pentet ga benci sama kerodong tolong resepnya terima kasih atas perhatian dan banytuanya.

    1. Om Kicau

      Repot juga ya Om, hehehe. Sekadar masukan, gantungkan saja berbagai macam kerodong di dekat dia biasa digantang di dalam rumah, dengan harapan dia jadi familiar pada kerodong.

  9. Riadi

    Om mo nanya? Pentetku kondisi mabung, dikrodong terus sambil tmpel master KN, tp udah kelar mabung n uda gacor lg ko isian ga masuk ya?

    1. Om Kicau

      Tergantung kondisi burungnya Om. Kalau sudah terbiasa pindah tempat, misalnya burung yang biasa dilatih untuk dilatberkan atau dilombakan, sudah terbiasa mobile. Burung yang seperti itu, pindah ke manapun selalu bisa gacor, selama dalam pengangkutan diperlakukan hari-hati.

  10. asep

    mau tanya nih,kalau saat memaster burung,diberikan dua suara master misalnya memaster murai dengan cililin + suara air apakah hal itu efekif buat memaster.trms

  11. joni

    slm dari kampoeng om DSC.sy mau tanya apakah walang kecek itu klo muda warnanya ijo klo dah tua coklat?kbtlan di rmh pelihara tp wrna ijo.swra cek..cek..cek..tp mlm aja bunyinya?mksh

  12. edy

    Bismillah mudah mudahan dibalas.. Amin
    Pagi Om Duto, mau nanya, gambar brg cendet (gambar artikel) diatas itu, apakah cowok semua, kedua burung itu mempunyai perbedaan pada paruhnya. nah paruh itu apakah jg menentukan CO or CE. untuk lomba bagusan yg mana om atas atau bawah.

    Terima Kasih
    Edy

      1. Titok

        Mo nanya @om ?
        Pentetku suka bunyi dg speed rapat namun cuman di bawakan dg pendek pendek ,
        karna sepertinya emang udah karakternya kayak gitu.
        Lalu di bagaimanain agar bisa panjang panjang @ohm ?

Komentar ditutup.