Pasar Burung Sanglah dan Satria (Wajah Pasar Burung Indonesia-5)

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Di Bali, ada dua pasar burung yang masuk kategori besar, yakni pasar burung Satria dan Sanglah. Kedua pasar ini punya karakter masing-masing. Pasar burung Satria yang telah ditetapkan sebagai obyek wisata budaya Kodya Denpasar ini misalnya merupakan pasar burung umum. Menjual berbagai macam kebutuhan hobi. Para pedagang burung di outlet-outlet menyebut pasar ini sebagai barang dagangan murah dan grosir.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pasar Burung Satria - Denpasar Bali
Pasar Burung Satria - Denpasar Bali

Setiap hari, Pasar Satria mempunyai jadwal kedatangan barang-barang dari luar daerah. Untuk Rabu dan Minggu, berbagai jenis sangkar produk Solo dan Bandung berdatangan. Dari sini, sangkar beredar ke outlet-outlet yang ada. Begitu juga burung. Ratusan kenari setiap minggu datang dari Malang. Pada hari Minggu pula stok burung lain, seperti jalak, beo, murai atau parkit berdatangan.

Biasanya, sesaat setelah kedatangan burung-burung baru inilah para pembeli yang memang mencari untuk persiapan lomba memilih lebih awal. Selain harganya relatif murah, jika pintar memilih akan mendapatkan burung berkualitas.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berbeda dengan pasar burung Satria, pada jarak sekitar 7 km dari sana ada Pasar Sanglah yang kental dikenal sebagai pasar burung-burung lomba. Karena selain seluruh penghuninya adalah pemain burung, kebetulan di areal parkir pasar tersebut dibangun gantangan burung yang sering digunakan untuk gelaran lomba. Jadwal gantangan cukup padat. Hari Selasa dan Sabtu digunakan oleh korp juri PBI Bali, Kamis jadwal Pandawa dan P2BS. Sedangkan Minggu dipakai secara bergantian oleh PBI dan P2BS.

Padatnya acara latihan dan lomba di pasar Sanglah membuat imej pasar tersebut identik dengan pasar burung-burung lomba. Pasar ini juga kerap dipakai para pemain burung di sore hari. Biasanya menjadi tempat nongkrong untuk menghadapi even-even lomba.

Sebagai pasar burung lomba, di sini juga hadir outlet khusus menjual sangkar lomba kualitas nomor satu. Bahkan sangkar cungkok juga dijual di sini dengan harga di atas 10 jutaan. Tetapi sebagian besar sangkar lomba yang dijual di sana memang produksi Solo, berupa sangkar ukir dengan harga tertinggi kisaran 5 juta.

Perbedaan karakter dua pasar burung di Bali ini menjadikan penghobi burung Bali “menyesuaikan” kebutuhan mereka ketika berangkat ke pasar burung. Jika ingin mencari burung bakalan atau sangkar biasa, Pasar Satria menjadi pilihan. Sebaliknya, jika sudah berorientasi lomba misalnya, maka Pasar Sanglah akan menjadi tujuan lokasi belanja. (Sumber: Agrobis Burung)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. kebetulan saya penghobi kicau dari denpasar,,, diantara kedua pasar tersebut saya lebih banyak mendapatkan burung bagus di sanglah,tentu anda harus sudah kenal dan anda harus bisa menawar,namanya juga pedagang biarpun kawan kan tetep nyari untung…harga burung nya memang agak mahal tapi paling ngak puas lah,…kalo di satria kebanyakan anda harus jeli tapi maraknya pedagang burung “kaki LIma di pasar satria bisa jadi alternativ bagus…apalagi kalo anda pakar burung terkadang anda bisa dapat burung bagus dengan harga jauh lebih murah daripada beli di kios, karena burung kakilima nya kebanyakan tangkapan hutan dan di tadah oleh pengepul langsung di bawa ke pasar….sudah 3 kali saya dapat burung jenis tledekan yg langka bahkan pedagang nya sendiri ngak tau apa nama burung tsb….yah sekedar sharing gan..ada baik nya di coba kalo bertandang ke Bali! salam kicau dari Bali

  2. Salam kicau mania om…(Y)
    N utk om duto,ane ucapkan byk terima ksh buat ulasan2 ny…amat sangat menambah informasi dan wawasan…tq om…
    Salam kicau mania

  3. dan saia adalah salah satu konsumen sangkar dan pakan burung (TOP SONG), jangkrik, kroto, pisang dll dari Pasar Burung Sanglah sambil ngobrol2 dengan beberapa pemain burung disana, seperti mas awik, mas ames, mas hartono (pemilik Ring LAROS) dll, dan saia juga sering ke Pasar Burung Satria untuk hunting Pleci……salam dari Bali buat Kawan’s Kicau Mania Se-Nusantara

Komentar ditutup.