Pasar Burung Sanglah dan Satria (Wajah Pasar Burung Indonesia-5)

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Di Bali, ada dua pasar burung yang masuk kategori besar, yakni pasar burung Satria dan Sanglah. Kedua pasar ini punya karakter masing-masing. Pasar burung Satria yang telah ditetapkan sebagai obyek wisata budaya Kodya Denpasar ini misalnya merupakan pasar burung umum. Menjual berbagai macam kebutuhan hobi. Para pedagang burung di outlet-outlet menyebut pasar ini sebagai barang dagangan murah dan grosir.

Pasar Burung Satria - Denpasar Bali

Pasar Burung Satria - Denpasar Bali

Setiap hari, Pasar Satria mempunyai jadwal kedatangan barang-barang dari luar daerah. Untuk Rabu dan Minggu, berbagai jenis sangkar produk Solo dan Bandung berdatangan. Dari sini, sangkar beredar ke outlet-outlet yang ada. Begitu juga burung. Ratusan kenari setiap minggu datang dari Malang. Pada hari Minggu pula stok burung lain, seperti jalak, beo, murai atau parkit berdatangan.

Biasanya, sesaat setelah kedatangan burung-burung baru inilah para pembeli yang memang mencari untuk persiapan lomba memilih lebih awal. Selain harganya relatif murah, jika pintar memilih akan mendapatkan burung berkualitas.

Berbeda dengan pasar burung Satria, pada jarak sekitar 7 km dari sana ada Pasar Sanglah yang kental dikenal sebagai pasar burung-burung lomba. Karena selain seluruh penghuninya adalah pemain burung, kebetulan di areal parkir pasar tersebut dibangun gantangan burung yang sering digunakan untuk gelaran lomba. Jadwal gantangan cukup padat. Hari Selasa dan Sabtu digunakan oleh korp juri PBI Bali, Kamis jadwal Pandawa dan P2BS. Sedangkan Minggu dipakai secara bergantian oleh PBI dan P2BS.

Padatnya acara latihan dan lomba di pasar Sanglah membuat imej pasar tersebut identik dengan pasar burung-burung lomba. Pasar ini juga kerap dipakai para pemain burung di sore hari. Biasanya menjadi tempat nongkrong untuk menghadapi even-even lomba.

Sebagai pasar burung lomba, di sini juga hadir outlet khusus menjual sangkar lomba kualitas nomor satu. Bahkan sangkar cungkok juga dijual di sini dengan harga di atas 10 jutaan. Tetapi sebagian besar sangkar lomba yang dijual di sana memang produksi Solo, berupa sangkar ukir dengan harga tertinggi kisaran 5 juta.

Perbedaan karakter dua pasar burung di Bali ini menjadikan penghobi burung Bali “menyesuaikan” kebutuhan mereka ketika berangkat ke pasar burung. Jika ingin mencari burung bakalan atau sangkar biasa, Pasar Satria menjadi pilihan. Sebaliknya, jika sudah berorientasi lomba misalnya, maka Pasar Sanglah akan menjadi tujuan lokasi belanja. (Sumber: Agrobis Burung)

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 158.612 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: