Perbedaan antara burung siri-siri dan cucak rawis

Siri-siri merupakan salah satu burung master yang sering digunakan untuk isian murai batu, kacer, cucak hijau, pentet, lovebird, dan aneka burung kicauan lainnya. Beberapa sobat kicaumania sering kecewa ketika membeli burung siri-siri, karena kualitas suaranya tidak sebagus yang dibayangkan. Sebenarnya bukan soal kualitas suaranya, tetapi mereka sering dikibuli pedagang (terutama di pasar burung) yang mengaku menjual siri-siri, padahal yang sebenarnya adalah cucak rawis. Lho, beda to?

Memang banyak informasi yang simpang-siur, salah-kaprah, dan tumpang-tindih mengenai burung siri-siri di berbagai forum burung berkicau seperti di kicaumania.or.id, kaskus.or.id, dan sejenisnya. Bukan salah websitenya, karena mereka sekadar menyediakan threat yang bebas untuk siapa saja. Bukan salah para kicaumania, karena mereka juga sedang berusaha mencari kebenaran, atau sama-sama saling belajar.

Beberapa kicaumania berpendapat, yang baik dijadikan master adalah siri-siri yang posturnya besar. Sedangkan siri-siri yang posturnya kecil tidak terlalu bagus suaranya.

Cucak rawis di lereng Gunung Merapi.

Burungsucak rawis

Burung siri-siri

Burung siri-siri

Sebenarnya yang dimaksud sobat-sobat kicaumania sebagai siri-siri berpostur besar adalah burung siri-siri itu sendiri, atau dalam literatur perburungan internasional disebut streaked bulbul, dengan nama spesies Ixos malaccensis. Panjang tubuhnya sekitar 22 cm.

Beberapa ahli burung terkadang menyebut spesies ini dengan nama Hypsipetes malaccensis. Burung inilah yang dijadikan master bagi murai batu Aladin dan Ade Ray milik Om Khadafi (Aceh Bintang SF).

Suara burung siri-siri di alam bebas

Berikut ini suara burung siri-siri di alam bebas, yang direkam Sander Pieterse dan Ben Wielstra di Hutan Lindung Sungai Wain, Kalimantan Timur. Suara yang direkam ini merupakan kombinasi nada panggil (call) dan nyanyian (song) :

DOWNLOAD

Untuk mendengarkan suara burung siri-siri yang sudah dimodifikasi dan dikombinasikan dengan suara cililin dan burung gereja, silakan cek artikel Suara cerecetan rapat burung siri-siri: Dengar-download.

Adapun yang dimaksud dengan siri-siri berpostur lebih kecil sebenarnya merupakan spesies berbeda, tetapi masih memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat, yaitu cucak rawis, atau nama resmi dalam bahasa Indonesia adalah brinji gunung. Panjang tubuhnya sekitar 20 cm.

Dalam literatur perburungan internasional, cucak rawis disebut sunda bulbul, sunda-streaked bulbul, sumatran bulbul, atau javan bulbul, dengan nama spesies Ixos virescens. Sama seperti siri-siri, spesies ini juga memiliki sinomim yaitu Hypsipetes virescens.

Jika siri-siri tidak memiliki subspesies, maka cucak rawis atau brinji gunung memiliki dua subspecies, yaitu:

  1. Ixos virescens sumatranus (R. G. W. Ramsay, 1882): hanya dijumpai di Sumatera Barat, terutama di sepanjang Bukit Barisan. Disebut juga sebagai cucak rawis ras sumatera.
  2. Ixos virescens virescens (Temminck, 1825): mendiami hutan-hutan di pegunungan Jawa, antara lain di Merapi. Disebut juga cucak rawis ras jawa.

Secara umum, cucak rawis ras jawa memiliki warna lebih kehijauan daripada ras sumatera. Namun penampilan fisik lainnya hampir sama.

Suara burung cucak rawis di alam bebas

Berikut ini suara burung cucak rawis ras sumatera di alam bebas, yang direkam Fabian Ducry dan David Marques di Bukit Tapan, Sumatera Barat. Suara yang direkam hanya merupakan nada panggil (calls), sehingga tidak sebagus rekaman siri-siri sebelumnya:

DOWNLOAD

Saya pribadi tidak sependapat dengan anggapan bahwa kualitas suara burung cucak rawis tidak bagus. Kalau secara genetik memang lebih bagus suara burung siri-siri, tetapi cucak rawis jika dirawat dengan baik juga bisa dijadikan master yang bagus untuk kacer, cucak hijau, dan sebagainya.

Kebingungan sobat kicaumania terutama antara burung siri-siri dan cucak rawis ras sumatera. Sebab habitat burung siri-siri juga di Sumatera (termasuk Sumatera Barat), Kepulauan Riau, Lingga, dan Bangka. Namun, berbeda dari cucak rawis yang hanya dijumpai di Jawa dan Sumatera Barat, siri-siri bahkan dapat dijumpai pula di Kalimantan, Semenanjung Malaysia, wilayah selatan Thailand, dan wilayah selatan Myanmar.

Pada umumnya, anggota keluarga cucak-cucakan memang mempunyai perbedaan yang sangat tipis antara spesies yang satu dan spesies yang lain. Hal inilah yang sering menimbulkan kerancuan, atau lebih tepatnya salah tafsir mengenai spesies tertentu, seperti antara cucak rawis dan siri-siri.

Untuk memudahkan bagaimana membedakan burung siri-siri dan cucak rawis, berikut ini tabel perbedaan di antara kedua spesies tersebut :

siri-siri-dan-cucak-rawis

Jika membutuhkan informasi lebih dalam, terutama gambar dari kedua jenis burung, silakan klik link berikut ini:

  1. Penampilan punggung burung siri-siri dan cucak rawis
  2. Galeri foto bagian depan burung siri-siri
  3. Galeri gambar burung siri-siri
  4. Galeri foto burung cucak rawis di beberapa lokasi

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 12 comments

  1. Awan

    Met sore om,
    sya punya burung sperti d artikel ini, waktu nangkring kadang burung ini suka mengepakan sayap sebelah, secara bergantian kiri dan kanan,
    jenis apakah burung sya, siri-siri apa cucak rawis,
    mkasih om.

  2. Dian

    Mau nanyak ni om
    Settingan rawatan harian n mabung untuk siri siri gimana ya
    Maklum om baru dpt momongan baru nie buat masterin MB
    Soalnya saya cari d web kagak ada
    Makasih om

  3. Ubet

    Siri siri kn jambulnya tdk kliatan spt trucukan,. Ada Cara gk mmbedakan jntan dn btina,.
    Siri2 sya drumah klo sya prhtikan tdk ada jmbulnya,tp kadang zing zingnya keras nembak2,kadang jga kluar suara2 unik,. Tp sya kurang tau jantan apa betina..

  4. misbah mania kicau

    makasih om artikelnya, jadi yahu nih sekarang, jadi yang selama ini saya pakai master murai ternyata cucak rawis he..he..he… lumayan juga sih hasilnya.

    1. Dudung Abdul Muslim

      Makanya dalam artikel saya katakan, secara pribadi saya tidak sependapat jika ada yang bilang suara cucak rawis tidak bagus. Burung cucak rawis yang dirawat dgn baik akan memiliki suara yang lebih baik daripada suara alamnya.

  5. faril

    om saya pernah pelihara persis seperti foto siri2 di tabel diatas, saya beli dari daerah pelosok kalimantan, burungnya sebesar trucukan, cuma suaranya sama persis seperti anak kambing. apakah memang ada variasi suara seperti itu.

Komentar ditutup.