Burung jagal papua: Suara unik dan pintar meniru

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung-burung yang berada di kawasan timur Indonesia umumnya memiliki keunikan yang membedakannya dari burung-burung dari wilayah lain di negeri ini. Salah satu di antaranya adalah burung jagal papua / hooded butcherbird (Cracticus cassicus). Penampilannya mirip dengam pied butcherbird (Cracticus nigrogularis) yang merupakan burung asli Australia. Jagal papua memiliki suara unik, dan pandai pula meniru suara burung lain.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Butcherbird burung yang bisa ditemukan di Australia dan juga di Indonesia bagian timur
Burung jagal papua memiliki habitat di kawasan timur Indonesia, khususnya Papua.

—-

Burung berparuh tebal dengan warna mirip kacer ini memiliki kemampuan luar biasa dalam meniru suara burung lain, atau suara lingkungan di sekitarnya.

Spesies ini terdiri atas dua subspesies (ras), yaitu :

  1. Cracticus cassicus cassicus : Wilayah persebarannya meliputi seluruh daratan di Pulau Papua (termasuk Papua Nugini) dan pulau-pulau di sekitarnya, serta Kepulauan Aru yang termasuk dalam wilayaj Provinsi Maluku.
  2. Cracticus cassicus hercules : Wilayah persebarannya meliputi Kepulauan Trobriand (Kailuna, Kiriwana, dan Kitawa) dan Kepulauan D’Entrecasteaux (Goodenough dan Fergusson), di sebelah tenggara Pulau Papua.

Habitat, perilaku. dan perkembangbiakan 

Jagal papua memiliki suara yang unik dan bisa meniru suara lainnya
Jagal papua pandai meniru suara burung lain.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Jagal papua termasuk burung penetap dan banyak ditemukan di dataran terbuka kawasan hutan hujan, hutan di bantaran sungai, hutan rawa, tepian hutan dan areal perkebunan.

Pakan utamanya adalah serangga berukuran besar, reptil kecil, katak, laba-laba, tikus, bahkan burung-burung kecil. Tetapi burung ini juga memakan buah-buahan sebagai selingan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mereka memburu mangsa secara berkelompok, yang terdiri atas 3-4 ekor. Burung muda biasanya mengikuti burung dewasa, yang kemungkinan bapak atau ibunya sendiri. Sebagian lagi memilih berburu mangsa sendirian, atau setidaknya berpasangan.

Jagal papua sering berburu di atas permukaan tanah. Meski kedua kakinya relatif kecil, mereka memiliki kemampuan berlari sangat cepat dalam mengejar buruannya seperti tikus dan burung-burung tanah.

Burung ini menangkap mangsanya dengan paruhnya yang keras. Setelah itu, jagal papua akan mengoyak buruannya. Karena perilaku dalam berburu yang sangar dan ganas itulah, mereka disebut sebagai burung jagal (butcherbird).

Musim kawin dan berkembang biak burung ini tidak bisa dipastikan. Diperkirakan mereka berkembang biak sepanjang musim. Sarangnya berbentuk mangkuk, terbuat dari ranting dan material sarang lainnya. Sarang biasanya dibangun oleh burung betina dan diletakkan di bagian pohon hingga ketinggian 5 meter dari  permukaan tanah.

Suara kicauan burung jagal

Yang unik dari burung ini adalah suara kicauannya yang mirip suara seruling. Mereka bisa langsung mengikuti suara yang didengarnya. Kemampuan meniru (mimikri) burung ini luar biasa.

Berikut ini beberapa contoh kicauan burung jagal yang bisa anda dengar dan download:

Download audionya dalam format MP3 di sini

Download audionya dalam format MP3 di sini

Video burung jagal papua

—-

—-

—-

Semoga bisa menambah wawasan mengenai khasanah burung kicauan di Indonesia.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.