Tiga spesies burung kerakbasi di Indonesia dan suaranya untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung kerakbasi ramai

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kerakbasi ramai / clamorous reed-warbler (Acrocephalus stentoreus) mempunyai ukuran tubuh sedang (18 cm). Tubuhnya dipenuhi bulu-bulu berwarna cokelat, dengan ekor memanjang, dan alis keputihan.

Tubuh bagian atas berwarna cokelat-zaitun, sementara tubuh bagian bawah keputihan, dengan sisi tubuh dan ekor penutup bawah berwarna kuning tua. Penampilannya sangat mirip dengan burung kerakbasi besar.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Kerakbasi ramai (Clamorous reed-warbler)
Burung kerakbasi ramai (clamorous reed-warbler)

Berbeda dari kerakbasi besar yang merupakan burung migran, kerakbasi ramai mempunyai persebaran lokal yang meliputi Kalimantan, Jawa, dan Maluku.  Ada 9 subspesies / ras burung kerakbasi ramai, dan empat di antaranya bisa ditemukan di Indonesia, yaitu :

  1. Acrocephalus stentoreus siebersi: Tersebar di wilayah barat Pulau Jawa.
  2. Acrocephalus stentoreus lentecaptus: Tersebar di Kalimantan, wilayah tengah dan timur Pulau Jawa, serta wilayah barat Sunda Kecil (Lombok, Sumbawa).
  3. Acrocephalus stentoreus celebensis: Tersebar di wilayah selatan Sulawesi.
  4. Acrocephalus stentoreus sumbae: Tersebar di wilayah selatan Maluku (Pulau Buru) serta wilayah tengah dan timur Sunda Kecil (Sumba, Timor), sampai Papua, Kepulauan Bismarck, dan Kepulauan Solomon.

Seperti halnya jenis burung kerakbasi lainnya, kerakbasi ramai menyukai habitat daerah basah seperti rawa payau berbuluh, sawah dekat rawa alang, dan hutan mangrove. Mereka biasanya terlihat berpasangan atau sendirian, dan sering bergantung pada batang buluh.

Saat bertengger, burung sering menggembungkan bulu-bulu tenggorokannya untuk berkicau. Yang unik, spesies ini kerap berkicau pada malam hari. Berikut ini suara kicauan burung kerakbasi ramai yang juga bervariasi:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Suara kicauan kerakbasi ramai variasi 1DOWNLOAD
  • Suara kicauan kerakbasi ramai variasi 2 DOWNLOAD

Lihat jenis burung kerakbasi lainnya:

Kerakbasi besar | Kerakbasi ramai | Kerakbasi alis-hitam

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.