HOT

Curhat Burung

Update: Halaman ini adalah versi baru dari halaman Curhat Versi Lama.

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.


Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

– Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

22 Comments on Curhat Burung

  1. Selamat Pagi dan Salam Sejahtera
    om saya mau tanya??
    burung cucak hijau saya dalam kondisi agak drop,,saya mau menggunakan pruduk om kicau
    Testo bird boster,,yang saya tanyakan penggunaanya untuk jangka waktu berapa hari??

    salam

    Suka

    • Sampai burung kembali stabil atau rajin bunyi, apabila burung sudah dalam kondisi rajin bunyi TBB bisa tetap diberikan 1-2x/pekan untuk menjaga kestabilan kondisi burung om.

      Suka

  2. Danar Yudha Perdana // 12/02/2016 pukul 00:59 pukul 00:59 // Balas

    Salam om…
    4 ekor anakan lovebird saya umur 2 bln bulunya rontok, nyekukruk, blm mau blajar mkan sendiri, klep mata dan kulitnya seperti ada iritasi smpai sayap, ekor dan bulu kepala rontok…Mohon pencerahan om sekiranya apa penyebabnya dan solusinya??

    Nb : Selama 2 thn ternak lovebird baru pertama kali dapat kasus seperti ini…Terima kasih…

    Suka

    • Kemungkinan besar burung kekurangan asupan multi mineral yang berfungsi untuk pertumbuhan sel-sel baru, sebaiknya dipisahkan dulu dan berikan terapi birdmineral dan birdvit hingga kondisi burung sehat.

      Suka

  3. Dodit Bowo Kuncoro // 12/02/2016 pukul 00:05 pukul 00:05 // Balas

    Salam hormat om kicau,, saya dodit dari banjarmasin.barusan murai borneo kesayangan saya diserang tikus. Padahal burung saya full krodong 2 lapis untuk persiapan latber besok sore & sudah saya batalkan. bulu sayap sebelah kiri nya lepas 11 helai. Padahal baru 5bln lalu top form,selesai mabung. Alhamdulillah .. burung tidak stres,msh jinak,msh mau bunyi .. tp saya yg stres melihat kondisi nya. mohon pencerahan nya om ..
    1. settingan mandi,jemur,& ef nya !! Apakah d normalkan saja seperti biasa, atau bagaimana ?!

    2. apakah burung d istirahatkan saja ?! Smpai datang mabung tahunan .. atau bagaimana ?!

    3. bagaimana proses mempercepat tumbuhnya bulu sayap yg lepas karena faktor tikus td om ?!

    ini email & no.telp saya : doditbowokuncoro@gmail.com
    082153060090

    Mohon pencerahan nya ya om. Terimakasih .. salam kicau ..

    Suka

    • Sebaiknya dipindahkan dulu tempat gantangnya yang lebih aman, untuk rawatan tetap seperti biasanya saja jika burung benar-benar tidak stress namun porsi jemur sementara dikurangi. Tidak usah keburu nafsu untuk melombakan burung yang belum benar-benar fit, sebaiknya tunggu bulu sayap tumbuh dan bisa diberikan terapi birdmolt post untuk membantu proses pertumbuhan bulu baru.

      Suka

  4. permisi om, apakah hanya LB jantan saja yg bisa di master ? atau mungkinkah LB betina dimaster dgn varian suara burung lainnya (kenari, sanger, ciblek, blackthroat, dll) ?
    Terimakasih

    Suka

  5. Om mau tanya nih. Kmren saya liat MB sya makan lalat, apakah bermasalah om? tp cuma sekali itu aja saya liat mkn.. Apa ada efeknya buat si MB? Mohon pencerahan

    Suka

  6. Salam Kicau mania..
    omkicau saya ingin menanyakan bagaimana cara pembuatan tangkringan yg ada dalam link ini http://omkicau.com/2015/05/10/tangkringan-khusus-bikin-lovebird-yuki-stabil-di-jalur-juara/

    Suka

    • Intinya hanya ditambahkan pangkringan pendek bisa beli di kios pakan burung pada ujung pangkringan utama silakan cek foto, fungsinya supaya lovebird tidak merayap jika banyak pangkringan.

      Suka

  7. Salam Om Kicau,. saya punya burung MB pada bagian ketiak bawah sayap, paha, sampai punggung mengalami botak dan tidak jadi bulu2 sedikit pun, sudah lama sekali hampir 5 bulan. hal ini sebelumnya disebabkan akibat kena baby oil waktu pemberian tips untuk menumbuhkan bulu ekor,, Mohon solusi dan jawaban yang paling tepat ,
    1. apakah bisa jadi kembali bulu2 tersebut,
    2. apakah bisa jadi kembali ekornya (tidak ada tumbuh sama sekali) sudah dilakukan dengan berbagai cara tips masih belum ada perkembangan tumbuhnya bulu2 dan ekor. Terimaksih

    Suka

  8. omkicau mau tanya nih, klu mau beli sepasang jalak suren utk ditangkarkan dimana ya…..sy tinggal di bogor om

    Suka

  9. om,saya punya kenari gacor tapi vennya tidak begitu menonjol (tertutup bulu), jantan apa betina ya om.terima kasih

    Suka

  10. Halo om …
    knapa yah cucak ijo saya ga mau bunyi sama sekali awal nya gacor owor2 sering juara belakangan ini lebih banyak diam seribu bahasa..
    Beberapa treatman dah di coba seperti nya bloom ada yg pas..
    Yg bikin bingung saya sampe detik ini apa karna drop / OB
    Pernah saya cba track 3 ekor ttp mau melawan tapi suara nya kecil sekali …
    mohon solusi nya om..

    Suka

  11. om mau tanya kenapa kenari saya volume kurang keras walaupun umur szdh mapan dan udah ngkutin terapi sdh d kasi obat juga.

    Suka

1 8 9 10

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 159.527 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: