Peluang budidaya jangkrik masih lebar

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sejak beberapa tahun lalu, jangkrik telah menjadi salah satu komoditas peternakan yang banyak dilirik masyarakat. Tingginya permintaan terhadap jangkrik sebagai pakan burung kicauan dan ikan, memicu masyarakat untuk mengembangkan bisnis budidaya jangkrik. Alhasil, budidaya jangkrik merajalela di mana-mana dan menjadi ladang subur untuk meraup rupiah.

Seiring dengan itu, beberapa koperasi jangkrik sebagai wadah para peternak pun mulai bermunculan. Namun, permasalahan kerap muncul terutama karena fluktuasi harga bersinergi dengan perilaku pasar yang cenderung tidak berpihak pada peternak, di mana jika pasokan bahan baku sedikit, sedangkan kebutuhan masyarakat besar, harganya melambung tinggi. Sebaliknya, bila pasokan bahan baku banyak (booming produksi) harganya turun drastis, bahkan tidak ada harganya. Hal inilah yang biasanya membuat peternak menjadi geram lantaran alokasi hasil panen masih sebatas untuk pakan burung kicauan dan ikan.

Baru pada dekade awal tahun 2000-an, bisnis budidaya jangkrik mulai kembali menunjukkan titik terang. Hasil panennya tidak lagi sekadar sebagai pakan burung dan ikan, melainkan bisa diolah menjadi bahan baku industri makanan, farmasi dan kosmetik. Ya, berdasarkan penelitian yang dilakukan para pakar terhadap komposisi kimia pada jangkrik, ditemukan bahwa di dalam tubuh jangkrik terkandung berbagai senyawa bernilai gizi tinggi dan bernilai farmakologi yang cukup baik.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Selain itu, para peternak pun tak perlu lagi khawatir hasil panennya tidak tertangani dengan baik. Sebuah wadah organisasi berskala nasional bagi peternak jangkrik di bawah bendera Forum Komunikasi Peternak Agromitra Swadaya Jangkrik Indonesia (FKP Askrindo), yang salah satu cabangnya beralamat di Desa Karang RT 04 RW II, timur Sub Terminal Delanggu, Klaten, siap membantu peternak mulai dari pengadaan sarana budidaya hingga pembelian hasil panen.

“Kami bekerja sama dengan PT Agromitra Swadaya Indonesia yang bermukim di bilangan Jl Mr Abdul Madjid Djojodiningrat No 8 Bulusan, Tembalang, Semarang, mempunyai program yang intinya adalah pemberdayaan masyarakat dalam arti seluas-luasnya. Dalam hal ini, FKP Askrindo bermaksud memberikan solusi bagi masyarakat yang tertarik dalam usaha ini untuk ikut berperan di dalamnya,” ungkap Icuk Tri Purwanto, seorang peternak full time yang aktif sebagai pengurus FKP Askrindo cabang Klaten.

Menurut Icuk, bisnis budidaya jangkrik sebagai bahan baku industri makanan, farmasi, dan kosmetik, memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi. Namun, tentu saja, hal itu sangat tergantung pada kemampuan dan keseriusan para peternak sendiri.

“Alternatif berwirausaha jangkrik sebenarnya sangatlah mudah dan menguntungkan apabila dikerjakan dengan serius. Selain ramah lingkungan, dari segi permodalan juga relatif terjangkau. Selain itu, masa pemeliharaannya juga relatif singkat. Jangkrik umur 35 hari sudah bisa dipanen,” jelas Icuk.

Untuk memulai usaha budidaya jangkrik ini, peternak hanya perlu membeli paket sarana ternak (PST) yang sudah disediakan oleh FKP Askrindo, terdiri atas 6 ons telur jangkrik seharga Rp 45.000/ons dan 120 kg pakan khusus yang telah mendapat lisensi dari pihak pemakai produk seharga Rp 7.500/kg, membayar biaya registrasi sebesar Rp 25.000, dan biaya transportasi sebesar Rp 50.000. Total biaya seluruhnya adalah Rp 1.245.000.

“Untuk kandang pemeliharaan bersifat fleksibel. Peternak bisa membuatnya sendiri disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki tanpa harus order dari FKP. Kandang biasanya berupa kotak kardus atau dari bahan tripleks berukuran 200x80x40 cm dengan kapasitas tampung sebanyak 1 ons telur jangkrik. Jadi diperlukan enam buah kotak untuk satu paket,” terang Icuk.

Dalam hal panen, setelah waktunya tiba, peternak bisa langsung mengirimkan hasil ke sekretariat FKP dan akan langsung dilakukan penimbangan. Sedangkan untuk pengiriman ke pabrik pengolahan di PT Agromitra Swadaya Indonesia, dilakukan dengan sistem beku untuk menjamin tidak adanya penyusutan hasil panen peternak.

“Untuk satu PST biasanya menghasilkan antara 60-80 kg jangkrik hidup sehat umur 35 hari, yang akan dibeli oleh FKP Askrindo dengan harga Rp 30.000/kg. Agar hasil panen bisa diterima maka fasilitas berupa kartu anggota diberikan sebagai jaminan pemasaran yang telah direkomendasi pihak PT Agromitra Swadaya Indonesia,” jelas Icuk.

Selaku penjamin pasar, PT Agromitra Swadaya Indonesia juga telah mengadakan penelitian dan uji klinis di Laboratorium Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pertanian Bogor, dan menemukan dalam tubuh jangkrik kalung (jangkrik yang memiliki warna kuning menyerupai kalung di bagian leher) terkandung berbagai senyawa potensial, seperti Lysine dan Cystein, asam lemak berantai panjang (Omega 3 dan Omega 6), dan kandungan hormon Steroid (Estrogen, Progesteron, dan Testosteron), serta protein kolagen, yang sangat bermanfaat sebagai bahan baku industri farmasi, makanan diet, kosmetik, dan substitusi pakan ternak.

“Sehingga walaupun terjadi booming produksi secara nasional, PT Agromitra tetap memiliki pasar potensial yang tidak terbatas. Bahkan produk protein kolagen yang dihasilkan mesin pengolah jangkrik yang telah dimiliki PT Agromitra telah mengundang kekaguman buyer dari negara maju seperti Jepang, yang baru-baru ini telah mengutarakan niatnya untuk mengimpor produk tersebut,” ujar Icuk.

Menurut Icuk, kapasitas produksi mesin pengolah jangkrik tersebut mencapai 10 ton/hari. Dan untuk memenuhi kuota tersebut, setiap FKP yang tersebar di 20 kabupaten di Indonesia, harus mengirimkan minimal 250 kg/hari.

“Hal itu berarti di setiap FKP minimal harus ada tiga peternak yang menyetor hasil panen masing-masing 80 kg setiap harinya. Namun sampai sekarang kuota itu belum bisa dipenuhi oleh FKP. Dengan demikian peluang bisnis budidaya jangkrik ini masih terbuka sangat lebar bagi masyarakat yang berminat untuk terjun di dalamnya,” ungkap Icuk. (Suharsih/SOLOPOS 16 April 2006)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

214 Comments

  1. Bos saya peternak jangkrik dari jawa timur bgmna caranya ingin kerja sama SKP ni no ho saya.087876601847,085649852021 d tunggu balasannya,,,,,,,,

  2. wow padahal pemasok besar tpi masih kalah yah sama sya dan teman” saaya yg minimal 1hari harus ada 200kg maksimal 300kg karna di jakarta dan di bekasih masih kurang ahkirnya ngambil dri jawa di puuwadadi ..
    Itu hanya untuk para kicau mani dan dari hasih jangkrik kami pun bisa untuk beli 2rumah dan mobil dan tanah dan kontarakan untuk lapak jangkriknya padahal perkerjaan yg anaeh karna setiap pagi membawa karung dan bangku/besi yg udah di bentuk sebagai bangku.
    Tpi hasihnya benar” wow sampe” yg kerja di kantoran pun kalah ekonominya. Sama pekerja jangkrik klo bawa 70karung 1 motor 4 motor bisa 280karung yg 1 karungnya 1kg..
    Ini pekerjaan yg meyakinkan tpi harus tau cara ternak dan pernjualannya kemaana..
    Karna para peternak hanya buat mainnan para penjual jangkrik yg berhubungan langsung ke toko klo di ambil 15ribu 1kg di jual 40/35 ribu 1 kg udah ketauan kan klo langkah di ambil ke peternak 30/35 ribu di jual lagu 60/70 bahkan klo bener” langkah bisa di jual harga 100rb 1 kg..karna semakin padatnya permintaan dari toko kami ngambil samper kejawa purwadadi solo jokjak bahkan sampe seragen..
    Hhahah mantap.

  3. agan agan, saya cahyo dr ambarawa, semarang ni pengen bgt budidaya jangkrik, minta contact person dong dari Fkp askrindo,
    ini no saya, 085727562813

  4. hallo, saya rio dari cinere, depok jawa barat…saya sedang menjalani ternak jangkrik tapi kendalanya di daerah kami semua mengandalkan untuk pakan burung, setelah saya searching di internet ternyata ada celah untuk pengembangan bisnis ini ke kosmetik, cuma saya tidak tahu bagaimana cara bekerja samanya….mohon alamat atau paling tidak contact person Forum Komunikasi Peternak Agromitra Swadaya Jangkrik Indonesia (FKP Askrindo)….di daerah kami banyak peternak jangkrik yang pada saat booming panen eh malah bingung mau lempar kemana….saya bisa di hubungi di 0852 1688 2728 / 021 9411 9811….tks

  5. saya galih di ungaran. saya tertarik bwt ternak jangkrik. FKP Askrindo di semarang ada g’ ya ? kl ada minta alamat dan nmr tlponya ya. kl di temanggung sm purwodadi ada g’ ya FKP Askrindo nya.? kl ada minta alamat n nmr telponya jg. trmksh
    ni nmr hp q : 085727070928
    ni email q : galih_raihan@yahoo.co.id

  6. Alamat PT Agromitra Swadaya Semarang Jl Abdul Madjid Djojodiningrat koq tidak ada di daerah Bulusan-Tembalang Semarang, bahkan warga bulusan baru denger ada nama alamat tsb. Bagi yg mengetahui syukur kalau punya no tlp tolong informasikan ke email saya edy_dieng@yahoo.co.id Trims. Edy, Semarang

  7. saya donny di bogor.
    saya memproduksi tepung jangkrik dengan jumlah besar.
    bila ada yang berminat serius tepung jangkrik dengan jumlah besar.
    hub : 085695050991
    email :donny_syah91@yahoo.com

  8. bos,saya berada di trenggalek jawa timur,,saya pemula ternak jangkrik,,masih bingung pemasaran nya,,kalau daerah jawa timur,memasarkannya di mana yaaa???? hub email kami ysp_pule@yahoo.com atau no tlp 082139655504,,makasih bos

  9. Saya tinggal di daerah purwodadi ( jawa tengah ). Saya pemula dan ingin belajar dan berusaha di bidang peternakan jangkrik. Apakah Askrindo masih menerima member baru? Mohon infonya sms atau tlp saya di 081703407093

  10. Saya baru mulai ternak jangkrik.skarang dah menetas kira2 20 hari dh panen apakah ad yang mau membli.hubungn saya mungkn saya bsa membantu memenuhi kebthan jangkrik085717638361

  11. bos saya di karangawen,Demak mau gabung gimana caranya?tlong hub:085727929926 atau e-mail:moorydmk@gmail.com, makasih saya tunggu infonya bos, seriuuuussss.

  12. Saya ϐåяú mulai beternak jangkrik.. Saya kebingungan untuk menjual hasil panen jangkrik.. Apakah ada pemasok jangkrik yang bersedia menampung / membeli jangkrik saya untuk wilayah surabaya?? Terima kasih.. Harap dibalas ke email saya..

  13. Bos, saya rio dari rohul pe3kanbaru, saya mao beli telor jangkrik bos, tapi ng’ tau no yang bisa dihubungi, tolong di sms ke no 08126873294 ya bos, segera…………

  14. ass. selamat malam mas, saya rubi di cianjur bisa minta tolong info alamat ASTRIK di Bandung? atau peternak di cianjur… mohon infony. jaya terus . mohon di bls ke no hape saya 082117145343

  15. Saya sangat berminat untuk melakukan budidaya jangkrik. Tapi saya tidak tahu nanti dimana tempat pemasarannya. Apakah di bandung sudah ada tempat penampung jangkrik?kalau ada dimana alamatnya?mohon jawabannya dikirim ke alamat e-mail saya ya..terima kasih.

  16. saya a.undang suryana beralamat di tasikmalaya berminat untuk terjun dalam budidaya jangkrik ini .bila ada yang mau kerjadama dan bantu saya tolong hubungi no 085223333438

  17. PELUANG BAGUS NE,KALAU MAU GABUNG UNTUK WILAYAH SIDOARJO / SURABAYA DI MANA KANTORNYA. SAYA BERMINAT BELI MOHON INFO SELENGKAPNYA.TERIMA KASIH

  18. saya punya komunitas yg berminat untk bermitra dg PT agro mitra swadaya/FKP ASKRINDO. mohon infonya…
    irwan. tenggarong kalimantan timur.
    085222111224/087872252257.

  19. saya widodo di subang pemula dalam ternak jangkrik,, kebetulan kesulitan dalam pemasarannya ??? mohon bantuannya donkkkk….untuk informasi pemasaran daerah subang atau bandung dimana aja daerahnya buat pengembangan ke depannya…di tunggu e mailnya di: dho_euy@yahoo.co.id atau via phone :085324812932

  20. sya ingin bergabung bisnis dengan pt askrindo apakah masih bisa di terima mhon petunjuknya….mhon balasan di email saya.trims

  21. Saya tertarik sekali untuk budidaya jangkrik, temen2 banyak yang berminat juga namun kesulitan untuk pemasaran daerah surabaya dimana? mohon info gan??

    trims atas pencerahannya.

  22. Saya pemula untuk beternak jengkrik yg berdomisili di Pk Baru.
    Tahap pertama saya coba dg bibit telur 1 kg ( 80% menetas) tapi hasilnya tidak maksimal krn banyak yg mati disaat mau panen. Teorinya 1 kg telur bisa menghasilkan minimal 100 karung ( 1 karung +- 1000 ekor jangkrik).
    Mohon masukan atau saran bagi yg sudah ahli dalam hal beternak jangkrik.

  23. Saya tinggal di daerah Semarang.Saya pemula dan ingin belajar dan berusaha di bidang peternakan jangkrik. Apakah Askrindo masih menerima member baru? Mohon infonya teman- teman untuk contact person yang bisa saya hubungi

  24. rumah saya di kediri, saya beternak jangkrik kemana saya harus memasarkan jangkrik itu selain ke poasar tradisonal, terima kasih, kalau ada hub. hp. 085736781002

  25. Bagi para peternak jangkrik di wilayah bandung jawa barat, yang kesulitan menjual hasil panen jangkriknya, anda bisa coba hubungi ke no hp:081394755519-081573735540. A/n. Bu yulia anzal. Almt kami, jln cisaranten kulon 2 rt06/05. Bandung timur. Insa allah

  26. kepada kawan-kawan yang ternak jangkrik saya mau membelinya,kira-kira berapa harganya per paket ? balas kembali ke email saya.trimakasih ……..

  27. saya termasuk pemula dalam beternak jangkrik, kotak saya baru ada 300 kotak.. ada yang bisa share ga gimana cara supaya panen jangkrik per kotak bisa 14 kg? jenis makanan apa yg paling ok buat jangkrik? ada ga material lain yg bisa gantiin laras/daun pisang? dimana dapatnya? kalo ada yg mau kerjasama tlng info ya ke 085214873279 atau hendy.mangge@gmail.com
    thanks

  28. saya sebagai peternak jangkrik pemula berminat untuk gabung dengan cv jangkrik tapi susah di telp….sedang saya pingin dateng ke kantornya dulu gimana caranya

  29. kang yogi,saya peternak jangkrik pemula ingin bergabung dan akan datang ke kantor cv jangkrik tapi koq hpnya susah di hub ato bisa hub saya di email ato 087823660099

    • om om…
      klo om mau jual jkrik ke bapa sya ajj bapa sya suplayer jkrik di bekasih yg ok,,,
      langganan toko burung bapa sya jga hampir 500san toko lebih,,
      klo om mau kasih no tlv om ke email sya..
      di candra.buana59@yahoo.com,,,
      tpi jkrknya harus sehat dan gede”,

  30. Kami menerima jual beli jangkrik dan telur jangkrik. Jenis jangkrik kalung dan alam. Bagi anda yg berada di bandung. bisa jual atau beli jangkrik di tempat saya yg beralamat di jl. Cisaranten kulon 2 rt 05/06 atau bisa tlp ke: 081573735540-081394755519. ANZAL ZHAZHAL JANGKRIK – YULIA.

  31. tio Bekasi :

    Assalamualaikum..
    Nitip buka lapak ya mas..
    kami dari anggota “Gudang-Jangkrik” Wisma Asri Bekasi Jawa Barat mau menawarkan TELUR DAN JANGKRIK..
    Dengan Rincian harga :
    Jangkrik (1,2 kg): 45 rb/ karung minim 5 Karung.
    Telur jangkrik : 250 rb/kg.
    (GARANSI PASTINYA)
    Pengiriman ditanggung pembeli ya.
    Jika berminat hub: tio Bekasi 0818723020 / 085710160298
    info lebih lengkap klik aja http://gudang-jangkrik.blogspot.com/
    maturnuwun and terimakasih

  32. Minta do’a dari semuanya. alhamdulillah sebentar lagi aku juga sudah mulai beteernak jangkrik. sementara aku coba 5 box kandang jangkrik. semunya minta doanya yaa..

  33. salam kicau mania,sebelumnya maaf om numpang ilklan saya mau memberikan informasi jika ada yang berminat membeli jangkrik jenis cliring saya ada stok untuk wilayah jogja dan sekitarnya.hub 085722028201

  34. Dengan hormat,

    saya berniat dan tertarik untuk beternak jangkrik, modal siap, tetapi bagaimana caranya saya bisa mendapatkan telor jangkrik tersebut, saya tinggal di kota sukabumi, nomor telepon saya 0266-9165298,081321332704.
    terimakasih, mohon balasannya.
    nurdin.

  35. kang yogi, yang terhormat
    jujur saya merasa ragu untuk mencoba ternak jangkrik, selain polos dalam beternak jangkrik , saya juga belum tau kemana dan dimana saya harus menjual hasil panen jangkrik itu sendiri + harga standar harga jual – beli jangkrik itu sendiri trim’s……….mohon untuk masukannya, untuk selanjutnya ini email saya….dedescell com@ymail.com / hp : 085221473103

  36. saya peternak jangkrik sudah lama dr th 2004, tp sejak 2007 sudah tdk beternak lg karena pindah profesi, pengalaman saya, ASTRIK jogja memang gagal dalam programnya sehingga banyak yg merasa tertipu, juga dg FKP Askrindo (Agromita Swadaya) juga sudah tutup yg di semarang, saran saya mendingan kalau ternak jangkrik di jual ke pasar burung saja, lebih pasti, terimakasih

  37. saya berternak jangkrik dan mempunyai sekitar 20 kotak jangkrik dengan masing2 ukuran 300x150x80 di mojokerto jawa timur.dan saya modifikasi kotak dengan menbuat dari material semen dan permanen seperti kolam ikan.
    saya agak kesulitan untuk memasarkan karena disini harganya relatif murah dan selalu berubah2…banyak juga kawan saya yang menghadapi kesulitan seperti ini
    tolong bagi kawan2 yang bisa membantu untuk memberikan onfo dimana kira2 saya bisa menjual hasil panen tersebut,tolong hub :082139366616

  38. oia perkenalkan namaku rahman aku berdomsili di bandung kebetulan barusan aku baca tentang kemana jual jangkrik… ya ku tanya jenis jangkrik apa yang mau dijual ? kalo jangkrik alam aku mau… tapi ngomong 2 berapa untuk 1 karungnya ?

    • mas rahman yang terhormat,, ami untuk jangkrik kami jual atau terima per karung dengan kapasitas 1 karungnya isi 2 kg jangkrik, untuk alam kami untu sementara mengurangi produksi..tapi untuk kalung kami siap menampun dan menyediakan,… silahkan mas rahman bisa datang ke tempat kami atau menghubungi kami di hp 087725120333 / 081219000378

  39. Kami dari CV JANGKRIK siap bertintak sebagai konsultan (GRATIS),agen, suplayer,distributor, pakan ternak/burung kicauan khususnya jangkrik,.dengan omset tak terbatas,. anda memerlukan produk kami, atau berminat budidaya jangkrik, kami siap membantu, kami juga sedia jangkrik alam, kalung, telor jangkrik, dan indukan, kualitas super,. dengan setelau jui coba kurang dari 24 hari sudah siap panen, kualitas terjamin…bagi yang berdomisili di wilayah bandung dan sekitarnya bisa datang ke alamat kami JL Kamboja 3 No 6 Perum Kencana Rancaekek Blok 8 Bandung atau lewat telp di 081219000378-02291798788 (dgn sdr Yogi). atau sdr Irfan 02291918489 atau sdr Ujang 081320576734. E- mail :giws_pnd@yahoo.com

  40. saya tinggal di solo,saya ingin bergabung mohon di informasikan ke email saya di mana alamat cabang solo atau karang anyar,terima kasih

  41. Astrik memang penipu, jangan coba-coba. temen saya ketipu..sama mereka, mereka hanya jualan paket aja, pakannya cuma pakan ayam petelur dikemas ulang pakai plastik, terus dinaikin harganya (dia bilang bikin pakan sendiri) lha setelah saya lihat punya temen…ternyata pakan ayam petelur….saya kan pernah memelihara ayam petelur jadi tahu pasti. astrik lepasin peternak jalan sendiri, mau untung atau rugi ngga mau tahu mereka, yang penting dia udah bisa jualan, telpon astrik ngga bakalan diangkat, takut dikomplain anggotanya…no hp udah ganti…..kalau bos beneran kan ngga mungkin ganti no hp untuk bisnis, jangan berhubungan dengan astriklah…kalau mau ternak cari info lain aja.

  42. saya asli orang Jogja, saya sdh menghubungi no. tlp. astrik tp gak pernah aktif, saya datang ke alamatnya, tp keadaan sepi tak ada aktifitas, saya nanya rumah sebelah dia malah mmberi tahu kalo pk Ari Hidayat ( bos astrik )telah meninggal.
    Sebetulnya apa yg terjadi dg astrik, pindah ke mana astrik Jogjatolong hubungi 0852 2802 1529 email : heru_dkk@yahoo.co.id
    tima kasih

  43. Hati-hati dengan program seperti itu jngn smpe terkecoh, yakinkan dulu semuanya. jangan ada lagi yag menjadi korban sesudah saya akibat program itu. saya yakin itu ASTIK yng ganti baju.

  44. Salam buat semua pecinta jangkrik,
    Informasi bagi para pemula yang akan memulai budidaya jangkrik hati2 jika ada penawaran atau ajakan apapun dari ASTRIK Jogja, dia hanya kedok saja, selajutnya tidak mau bertanggung jawab atas ke sejahteraan anggotanya.
    Saya sendiri sudah menjadi korbannya, kerugian saya mencapai hampir 20 juta, hasil panen sampai sekarang belum juga di bayar, malah nuding saya punya utang 4 juta ke astrik,……..
    Penipuan …… ARI dan Fitri. hiduplah kalian di atas kotoran jangkrik sampai kalian mati di rembug gerombolan jangkrik.

  45. pak saya tinggal di jambi, saya sudah ternak jangkrik sekitar 2 tahun, saya tertarik dengn pakan khusus jangkrik, gimana cara saya bisa membelinya. apa bisa dikirim ke daerah sya. thaks…

  46. Saya tertarik dengan bisnis jangkrik ini,masalahnya saya buta sama sekali mengenai perjangkrikan,saya di sulawesi.di makassar ada peternaknya tidak ya?.mohon penjelasannya ke email saya dan kalau ada di makassar mohon infonya ke 085696652075.atau ke email saya..Trims.Hidup Jangkrik

  47. Assalamualaikum Wr Wb

    Saya Zaenudin dari bandung,
    kemana harus menjual jangkrik tiap bulan?
    untuk di bandung kemana saya bisa menjual jangkrik?

    wassalamualaikum Wr Wb

    • Ke pak ANA di jln pasundan Rt.03 Rw05 Banjaran -Bandung saja.
      saya jugakan nernak jangkrik ,saya sering menjual ke Beliau.
      harganya tergantung?

    • silhkan bapa datang ke alamt kai jl. kamboja 3 no 1 perum kencana rancaekek.bisa hub bp eman sulaeman (bag admin), bapa wen, atau pa yogi (pemasaran ) hp 081219000378/ 087725120333

  48. saya tinggal di surabaya, apakah ada Cabang atau Unit PT.Agromitra di Sby, dan apakah setiap kita beli 1 paket utk pakannya bisa habis dalam 35 hari?

  49. saya tinggal di Tangerang, ada ngak cabang pemasaran PT Agromitra di daerah tangerang, kalau ada mohon imformasi alamat dan no telponya. Thanks.

  50. saya udah mulai ternak jangrik tapi baru skala kecil, saya cma ragu masalah pembeliannya, kalaun FKP udah ada di bandung tolong kasih infonya?

  51. Salma kenal … Sy Ida dari palembang. Yang ingin saya tanyakan, 1. Bagaimana cara untuk menjadi anggota PT. agromitra.
    2. Bagaimana proses sistem pengiriman hasil ternak lewat sistem pembekuan.
    tlg pemberitahuannya lebih lanjut/bls lewat email sy. Ttrims …

  52. saya tinggal di denpasar bali apakah ada Cabang atau Unit PT.Agromitra di Bali dan apakah setiap kita beli 1 paket utk pakannya bisa habis dalam 35 hari

  53. Yang bilang ASTIK bubar itu bohooooong buktinya saya sering kontak koq itu hanya ulah orang2 syirik ASTRIK saking sibuknya dia lupa update webnya tapi usahanya ya tetap update banget…

    Dan ingat syirik tanda tak mampu kalo gak tau kebenarannya jangan sudzon dulu…

  54. Kpd Pemilik Web ini: Yang fair dong ah !

    Jelas2 ASTRIK gak bubar kok. Saya bekerjasama usaha dg Astrik sdh 2th, selain budidaya juga penjualan produk Astrik "CASEO" (pkn burung berkicau utk lomba & aneka ternak) juga "ULTRASTAM" (utk vitalitas/stamina Lelaki), hasilnya benar2 lumayan, Saya bisa punya tempat/tanah 800m2 di Bogor, bisa dilihat, sekalian lihat usaha Saya, semoga bisa jadi motivasi usaha prospektif bagi orang banyak..(silahkan kirim e-mail Saya)

  55. Yang bilang ASTRIK bubar siapa? itu isu negatf, Saya sendiri diBogor krja-sm dg ASTRIK sdh 2th, dg 100PST (400 Box), tdk hny budidaya, juga menjual produk "CASEO" (pakan burung brkicau & pkn trnak), "ULTRASTAM" (utk vitalitas+stamina Lelaki), begitu m'nguntungkn. Hasilnya, skrg Saya bisa invest tmpat usaha 800m2, bisa dilihat. Semua berkat ketekunan & kesungguhan usaha bersama ASTRIK. Saya komentar yg sbenarnya spy pternak tdk terkecoh "promosi hitam". Salam.

    • Ass. Mbak rarit saya mau tau alamat email and no.telpnya donk saya juga peternak jangkrik dan mau tau cara untuk memasarkan ke ASTRIK karena domidili saya di Sidoarjo.

      Trim's

  56. betul tuh….saya sudah coba caseo nya….sip. Gak usah ternak jangkrik mandiri mas…dikibulin pengepul…harganya dimainin….memang baiknya gabung aja ke astrik..harga stabil..tapi memang harus berani serius…gak tipu2…good luck!

  57. saya baru saja ke astrik minggu lalu….wah hebat…pantesan nggak sempet update situsnya….wong aktivitasnya seabreg. Saya sudah coba produk hilirnya…mantaaap! Kontak aja ke no. 02749257969….. Mas Duto and Mas Ali…info anda yg update dong…Lha ASTRIK nya berkembang pesat kok malah dibilang bubar?????

  58. Yg bilang ASTRIK bubar siapa? itu isu negatf, Saya sendiri diBogor krja-sm dg ASTRIK sdh 2th, dg 100PST (400 Box), tdk hny budidaya, juga menjual produk "CASEO" (pakan burung brkicau & pkn trnak), "ULTRASTAM" (utk vitalitas+stamina Lelaki), begitu m'nguntungkn. Hasilnya, skrg Saya bisa invest tmpat usaha 800m2, bisa dilihat. Semua berkat ketekunan & kesungguhan usaha bersama ASTRIK. Saya komentar yg sbenarnya spy pternak tdk terkecoh "promosi hitam". Salam.

  59. saya saat ini sedang mencoba ternak jangkrik jika anda perlu belajar bareng silahkan kunjung di blog saya, oyah saat ini saya sudah beberapa kali mencoba untuk berternak jangkrik dan hasilnya lumayan. jika anda tertarik untuk mengembangkan ternak jangkrik hendaknya di masa penjodohan jangkrik di tempatkan di tempat yang gelap karena jika di tempat yang gelap proses kawinnya cepat.

    kalau anda mencoba untuk menjodohkan tentu tidak perlu banyak banyak. kira-kira jangkrik betina 20 biji dan yang jantan cukup 5 saja dan wadah bisa menggunakan toples bekas wadah kue yang agak tinggi lalu tutup di lobangi kecil-kecil bagian atas dan hidarkan dari pemangsa, seperti semut.dan cicak. lalu bagian dalam toples di kasih tanah atau pasir supaya jangkrik bisa naruh telur-telurnya .

    dan ini saya rasa cukup praktis karena dalam uji coba saya sekitar 2 minggu telur sudah jadi anak .oya di atas tanah jangan lupa di kasih sobekan kardus yang sudah di rendam gunanya agar tetap lembab. selamat mencoba yach moga berhasil

  60. Pa saya sudah berkali-kali kirim emil tapi kok ga pernah ada balasan….. tolong pa,

    saya sekarang sedang belajar ternak jangkrik, dan saya mau gabung dengan astrik gimana yah cara dan persyaratannya. saya tunggu informasinya.

    Terimakasih

    Hermawan

    085220144433

    022-7780367

  61. saya sangat tertarik untuk budidaya jangkrik..

    klo di pontianak ada tempat budidayanya ngak ya?

    kalo ada tolong diinformasikan ya…

    txh..

    • oya bro katae di batam jangkrik lg booming, sy puny ush jangkrik n mau memasarkan d batam . pa da yang bs d ajak bermitra kerja.?mkash

  62. Wah..mas bagus bgt nih blognya,sgt mambantu buat yg kpengen punya usaha sampingan.Ehmm…terus ni setelah tahap penjodohan kan telur2 nya pada keluar,nah cara misahinnya ke kandang penetasan tu gmn untuk tahap penetasan?apa diambil pake sendok/apa??aku kurang paham….makasih banyak mas…

    Jawab:
    Bisa pakai apa saja. Telur jangkrik relatif kuat. Bahkan beberapa peternak jangkrik biasanya beli telur dan tinggal menetaskan dan membesarkan.

  63. tolong kirim panduan lengkap tentang budidaya jangkrik ke email saya di :ari_bronk@yahoo.com…bantuan anda sangat berarti buat saya,,,karana ngga ada budidaya jangkrik di daerah saya…wasss

  64. yang penting no n alamat serta telpon yg bisa dihubungi……..jankrik lg banjir di batam bro klo ada info ke singapore u zoo nya

  65. Saya sudah punya ternak jangkrik,tpi saya msh bingung buat jualnya,bagaimana saya bsa menjadi anggota padahal saya tidak membeli paket dari anda?
    Salam Rubiyanto
    085729448649

    Jawab:
    Semoga segera mendapat jawaban dari pihak asosiasi ya Om…

  66. apa nama vitmin tambahan buat jangkrik sama dosis pemberiannya ? makasih.

    Jawab:
    Coba nanti saya tanyakan ke yang berkompeten Om. Salam.

  67. Apakah FKP Askrindo di kota Bandung sudah ada? Jika ada, saya minta tolong di mana alamatnya. Mudah-mudahan saya dapat menjalin kerjasama dengan FKP Askrindo, saya telah memulai budidaya jangkrik sejak 8 bulan yang lalu, mudah2an FKP Askrindo dapat memberikan kesempatan bagi saya untuk dapat mengembangkan usaha saya di bidang budidaya jangkrik ini. Jika di Bandung belum ada kepengurusang FKP Askrindo, saya siap untuk bergabung. Mengingat saya sangat prihatin dengan peternak jangkrik yang ada di wilayah kami selalu di bayangi ketidak pastian jika hasil panennya tidak ada yang membeli. Dan selama ini kami sangat berminat untuk menampung peternak untuk bergabung dalam satu wadah, agar mereka merasa tenang dalam menghadapi persaingan. Karena selama ini, peran bandar belum dapat di andalkan secara maksimal. Ketika hasil panen di wilayah kami membludak, maka jangkrik tersebut bingung kemana akan di pasarkan, sementara pasar burung di wilayah kami tidak mau menerima dengan alasan stok jangkrik di pasar sdh tdk dapat di tampung ( banjir ) yang mengakibatkan harga menjadi turun drastis dan tidak seimbang dengan biaya operasional yang di keluarkan oleh para peternak. Dan ketika stok barang di pasar kosong, maka para peternak kembali di landa kebingungan karena ulah bandar yang memanfaatkan situasi tersebut, dengan cara jangkrik dari peternak di bayar dengan harga yang relatif murah dan usia jangkrik belum cukup umur. Jadi kesimpulannya, sekarang kami sedang mencari solusi yang terbaik agar kami bisa mendapatkan kepastian dalam menjalankan budidaya jangkrik ini, terutama untuk kesejahteraan para peternak yang agar merasa tenang jika hasilnya secara kontinyu dapat dirasakan dengan harga yang stabil.
    Seandainya FKP Askrindo di wilayah Bandung belum ada, saya berkenan untuk membantu agar FKP Askrindo dapat berkembang di wilayah Bandung. Informasi dari pihak FKP Askrindo sangat saya butuhkan, semoga kerjasama ini dapat terwujud. Jawaban dari pihak FKP Askrindo sangat saya tunggu via email saya, atau kontak ke 02276076086,081322516072, agar saya dapat mendapatkan solusi yang terbaik bagi peternak yang saya bina sekarang.
    Atas segala perhatiannya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasi.

    Hormat Kami,
    Baron
    02276076086/081322516072

    Jawab:
    Semoga segera mendapat tanggapan ya Om.

  68. weleh…kayaknya cocok nih dijadikan usaha sampingan, daripada pulang kerja terus bengong kayak sapi ompong hehehe…

    tp dr perusahaan dpt ambil hasil ternak bisa gak ya?

    trs, tolong donk profil lengkap perusahaan, minimal CP-nya gt, biar dpt kontak2

    trm ksh.

  69. saya berminat dengan bisnis ini posisi saya dibatam bagaimana bergabung dgn PT Agromitra Swadaya Indonesia.

    Jawab:
    Coba nanti dari pihak Agromitra semoga cepat menanggapi keinginan Om.

  70. Saya sangat tertarik dengan budi daya jangkrik tersebut, jadi saya mau tanya FKP terdekat dari kota magelang untuk menanyakan informasi tentang budi daya tersebut, atas infonya saya ucapkan banyak terima kasih.

Komentar ditutup.