AM kapan perlu dikerodong…

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Apa kabar Om Duto,

Langsung aja ya om ada yg ingin saya tanyakan masalah pengkrodongan AM:

1. Apa perlu pada siang hari AM dikerodong kl AM belum teler tapi udah ngeplong.

2. Dan kl siang AM perlu dikerodong apa itu untuk semua AM ( trotol,udah dewasa tp belum bunyi & udah teler) & apa gunanya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

3. Kl AM tidak untuk lomba apa perlu juga pada siang hari dikerodong?

Sekian pertanyaanku kl agak bulet & ngerepoti Om Duto aku mohon maaf krn aku masih kuper, trims. (Pertanyaan Ahmadauzi melalui PM di www.kicaumania.or.id)

Jawab:

Kabar baik-lah.

Soal kerodong? Saya jawab berdasar point-point Anda ya…

1. Tidak perlu, sebab akan membiasakan AM hanya bunyi kalau merasa terlindungi. Justru ketika AM mulai ngeplong2, letakkan di tempat yang relatif ramai sehingga nantinya dalam kondisi banyak orang dia sudah terbiasa (berani) bunyi.

2. Sama dengan jawaban no 1, nggak perlu. Kecuali untuk AM yang sudah gampang teler/gacor dan Anda ingin melindunginya agar tidak bunyi terus (perlu untuk menjaga agar suara tidak serak) atau dalam waktu dekat akan dilombakan. Dengan cara dikerodong, mengurangi rangsangan bunyi dan berguna untuk menyimpan tenaga sehingga staminanya ketika ditrek tidak mudah habis.

3. Jawaban nomer 2 sekaligus menjawab pertanyaan nomer 3.

Yang jelas, AM tetap perlu kenal akrab dengan kerodong agar suatu saat kalau dibawa dengan kerodong tidak justru ketakutan terhadap kerodong.

Juga, kalau malam hari perlu dikerodong. Tetapi kalau bisa bangun pagi-pagi, buka segera kerodong dan AM-nya diembun-embunkan.

Moga2 sudah jelas. Kalau belum, bolehlah PM lagi.

Salam,

Duto

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

2 Comments

  1. salam kenal om,, cerita dikit ni
    kemaren q beli trotolan AM, burungnya jinak ga takut kalo ada orang yg mendekat. tapi sampe rumah burungnya jadi liar banget, ada yang lewat aja uda nglabak2 ga karuan apalagi kalo mau di karamba, parah.
    1. apa itu proses adaptasi?? kalo iya kira2 berapa lama?
    2. gimana cara perawatan trotolan om, khususnya untuk kasus yang demikian?
    tenks

  2. allo om, mo tnya soal AM…sy pnya AM waktu sy beli kty br slsai mabung eh trnyata dpt 1 bln bulunya rontok lsg sy full krodong skrg br slsai mabung 1 bln yg lalu udh mlai ngriwik tp suaran’y kecil n blm ngemplong..gmn caran’y om spy AM cepet ngemplong n teler prwtn harian mandi kramba setiap pagi, jangkrik pagi/sore 2/2, buah 2hr sekali.

    Jawab:
    Kalau sudah selesai sebulanan yg lalu, bagus memang dimandikan tiap hari. Sudah betul kok rawatannya. Cacing saja dikasih sepekan 2 kali @ 1 besar atau 2 kecil.

Komentar ditutup.