Psikotes: Umum

Bagaimana menilai potensi seorang karyawan atau calon karyawan? Informasi mengenai potensi sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam berbagai proses manajemen SDM, seperti proses seleksi, perencanaan karir, pelatihan dan pengembangan, serta placement. Dalam proses seleksi misalnya, perusahaan akan dihadapkan pada masalah bagaimana menjaring manusia yang dianggap paling potensial, sehingga dapat memiliki performansi prima dalam lingkungan kerja perusahaan.

Salah satu tahap seleksi calon karyawan adalah pemeriksaan psikologis yang lebih populer dengan sebutan psikotes. Psikotes digunakan untuk memilih orang terbaik dari sekian banyak calon, sesuai kriteria jabatan maupun tugas yang harus dilakukan. Terhadap pekerjaan-pekerjaan tertentu diperlukan kemampuan berpikir konseptual, analitis, atau kemampuan berpikir logis. Hasil tes terhadap kemampuan ini diharapkan ikut menjadi kontribusi terhadap predictor kesuksesan dalam menjalani tugas-tugasnya kelak. Potensi mereka dinilai dan dibandingkan dengan potensi-potensi yang harus dimiliki agar berfungsi efektif dalam posisi tertentu

Selain untuk mengetahui tingkat kecerdasan individu, juga “melihat” aspek psikologis lainnya seperti motivasi kerjanya, bakatnya, keadaan emosionalnya, hubungan dengan orang lain dan sikapnya menghadapi sesuatu hal. Seringkali juga orang menyebut mengetahui tingkat EQ (emotional quotion). Dalam pemeriksaan psikologis digunakan alat-alat ukur (dalam bentuk soal-soal tes) tertentu yang diciptakan oleh para ahli psikologi. Aspek kepribadian juga dipertimbangkan. Jabatan di bidang penjualan membutuhkan tipe kepribadian yang berbeda dengan bagian audit, misalnya.

Agar hasil psikotes Anda prima, ada hal-hal yang mesti disiapkan sebelumnya:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

– Pastikan bahwa Anda telah makan dengan cukup kenyang dan cukup tidur sebelum memulai test.

– Tenang dan jangan panik.

Jawab setiap pertanyaan dengan jawaban yang benar-benar mewakili diri Anda, kejujuran benar-benar dibutuhkan.

– Jangan menjawab asal-asalan atau memilih jawaban yang menurut Anda diharapkan oleh perusahaan.

– Baca dan dengarkan instruktur bagi setiap soal dengan baik. Beberapa soal dalam psikotes tidak diberi batasan waktu sementara yang lainnya harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

– Jika menghadapi kesulitan dalam suatu soal, lanjutkan saja ke soal berikutnya. Soal yang terlewatkan itu dapat Anda kerjakan jika masih ada waktu yang tersisa.

“Gagal” lulus psikotes bukan berarti gagal segala-galanya. Sebenarnya jika dinyatakan tidak lulus berarti Anda tidak memenuhi persyaratan yang seharusnya dimiliki untuk melakukan pekerjaan tertentu menurut ukuran perusahaan tersebut. Namun ukuran setiap perusahaan belum tentu sama. Ini berarti Anda dapat mencoba melamar pada perusahaan lain bukan? Namun kalau berkali-kali gagal melamar untuk satu jenis pekerjaan, kemungkinan besar pekerjaan tersebut tidak cocok untuk Anda. Karena itu sebaiknya untuk mendatang lamarlah jenis pekerjaan yang berbeda

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.