CI, makanan dan stress

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Tanya:

TOLONG….gimana caranya supaya CI saya gak pulih dari stress nya, kejadiannya gara2 mau di mandiin ternyata dari blakang tempat du2k saya seekor kucing udah ngincer dar tiba2 si kucing itu langsung lari mau ngejar CI dalam sangkar n untungnya sempet ketauan n si kucing pegi lari entah kmana

setelah kejadian itu CI jadi diem cman duduk santai sambil bunyi pelang(ngriwik2 aja),gimana penanganan CI kalo kondisi seperti ini yah?

yg sudah saya lakukan, kroto tiap pagi + jangkrik (4 ekor) dan sore jangkrik (4 ekor) dan mlm saya tutup cover, smentara kalo pagi mau ngantor tu2p cover saya buka dan saya gantung kaya biasanya deket sama MB n Knari?

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

mohon bantuan n pencerahan dari master2….(Nanda)

Jawab:

Kalau benar dia jadi begitu karena faktor kucing, maka sebaiknya dia dikarantina sampai “benar-benar lupa sama kucing”. Gantungkan

selalu di tempat di mana tidak ada kucing bisa muncul dan memperlihatkan diri ke CI.

Kalau Anda ke kantor, pastikan daerah burung anda bebas dari penampakan kucing (hiiiiiiiiiii). Nah itu adalah terapi psikisnya.

Untuk terapi fisiknya (biar pengaruh ke piskis) genjot dengan ekstra fooding kesukaan CI tersebut. Dan CI biasanya senang jangkrik. Genjot dengan jangkrik sebanyak dia masih mau. Pisang kepok (putih) jangan lupa. kalau mau, kadang2 diberi apel (yang masir/berpasir) dan/ atau buah per.

Kalau perlu, berikan tambahan minuman anti-stress (meski sebenarnya hanya kumpulan vitamin dan mineral).

Oh iya. Untuk memulihkan benar2 mentalnya, jauhkan dulu dari situasi “head to head” dengan burung lain. (Duto)


Tanya:

Wah trima kasih banyak sarannya om, pisang masih terus di kasih n voor ijo yg anti stress juga saya kasih,klo malem aja atau skalian siang harus di tutup cover sangkarnya? atau cukup di asingkan dari MB n knari yg ada di rumah selain kucing?

Posisi skr saya gantung berdekatan n cman ngriwik2 aja beda sama sebelum ada si kucring liar itu. (Nanda)


Jawab:

Pertimbangkan saja soal covernya itu perlu atau tidak. Hanya saja harus dicatat bahwa kerodong yg agak gelap cenderung bikin CI tertidur. Memang aneh sih CI itu. Gelap sedikit saja langsung tertidur.

Saran saya soal penempatan burung, CI jangan didekatkan dengan MB. Nggak saling ngisi suara bagus, malah saling nyontek suara asli masing2. Padahal, suara asli MB dan CI itu sama2 “nggak laku” di mata juri, otomatis di mata para kicaumania juga begitu. (Duto)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

21 Comments

  1. om, saya mau nanya? saya punya cucak ijo, dua hari yang lalu pada sore hari saya mandiin, kemaren saya lihat kok CI saya lesu, tadi pagi ketahuan sakitnya (Lumpuh/ tidak bisa nenger). om, bagaimana cara menyembuhkannya?

  2. slm om Duto sy dri samarinda sy punya CI bakalan sdh berani bunyi tpi msh agak liar yg sy tanyakan bagai mn cara menjinakkan dan cara menyembuhkan luka di sekitar paruhnya.trim…..atas srannya.

  3. Om Duto, saya baru saja dapat CI udah berumur dalam kondisi mabung tp gacor meskipun pelan, gdn harga 600rb (kemahalan nggak om???). seting jangkrik P/S 5/5, pisang kepok putih. pertanyaan saya….
    1. bagaimana cara memperlakukan CI yang mabung (baik mandi dan membersihkan sangkar)?
    2. bagaimana setting makanannya CI yang mabung?
    3. bagaimana cara memasternya unt CI ?
    4. pada waktu pagi atau malam yang tetap untuk memasternya?
    5. apa boleh CI saya kasih pepaya?

    O ya….saya ngucap terima kasih banyak, atas saran om duto CI saya yang beli bakalan dan ekornya tumbang semua. Sekarang sudah pajang semua, atas saran om duto, walaupun masih lumayan giras jika sangkarnya dipegang.

    Thanx om duto dan mohon jawabannya
    kris

    • Harga enggak kemahalan lah.
      1. Enggak usah dimandi2kan dulu. Bersihkan sangkar, ya burung bisa digiring masuk ke karamba kosongan/tanpa air dulu.
      2. Biasa saja Om, paling ya jangan kebanyakan EFnya.
      3. Baca tulisan2 soal pemasteran, sama saja dengan memaster burung lain.
      4. Idem
      5. Boleh, dan saya anjurkan.

      • Om Duto, selama mabung ini CI saya untuk jangkriknya saya naikan yang normalnya 5/5 jadi 8/8 dan untuk krotonya awalnya seminggu sekali jadi setiap hari. sebab kata orang untuk jenis CI pada waktu mabung jika jangkriknya dibanyakin akan membuat CI menjadi ngentrok.
        apakah tidak berlebihan pemberian EF yang saya berikan ke CI?

        thanx sudah mau menjawab

          • waduh, gitu ya om tp udah terlambat. skrng CI saya selesai mabungnya. tinggal memulihkan kondisi saja dan tinggal nunggu bulu ekor sempurna.
            tp keliatannya malah jarang ngoceh waktu kerobong dibuka? apa emang seperti itu om dan kalo ngoceh lebih banyk ngriwik. tp kalo kerobong di tutup lagi gacor lagi dgn semi2 ngrewik. bagaimana supaya gacor lagi, EF-nya saya kembalikan normalnya 5/5.

            thanx
            kris

  4. waduh…..salah dari awal ya om…. namanya juga gak ngerti.

    tp saya terima kasih buuuaaanyak atas masukan dan saranya, akan saya terapkan kalo ada perkembangannya akan saya kabari ulang.

    sekali lagi matur nuwun sanget om duto.

    salam
    kris

  5. Om Duto, maaf kalo boleh saya mau nanya lagi.

    saya punya Cucak Ijo, waktu beli bakalan ekornya tumbuh gak komplit, cuman ada 3 helai. saya beli CI karena mental tarung-nya yang ok.
    kemudian udah seminggu di rumah ekor yang hanya 3 helai itu patah waktu mandiin, akhirnya saya cabut sekali waktu mandiin.
    dan gak lama ekornya udah tumbuh kecil2 tp karena selalu bertingkah waktu di mandiin, ekor yang baru tumbuh itu berangsur-angsur tumbang dan sekarang belum tumbuh ekor baru lagi.
    pertanyaan saya :
    1. apakah CI saya ini termasuk “ciak ekor” alias “nabrak ekor”?
    2. bagaimana treatmen agar bulu ekornya cepat tumbuh lagi dan tidak mudah lepas lagi?
    3. EF apa agar bulunya cepat tumbuh dan kuat?

    sebagai gambaran saja, CI saya giras pd waktu di mandiin dan waktu tangan saya masukkan ke sangkar untuk mengganti air minum dan makannyan
    tp kalo udah di gantang di halaman rumah selalu gacor, meskipun banyak lalu lalang orang.

    terima kasih banyak om duta
    saya tunggu tanggapannya.
    salam
    kris

    • Om Kris
      Soal CI, ya itu risiko membeli burung dengan kondisi tidak utuh. Kita tidak tahu apakah itu memang karakter burung yang suka nabrak2 sangkar atau sekadar mbodol biasa.
      Kalaupun selalu bodol, namanya bukan ciak bulu. Ciak bulu itu burung selalu mematuk bulu sendiri. Biasanya karena stress. Untuk Ci punya Om, ya karakternya saja yang suka “ngruji sangkar”. Untuk mengatasinya, perlakukan sepetti burung mabung saja. Kalau memang mau memandikan atau ganti pakan.minum ya pakai pakai karamba sehingga kita tenang ketika membersihkan sangkar atau ganti pakan/minum.
      Sebenarnya meski patah, jangan dicabut dulu menunggu yang belum tumbuh itu tumbuh dulu sampai panjang. Tujuannya, bulu tua yang patah bisa melindungi bulu muda kalau nabrak2 sangkar. Bulu muda tidak langsung bergeseran dengan sangkar.
      Ya sudah, jangan pernah langsung dimandikan di sangkar (dikaramba saja) dan juga dikaramba dulu kalau mau ganti pakan/minum. Tunggu bulu tumbuh dan kencang.
      Untuk EF ditambahi asinan di pakannya. Bisa dibelikan grid atau bikin bubukan totok/tulang cumi. Tabur sedikit di pisang atau voer selama memberi pakan dalam waktu sepekan ini.

  6. ASS,WR.WB Om bagaimana meningkatkan power sura cucak hijau?apa disore hari disaat cuaca gerimis saya bolah memandikan cucak hijau saya?trims atas saran dan infonya

    Jawab:
    WsWW…
    Burung pas mau mandi atau tidak kelihatan dari perilakunya. kalau dia mulai menata bulu kemudian ngibas2kan bulu… itu tandanya dia mau mandi. Kalau dalam kondisi gerimis dia membersihkan dan menata bulu (bahasa jawanya dhidhis) maka dia tetap mau mandi dan suka. kalau dalam kondisi itu dia cuma nyekukruk kedinginan, jangan dimandikan..
    Untuk meningkatkan power, ya jemur yang cukup (tetapi CI kurang suka kepanasan) dan yang penting tubuhnya nggak kegemukan biasanya powernya keluar…

Komentar ditutup.