Apa itu cucak ijo super?

Tanya:

Gmn sih yang disebut cucak ijo super..trus ciri2nya gmn? warnanya gmn? kok ada yang jual C. Ijo super…. atas penjelasan rekan2 KM matur nuwun….( Ali Hendro)

Jawab:

Hehehe….

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Itu tergantung yang punya Pak.

Mau nyebut CI super atau top, atau topmarkotop dsb, ya suka2 saja. Sebab, CI selama ini kan penyebutannya berdasarkan asalnya, misalnya CI jember/banyuwangi, CI sumatera, CI blora dsb.

Kalau penyebutan super, biasanya menunjuk pada jenis CI yang bodynya bongsor, umumnya dari daerah Banyuwangi/Jember. Umumnya, CI tubuh besar suaranya kebanyakan ngebas dan jarang mengeluarkan suara isian yang melengking2 (cililin atau jangkrik, misalnya). CI bongsor, misalnya, mudah menirukan suara aseli MB, CR dsb. (Duto)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

31 Comments

  1. Om, type fight CI saya nembak2, tetapi tdk ngentrok.isian komplit. tetapi kenapa suka tdk diperhitungkan ama Juri, terus pakem yg pasti itu kira2 seperti apa?. dilihat gayanya atau volume dan suaranya………tlg om jelasin Tq

    • Bisa atau tidak kan tergantung kondisi lawan juga Om. Kalau lawan lebih ngentrok dan ngerol dengan isian lebih variatif apalagi juga jambul ya tentu kalah. Secara umum, njambul bukan variabel utama dalam penilaian CI.

  2. ci saya maunya makan pisang aja, jangkrik gakmau dimakan… gimana om?
    apa benar ci badan besar/kecil tidak masalah… yg penting bunyinya?
    mtrnwn

  3. numpang tanyak om…
    Q pnya CI super alas purwo.suara ok trutama Bass. stiap kontes CI krng bagus mentalnya n kurang ngotot tarungnya,lo aq kerudung n disejajarkan dengan CI peserta yg lain orang2 pada heran ma CI saya(orang bilang suara CI saya nangis n keras bangt).untuk mangatasi mslh tsb pa solusinya biar krj ngotot lo kontesss?
    t4ks om

  4. salam bos duto
    berkunjung lagi nih….
    sy punya 2 CI, ke-2 nya dah bunyi rajin, yg ingin sy tanyakan;
    1. Apakah ke2-nya boleh dalam satu ruangan dalam perwatan hariannya?
    2. Ketika di latber kan (blm berani lomba) keduanya malah ngak kerja, padahal perawatan harian sy sesuaikan dengan karakternya (stlh byk membaca referensi-nya om duto), tapi kalo keduanya di adu sama2 ngentrok, bgmn tips mengangkat performa-nya terutama mental om ?
    3. Apakah pemberian jangkrik ke CI tanpa batas direkomendasikan, karena CI yg satu doyan sekali jangkrik, tp tidak gemuk?

    • 1. Jangan dijadikan satu ruangan. Pisah saja.
      2, Biasanya takutnya bukan kepada burung lain tetapi pada keramaian penonton. Biasakan digantang di dekat lalu lalang orang Om.
      3. Untuk burung yang rajin bunyi dan mandi enggak akan membuat gemuk Om.

  5. Maaf Om,mau tanya ciri burung anis merah yang cacingan bagaimana. Dan anis merah saya yang habis ganti bulu trotol kok sekarang nggak mau makan jangkrik gimana ini om

    Jawab:
    Ayo dong Om pertanyaan dilayangkan ke <a href="https://omkicau.com” target=”_blank”>omkicau.com ya. Saya tunggu.
    Salam…

  6. met pagi & lam kenal om.. sy py 2 CI kondsi drmh yg satu gacor..cor yg satu byk diem. 2mgg skali sy latih,rwtan tidak sy bedakan keduanya sama EF jangkrik p5/s5,buah pisang,kroto 2xsmgg (rabu&sabtu). pertanyaannya gmn agar CI yg dirumah gacor..cor dilapangan jg gacor..cor..dan kenapa ya om justru yg dirmh banyak diemnya dilap.bisa nampil bagus? đź’ˇ

    Jawab:
    Itu sudah menyangkut karakter Om. Ada yang suka ribut kalau sendirian dan ada yang mau teriak2 kalau bersama dengan burung lain.
    Menurut saya, dari rawatan yang Om sampaikan, porsi jangkrik bisa ditambah Om. CI bagus kalau mau makan jangkrik banyak. Bisa ngentrok dan njambul mainnya.

  7. Malam om, sy punya sepasang ci, yg mo ditanya
    1.kapan ci btelur terhitung stlh trjadi perkawinanya
    2.obat merk apa agar mempercepat proses perkawinan ci
    3.mana yg lbh bgs antara ci kepala (topi) kuning dg ci kepala polos
    4.trimakasih byk om

    Jawab:
    Untuk komentar dan pertanyan dari Om dan Tante dengan ID = aryoudha, triofabianto, galang, MDz, Inay, kemal, Ridwan, FAHMI, Hamdi, choung yang, Anang, MARDI, Ken Arok, firmansyah, indra, safrudinplncikupa, buto, galang, processed69., sudah saya masukkan dan jawab di link ini: https://omkicau.com/about/curhat/. Dikopi saja link itu dan paste-kan di browser. Kemudian "enter". Terima kasih.

  8. Kata pemilik lama, ci nya g prnh dikasih voer. Katanya jg ci di lomba2 jg g dikasih voer. Sy blm lama plihara burung dan blm prnh liat lomba burung jd sy hny bisa bilang o gtu ya.. Tp kmrn sy sdh trlanjur ajarin dg menempel voer pd pisang.
    Apa sy hrs hentikan ajarin makan voernya? Kalo ttp dikasih voer apa akan smakin lama ci tsb bisa bunyi lg krn brubah pola prawatanya? Makasih bngt atas sarannya..

    Jawab
    Nggak benar tuh kalau dipukul rata CI lomba nggak pakai voer. Pemberian voer penting untuk kelengkapan nutrisi dan juga memudahkan kita "nyetel" EFnya. Lanjutkan saja ngevoer-nya.

  9. Slm knl om, sy baruan beli ci 2 hari lalu katanya sdh bunyi meski blm gacor, nyatanya mpe rmh g mau bunyi. Bulu ada yg rontok dikit2, baiknya difull krodong g ya? Trims sblmnya..

    JawaB;
    Masih stress Om, penyesuaian tempat baru. Bulu jatuh untuk CI biasa. Kalau hanya sedikit2 itu sedang nyulam, nggak perlu ditreatmen mabung. Rawat biasa saja (tanyakan ke pemilik lama mengenai rawatannya waktu dulu).

  10. Om pa ada yg ternak ci di mana ya+

    Jawab:
    Karena dianggap kurang komersial, CI belum banyak ditangkar. Sayang ya.
    Dulu Mas Samino Lontang BF Solo pernah menangkarkannya dan berhasil beranak. Tetapi kemudian tidak dilanjutkan karena dianggap "tidak ekonomis"….

  11. Ass,wr,wb Om CI saya kemarin saya coba dengan CI temenku tp cmn berdua,eh….CI saya diam membisu padahal saya latih dengan cermin Ci saya suaranya meledak-ledak,umur CI saya jg gk terlalu tua dari trotolan udah mabung 2 kali.Om apa yang harus saya lakukan agar CI saya berani tempur karena saya lihat dari suaranya power dan isian masternya sudah bagus?perlu om ketahui untuk setelan harian jangkrik pagi 5 sore 5 dan pisang kepok putih juga mandi setiap pagi,trim atas sarannya.

    Jawab:
    Waduh suara CInya meledak-ledak kayak bledek ya Om heheheh, sayang membuat hati meledak juga karena nggak mau tarung ketika ketemu lawan ya…
    Nggak apa-apa Om, terus dibiasakan latih. Dua kali mabung kan berarti sekitar 1,5 tahun masih kurang.
    Itu bukan dari pakan atau EFnya. Kurang latihan saja dan biasakan digantang di tempat ramai untuk menambah mental.

  12. Ass,Wr,Wb om apa boleh memandikan CI di malam hari?dampaknya apa aja?trims

    Jawab:
    Kalau terbiasa nggak apa-apa. Kalau memang bisa kita malam, ya nggak apa malam. Kalau kita bisa pagi, sebaiknya pagi. Pilih mana, yang Om bisa konsisten, karena konsistensi dalam perawatan adalah kunci utama perawatan burung. Jangan kadang pagi kadang malam. Soalnya kalau begitu, nanti burung Om kadang bunyi… kadang macet…hehehe.

  13. Ci nya bkicau trus suaranya dn lmyn lama! Tp pas liat orang dia slalu berhenti bkicau? Ada saran ga om? Ci ini sy beli diaceh dn bulu lehernya disekitar bwh tenggorokn warna hitam
    BerWarna hijau kekuningan, brarti ci nya tmasuk tipe ci apa?
    Trmksh sblmnya

    Jawab:
    Untuk bikin gacor setiap saat ya tunggu waktu saja sambil dilatih untuk tidak takut orang. Letakkan di dekat lalu lalang orang di rumah.
    Untuk jenis yang ada semburat warna kuning, itu biasanya disebut sebagai CI sumatera begitu saja. Lain dengan CI jember dan jawa pada umumnya yang tidak terlihat sekali warna semburat kuningnya (bahkan ada yang nggak terlihat lagi kilau kuningnya.

  14. Malem om…ngerepotin lagi nih
    Saya punya CI gacor isian tembakan variasi, kenapa yah om kalau saya trek pada awalnya nancep..cep dan langsung ngeluarin tembakan tapi interval waktu setelah 10menitan koq jadi naik turun tangkringan sambil bunyi sekali-sekali gak seperti di awal yang terus ngisi????
    Rawatan harian jangkrik 3/3, uh 2/hr,mandi 1x/hr….waktu mau saya trek tidak saya ubah setelannya..
    mohon pencerahannya om….

    Jawab:
    Stamina kurang terjaga atau bisa juga memang CInya "nakal". Perbanyak jangkriknya (secara bertahap dengan selalu diamati perkembangannya). Bisa ditambah jadi 5/5. Bersihkan betul sisa pakan (clepretan pisang dsb) ketika mau digantang. Juga, masa kerodong/istirahat pra lomba perlu ditambah. Kalau misalnya biasanya adalah sehari sebelum lomba baru dikerodong, ubah jadi dua atau tiga hari sebelum lomba sudah dikerodong full untuk menjaga stamina ketika dia ditrek nanti.
    Juga perlu diperhatkan, kalau sampai di arena lomba, CI diasingkan dulu dari suara CI atau burung lain. Baru 5 menitan sebelum session CI dimulai kerodong dibuka dan dipersiapkan untuk digantangkan.

  15. Om kenapa CI sy slalu glabakan pd saat sy dekati, sampe2 bersihin sangkarny nunggu ci tidur dulu, om ada solusiny? dn bila CIny dimandikan seminggu sekali baik ga tuk kesehatany? Sbb kl tiap hari sayang mukany srg nabrak sangkar ampe bdarah+ekor bs ancur.

    Jawab:

    Kalau burung Om nggak pernah dijinakkan, ya akan selamanya begitu. Bikin repot. Nah karenanya perlu dijinakkan. Agak repot dan menjadikan burung luka-luka. Tetapi nggak apa-apa. Coba baca tipsnya, bisa diklik di sini.

  16. bgm dengan cucak hijau yg gayanya seperti cucak ranti, rajin ngerol tapi tdk ngentrok.apakah msk dlm kategori di arena lomba, minta pendapatnya mas.

    Jawab:
    Kalau punya lagu ngerol, apalagi volume kencang, tetap bisa masuk hitungan di lomba Om…

  17. om, saya punya saya kok polah terus ya kalau di adu ….padahal porsi makan sudah saya kurangi.,.,

    Jawab:
    Lho kok dikurangi bagaimana? Memang, yang penting dalam pemberian pakan adalah jangan sampai kekenyangan. Cuma dalam kasus CI, barangkali asupan ekstra foodingnya yang kurang. Coba jangkriknya ditambah porsinya.

  18. om aku seorang pemula burung kicauan, punya burung aja baru kali ini.
    om. ak pengin beli burung yg bunyi nya enak perawatan nya mudah terus punya dua aja udah rame mohon masukan ya burung apa & apa ?"
    sebenernya ak dirumah udh ada ci tapi kalo temenya seperti di sebutin di atas ak ga suka, masalah nya bunyinya monoton
    terus minta solusi nya ya om,, thnxs

    Jawab:
    Kalau mau sedikit bising, bisa cari jalak suren. Mudah perawatannya.
    Kalau mau sedikit nglaras, yang juga mudah perawatannya, ya cari kenari.
    Mudah perawatan, tetapi bisa suara variatif, ya branjangan.
    Secara keseluruhan, biar tidak stres justru karena burung, silakan baca dulu tulisan saya tentang "cegah hobi burung menjadi belenggu".

    Salam,
    Duto Solo

  19. Makasih yah Om ,,, atas masukanya tentunya sangat bermanfaat bagi saya. o. ya om ci jika dikasih temen burung ocehan baguse ap? sama kacer cocok pa ga? biar bunyinya bisa saur-sauran. kan rame heeee. ,,,,. Tapi juga ga ngurangi saat tarung. kalo masteran ak sh pake kaset aja biar ga kebanyaken burung di rumah. thnxs sebelumnya.

    Jawab:

    CI (cucak ijo) nggak pas ditempel kacer, sebab kedua-duanya burung yang perlu dimaster (diisi suara burung lain) misalnya ciblek, jalak suren, LB, cucak jenggot, cililin dsb.
    Kalau mau pengin sederhana dan efektif, pakai masteran kaset suarat ciblek, LB dll itu atau menggunakan sonic master.
    Begitu Om…
    Salam,
    Duto Solo

  20. OM. AKU PENGIN BURUNG CUCAK IJO (CI)
    CIRI CIRI BURUNG CI YG BAGUS GIMANA , TRUS YG ASALNYA DARI MANA .
    APA SEMUA BURUNG CI. PADA SAYAP NYA ADA BULU YG WARNANYA KAYA PELANGI APA JENIS TERTENTU TOK?
    BILA CI SERING TURUN KEBAWAH KANDANG, ITU PENYEBABNYA APA & BISA DISEMBUHKAN PA GA? CARA PENYEMBUHANYA GI MANA ?
    MOHON PENJELASAN NYA, THNKS

    Jawab:

    Untuk pertanyaan dan jawaban, saya pindah di tulisan tersendiri. Untuk menemukannya, ketik "cucak ijo" di kotak pencarian… dus ketemu dah. Salam.
    Duto Solo

  21. Coba berikan EF (extrafooding) yang banyak. EF yang bagus untuk CI ya jangkrik. Untuk memberikan jangkrik ke CI memang gampang2 susah karena biasanya kalau diberi langsung 4-5 ekor misalnya, hanya akan dimakan 1 atau 2 ekor saja sementara yang lainnya dibuang (diecer2).
    Nah untuk itu perlu ada kesabaran. Coba berikan satu per satu. Pertama, beri satu jangkrik yang sudah dihilangkan kaki2nya. Tunggu sampai dimakan habis. Setelah itu, sodorkan jangkrik kedua dan begitu seterusnya. Berikan sampai CI benar2 sudah tidak mau makan.
    tambahan, kadang ada CI yang nggak mau diberi jangkrik yang masih ada kepalanya. Oleh karena itu, berikan jangkrik dengan cara di atas tetapi hilangkan bagian kepalanya.
    Untuk diskusi lebih lanjut, silakan gabung dengan saya di http://www.kicaumania.or.id.
    Salam,
    Duto

  22. TANYA:

    gmn sih caranya supaya CI bisa receh & bunyi terus (jueh) Masalahnya CI saya kurang receh le bunyi.respnya gmn,trs kasih makan apa??

Komentar ditutup.