Umpan Ikan Mas/Tombro di Empang Bersirkulasi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Untuk para penghobi mancing, ini ada resep umpan mancing tombro atau ikan mas di empang/kolam bersirkulasi. Ini adalah tulisan kiriman kawan kita, Anas  (Jakarta).

Umpan pagi :

1. Ikan mujaer 3 jari, 4 – 5 ekor

2. Tepung sagu 1,5 sdm (sendok makan)

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

3. Tepung ketan 3 sdm

4. 1 sdm susu dencow bubuk

5. Putih telor bebek 2 biji

6. Susu beruang kira kira 3 sdm (secukupnya).

7. Pandan secukupnya (ambil yg agak ujung, jangan terlalu pangkal)

8. Kroto 1 – 2 ons yang bagus (tidak bau). jika bau rendam dengan air panas sebentar lalu tiriskan.

Cara membuat:

1. Kukus ikan mujaer sampai empuk, kemudian ambil dagingnya saja (yg putih), duri jgn sampai ikut. kemudian haluskan.

2. Stlh halus campur semua adonan di atas hingga yakin merata, kecuali kroto dan pandan.(utk kroto selera, bisa di kukus lgsg atau bisa nanti dicocolkan pada waktu mancing.

3. Kemudian masukan pandan, kukus hingga bau wangi dari pandan keluar. kira2 40 menit, kemudian dinginkan. setelah itu umpan bisa d coba terutama pagi hari.

NB : untuk memasang umpan ini, tangan harus sedikit dibasahi, karena sangat lengket.

Umpan Siang:

1. Sarden tuna (DECHO)1 kaleng

2. Kinoy kristal 1 bungkus

3. Kinoy susu 1/2 bungkus

4. Katu lampak 1/2 bungkus

5. Super tombro warna kuning 1 bungkus

6. Susu dencow bubuk 1/2 sachet ( bungkus yg kecil)

7. 2 butir telor bebek kuningnya saja

8. Pandan

9. Kroto

10. 2 sdm tepung sagu ( fungsinya hanya untuk perekat umpan agar tidak hancur), tidak diberi tidak apa-apa.

Cara Membuat:

1. masukan sarden tuna (DECHO) ke dalam blender berikut minyaknya yg ada dlm kaleng tsb, masukan 2 butir kuning telor bebek ke dalam blender jg, kemudian haluskan dengan blender.

2. masukan item no 2 sampai 5 dan 10 di tempat lain yg kering, aduk hingga rata. kemudian masukan adonan sarden tuna DECHO dan kuning telor bebek yg telah di blender ke dalam adonan item no 2 sampai 5 dan 10, aduk hingga yakin merata. kemudian masukan pandan dan di kukus sampai wangi kira2 40 menit.

untuk kroto bisa dikukus langsung atau dicocolkan pada waktu mancing.

NB : usahakan lemparan pada waktu memancing hanya satu atau dua titik lemparan saja agar ikan bisa berkumpul, mudah2an yaa…amiien…

Selamat mencoba, tak doain mudah2an dapat banyak hik..hik..

Salam,

Anas

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

64 Comments

  1. salam kenal semua saya domino,arek suroboyo.ikan mas ada dua jenis hitam majalaya dan tombro merah,karakter keduanya berbeda,sy akan berbagi resep tp berupa essence.

    1.10 ml tenggiri sp
    2.10 ml tuna sp
    3.10 ml choya
    4. 15 ml jagung bakar
    5.5 ml exctrac vanila
    6. 10 ml butter cookies
    7.10 ml diva melon / blewah
    8. 10 ml milk oil / pasta

    semua bahan di campur dalal 1 botol,sering sering di kocok.saran sy bahan tersebut siap di gunakan setelah berumur 7 hari.gunakan untuk campuran pelet apapun merknya asal netral tidak harum ataupun amis.100 gr pelet di lumatkan setelah kalis tambahkan 7 tetes essence campuran diatas dan lumatkan sampai benar benar tercampur,pelet siap di gunakan jgn lupa lapisi dengan pelet bom sewaktu memancing,selamat mencoba.sy sdh berkali kali juara di beberapa daerah di jawa.tks

  2. ne ad umpan yg lbih mantap,mrah gampang jitu..
    1.kroto putih 1ons
    2.tpung ketan 1sdm
    3.tpung bras biasa 2sdm
    4.susu dancow 1sdm(law ad yg rasa vanila
    5.tango rasa vanila 3 ptng(dparut)
    6.putih telor 1 btir
    cra membuat
    aduk smua bhan diatas,trus msukkan dalam plastik lalu dkukus.
    Umpn ini sgat jitu..tpi ad st hal yg kt hrus ingat,smua trgantung pd rjeki msing”

  3. salam kenal,mas aku mau tanya kalo u/ umpan harian di empang airnya coklat bersirkulasi yang bagus umpan kukus atau umpan jadi ? kalo bisa mohon penjelasan. teima kasih

  4. kalo boleh saya minta resep umpan wangi amis yang paling jitu dong mas ? soalnya saya sering mancing di empang air payaw/ sekelilingnya pohon mangrove. terima kasih atau ada resep yang lainnya ?

    • coba resep patin yg ini mungkin cocok di daerah kalian : neh asli suroboyoan

      1. 1bks roti sisir (di parut)
      2. 1balok keju (diparut)
      3. pisang raja secukupnya
      4.2sdt aroma durian
      5. pelet bandul secukupnya
      6. bila perlu tambahkan pelet udang lumut secukupnya buat aroma amis
      6. dancow vanila sesuai kebutuhan

      campur semua bahan tersebut hingga mengepal (gak terlalu basah ato kering ) biar lengket di kail…
      nb : air hangat dibutuhkan untuk mengukur mengepal tdknya umpan…

      selamat mencoba….klo gak dpat patin paling paling jelek dpat ikan nila hahahahahahah cuma usul aja yg diatas…slama ini aq pakai umpan itu cukup ampuh

  5. baru beberapa kali mancing eh malah ketagihan, mendadak beli segala peralatan mancing tapi saya belom tahu resep umpan yang jitu buat di bandung. tolong minta resep umpan jitu yg cocok buat bandung selain resep diatas donk. thank’s

  6. Lam kenal,
    bisa dicoba umpan untk daerah dingin sprti tasik
    Bahan:
    1. Ikan mujair 3 jari (1 ekor)
    2. Pindang bandeng 1 ekor
    3. Kinoy susu 1 bkr
    4. Telur bbk 1 btr kuningnya
    5. Kroto 1/2 ons
    cara membuat:
    kukus ikan mujair ambil daging putihnya, ikan bandeng ambil daging bagian atasnya saja, campur dengan bahan lainnya dan bungkus dgn daun pisang
    kukus selama 10 menit.
    Umpan siap dipakai.
    Selamat mencoba!

  7. Mas Ikan Patin Umpanya Apa Yg Paling Ampuh Tapi Simple…??
    Nanti Klo Aq Dapet Yg Gede Aq Transfer Deh Mas Ikanya……….
    Itung ² Ongkos Infonya Mas…..
    THX…..

      • asalam,, oom q tadi bis ikut galatama,, ya lumayan sih dapt nya ba2k 1 n ke 2,, pi q heran nya klo mancing harian,, kurang hoki npa ya om,, padahl umpan sama,,

        • pancingnya dikasi INTAN yang kecil dan masih mentah ( seujung beras )digagangnya tutup dgn plester atau semacamnya ( RAHASIA ),hati2 kalo ujan ada petir biasanya ikut2an nyambar lho! mendingan istrahat aja jauhkan dari badan. OK slamat mencoba.
          BORNEO FISHER 2011

  8. Mas.. Mau tanya saya hobi mancing di sungai, di sungai ini kebanyakan ikan penguhuni air deras semacam AMPAL, sejauh ini saya belum tau umpan yg. Jitu untuk ikan ini kira2 apa ya?

    • Ikan ampal atau hampala biasanya dengan umpan ikan kecil hidup. Bisa juga dengan dipancing model casting dengan umpan2an buatan pabrikan menyerupai udang, ikan kecil atau serangga.

    • ikan ampal biasanya senang ama cacing merah ( ccng pisang ) atau bisa udang sungai yang kecil2, kalo yang gede ( ampal ) casting aja pake umpan buatan yang warna perak uk sedang ( sebesar kelingking orang dewasa ), caranya popping katrol sungai.

  9. ass.. mas saya dari padang, apa resep umpan ikan mas untuk macing di kolam malam hariya…? kebetulan saya baru kena penyakit gila mancingni… tapi bolok terusni…. makasihya…

  10. Mas anas.saya dari cikampek.umpan pagi yang dipake sama dgn yg saya pake.mau tanya apa umpan dasar yg paling yahut buat sgala cuaca dan sgala waktu. Salam dari cikampek haryono.

  11. mau tanya nih om…?mancing ikan mas di empang/balong yang baru kira-kira umpannya apa ya? sementara warna airnya terkadang kuning dan terkadang hijau.

  12. oh ya mas jose, kalo d jakarta namanya mujaer batu banyak terdapat di tambak sekitar muara gembong. biasanya saya pake udang, itu jg bgus kok sampai gak sempet ngrokok..he..he..

    salam

    Jawab:
    Hehehe, ya kan rokok sekarang diharamkan sama MUI heheheh. Puzing deh kalau mancing kok nggak… ….kok, ya….

    • salam kenal, mas anas saya sakti dr jakarta, mo tny umpan yang jitu buat harian nih. di empang air coklat bersirkulasi. daerah kali malang bekasi. tolong penjelasan. terima kasih.

  13. pake lumut itu ikan nila, yang warnanya agak abu2 mirip mujaer juga tapi agak gendut, dan bisa gede saya pernah dapat sampe 7 ons. Tapi kalo mujaer ireng harus pake cacing dan kail harus di tarik-tarik pelan. Cuman ikan mujaer ini paling besar paling 1 telapak tangan orang dewasa. Tapi kalau sudah musimnya satu hari bisa dapat 10 Kg dengan modal Rp. 10.000 memancing ditambak bandeng kalang anyar sidoarjo.

    Jawab:
    Kapan saya main Suroboyo, diajak mancing sana ya?
    Salam.

  14. kalau gue suka mancing mujair, umpannya tidak rumit. cukup dikasih cacing udah doyan.

    Jawab:
    Kapan nanti saya mau mancing ke Gresik, Om. Di daerah dekat dengan PLTU, tempat kawan main burung berkantor. Banyak ikan gedhe-gedhe katanya.

  15. Info MAncing Jogja mas Duto, & MAs Anas, itu link blog pemacing jogja, blognya keren info mancingnya handal… silahkan klik aja…

    makasih

    Jawab:
    Terima kasih….
    Sorry masuknya pesan Om Klowor ke SPAM jadinya agak telat terpantau.

  16. Wah burungnya itu low imut imut , masa ada burung yang ga punya kepala…Iihhh..Imuuttt..

    Hihiihi Salam IFB Maz Duto…(^_^)

    Jawab:
    Imut seperti yang punya blog, wecks hwehehehehehe….
    Trims telah berkunjung.
    Salam,
    Duto Solo

  17. ya setuju saya,

    kalo mas klowor ada resep mancing d laut bagi tipsnya dong..

    saya pengen bgt mancing d laut nih tp blm kesampaian , kalo d jakarta di pulau seribu, pulau burung dll om.

    katanya banyak kakap sama giant travelly alias ikan KUE, perlawananya hebat katanya om..

    salam,

    anas

  18. Saya Jogja mas… kalau saya mancing biasa di Pantai Samas, Trisik, Pandan simo… minggu depan mungkin mau coba pantai di Gunung kidul… survei lokasi dulu… masalahnya kalau gunung kidul yang bagus emang pantai Wedi Ombo ama Sadeng cuman jauhnya itu lho…

    oh iya kalau Wates bukan Wedi Ombo wedi obo itu pantai… tapi waduk sermo.. belum pernah mancing di sana sih…

    kapan2 mancing bareng ya…

    Jawab:
    Weh iya, ralat… Maksudnya Wonosari/Gungung Kidul, heheheh.
    Wah kalau mancing pasiran, saya nggak punya alatnya nih karena memang jarang mancing dengan orientasi pasiran. Kalau di daerah sana, paling ya senengnya mancing belanak. Tetapi saya nggak pengalaman mancing belanak. Umpan dan ubarampenya nggak mudeng.
    Mbok tolong bosa kalau ada tulisan soal mancing pasiran, kirim ke sini ya. Apalagi kalau pengalaman Om Klowor, pasti asyik.
    Ditunggu ya.
    Salam,
    Duto Solo

  19. sip deh… cuman aku nggak begitu hobi mancing di kolam kurang menantang… mending di POLDA (Pol Daratan) alias pesisir…

    Jawab:
    Emang ente asli mana Om? Saya juga seneng mancing di daerah pesisir, entah utara atau selatan. Kalau utara paling seputara Batang (Celong) ke timur (Semarang/pelabuhan/ dam; Bonang/Demak; Bokor/Rembang). Kalau selatan ya paling Watu Karung dan Srau (Pacitan) atau Wedi Ombo (Wates). Paling sayab suka ya mancing di dam. Tempatnya asyik meski sekarang sudah nggak banyak ikannya lagi.
    Salam,
    Duto Solo

Komentar ditutup.