Jika burung susah buang kotoran

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Seringkali kita menjumpai burung yang susah membuang kotoran. Tandanya, ketika buang kotoran, burung merendahkan tubuh dan berjingkat-jingkat, ekor dan seluruh badan bagian belakang naik turun.

Burung yang sudah buang kotoran bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi dia terkena berak darah, berak kapur atau sekadar susah buang kotoran karena ada kotoran yang lengket ke bulu di bagian dubur.

Untuk menghindari burung susah buang kotoran maka perlu diketahui dulu penyebabnya.

1. Berak darah:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Gejala: Burung lesu, kusut, sayap jatuh, mata tertutup, mencret dan tinja encer. Pada kondisi sudah akut, beraknya akan terlihat merah atau hitam karena tercampur darah. Burung yang terserang berak darah, enggan bertengger di tangkringan dan lebih senang mendekam di dasar sangkar.

Pengobatan: Karena burung berak darah disebabkan terluka di bagian usus atau bagian pencernaan lainnya, maka kurangi porsi pakan dan berikan makanan yang lunak-lunak. Berikan kemudian obat antibiotik (tanyakan di toko pakan burung atau petshop, antibiotik khusus untuk burung sakit pada pencernaan) kemudian bisa diberikan BirdVit atau vitamin burung lain.

2. Berak kapur:

Gejala: Kotoran encer berwarna putih, dubur terlihat putih dan kotor, burung lesu, warna bulu kusam, sayap terkulai, dan nafsu makan berkurang. Burung juga terlihat ngantuk dan bulu mengembang kedinginan.

Pengobatan: Berikan obat untuk burung yang mengandung sulfur (banyak terdapat di kios pakan burung atau petshop dan poultry shop).

Jika Anda tidak yakin penyebab burung susah buang kotoran, maka pastikan saja bahwa Anda cuci bagian dubur burung sampai bersih sehingga tidak ada kotoran yang menempel.

Setelah itu, Anda bisa membantunya untuk “melubangi” dubur yang biasanya tertutup atau tersumbat kotoran yang sudah mengental atau mengering. Caranya, masukkan cotton bud yang diolesi minyak kelapa (agar licin) ke dubur burung sampai kita yakin dubur tidak tersumbat. Bisa juga Anda menggunakan sabun untuk menggantikan fungsi minyak kelapa. Tetapi gunakan sabun mandi dan bukan sabun yang mengandung detergent.

Dan yang penting lagi, sebelum semua penyakit itu datang, Anda pastikan burung selalu fit sehingga tidak mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh kuat. Gunakan saja produk unggulan Om Kicau ya hehehe.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. salam kicau om duto
    saya punya anakan kenari gejala nya mirip sm artikel yg diatas tp saya blm menyimpulkan termasuk kedalam penyakit yg mana,berak darah ato berak kapur. . klo pk obat yg berbentuk kapsul gmana y cara pemakaiannnya?apakah burung dipegang dan dipaksa dikucuri tu bubuk atau dicampur ke air minum?soalnya cara pemakaiannya g ada disuruh dicampur dengan air gt?

    • Kalau obat bentuk kaplet atau tablet digerus dulu dan diberi air sedikit. Setelah itu dimasukkan ke paruh burung. Kalau dalam bentuk kapsul bisa dibuka dulu dan baru dimasukkan dengan ditetesi air dulu Om.
      Hati-hati memegang burung sakit, jangan sampai tertejan di dadanya, gampang membuat burung sesak nafas dan malah tewas sebelum obatnya bekerja.
      Begitu Om.

Komentar ditutup.