Burung-burung aneh, ada yang bau kotoran ada yang bersuara katak

Cari Artikel Berdasar Kategori

Helmeted Hornbill atau Enggang Gading (kepala dan paruh besar)
Helmeted Hornbill atau Enggang Gading (kepala dan paruh besar)

Dunia memang penuh warna. Demikian pula dengan dunia burung. Di antara sekian ribu spesies burung yang ada di dunia ini, banyak sekali di antara mereka yang memiliki berbagai keanehan. Baik itu pada warna bulu, bentuk tubuhnya maupun cara mereka terbang, suaranya dan sebagainya. Berikut ini beberapa burung aneh dunia:

KLIK GAMBAR UNTUK MELIHAT TAMPILAN BESAR

1. Resplendent Quetzal (kepalanya “tertelan bola”)

Burung resplendent quetzal bisa ditemukan di Meksiko dan bagian barat Panama. Panjang burung ini sekitar 36 cm, ditambah 64 cm bagian ekor pada burung jantan. Bobot burung ini sekitar 2,1 kg. Burung ini merupakan yang terbesar di Ordo Trogon. Mereka memiliki apa yang terlihat sebagai bola yang sedang mengisap kepala mereka. Burung resplendent quetzal ini juga ditemukan dalam beraneka warna pada bulunya. Burng pemakan buah dan serangga ini memiliki suara yang terdengar seperti anjing yang sedang merintih dan berulang membosankan.

2. Helmeted Hornbill atau Enggang Gading (kepala dan paruh besar)

Burung ini ditemukan di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan wilayah Sumatera. Bulubulu burung ini dominan berwarna hitam. Satu-satunya warna lain pada bulu adalah putih di antara perut dan ekor burung. Burung enggang gading umumnya memiliki kepala dan keriput pada tenggorokan yang berwarna merah pada burung jantan dan biru pada burung betina. Kepala burung seberat sepuluh persen dari 5,9-6,8 pon berat badannya.

3. Hoopoe (paruh membuka terus)

Burung ini dapat ditemukan di kawasan Afro-Eurasia. Burung ini terutama sekali dikenali melalui bulu mahkotanya. Burung dengan berat 1,6-3,1 ons ini memiliki paruh yang dapat tetap terbuka karena mereka menyosor tanah untuk mencari makanan. Sayap burung ini melebar dan bulat, mirip sayap kupu-kupu, yang memungkinkan hoope untuk memiliki kekuatan terbang yang di atas rata-rata burung lain.

4. Hoatzin Hoatzin (burung dengan bau khas “kotoran”)

Ditemukan terutama di wilayah rawa-rawa hutan tropis Amazon dan Delta Orinoco di Amerika Selatan. Burung ini berukuran besar memiliki leher panjang dengan kepala yang sangat kecil. Anak burung lahir dengan dua cakar pada sayap mereka sebagai pelengkap. Burung ini memiliki bau yang mirip dengan bau kotoran, yang menyebabkan mereka dijuluki “stinkbird.”

5. Sri Lanka Frogmouth (burung bersuara mirip katak)

Hidup di kawasan India bagian Tenggara dan Sri Lanka, burung-burung ini adalah makhluk nokturnal. Dia hidup di belantara hutan tropis. Warna bulunya berbeda antara yang jantan dan betina. Betina tampak kemerahan dengan bintik-bintik putih ringan tersebar di seluruh tubuh. Jantannya berwarna abu-abu dan memiliki percik-percik titik putih. Burung ini disebut mulut katak karena dia juga bersuara seperti katak

Ya itulah sebagian dari burung-burung aneh dunia. Tentunya masih banyak lagi burung aneh di dunia yang tidak bisa atau belum bisa ditampilkan seluruhnya. (Sumber: weirdworm.com dan wikipedia).

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).



Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 6 Komentar/Pertanyaan Baru

Komentar ditutup.