Download suara burung perkutut, ada tiga versi

Download suara burung perkutut, ada tiga versi – Coba dengar dan download suara burung perkutut atau burung kutut ini. Sebenarnya istilah “tepat” yang biasa digunakan adalah anggungan kutut atau anggungan perkutut.

download suara burung perkutut
Burung perkutut yang masih banyak digemari oleh sebagian kicaumania di Indonesia

Dengarkan suara burung perkutut versi pertama:

Download suara burung perkutut versi pertama di sini.

Dengarkan suara burung perkutut versi dua:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Download suara burung perkutut versi dua di sini.

Dengarkan suara burung perkutut versi tiga:

Download suara burung perkutut versi tiga di sini.

Perkutut Anda kurang kung? Apa yakin sudah sehat? Pastikan kesehatannya dengan BirdVit dan BirdMineral. LIhat apa yang perlu dilakukan untuk merawat burung perkutut di artikel: Perkutut Katuranggan, Penangkaran dan Penilaian Perkutut.

Download suara burung perkutut: Katuranggan

Oke kita singgung sedikit soal katuranggan

Selama ini dalam dunia perkutut ada istilah katuranggan yang merupakan penggabungan dari dua istilah Jawa katur dan angga. Katur dalam bahasa Jawa berarti pemberitahuan dan angga berarti tubuh. Jadi, katuranggan berarti pemberitahuan atau pengetahuan tentang bentuk tubuh.

Dalam membeli perkutut para penggemar perkutut tidak bisa lepas dari katuranggan. Terlebih lagi kalau perkutut yang bakal dibeli tersebut harganya sampai jutaan rupiah, pasti calon pembeli sangat memperhatikan katuranggan. Dari katuranggan bisa diramalkan suara dan titik klimaks suara perkutut.

Oleh karena itu, biasanya calon pembeli minta izin pada penjual agar diperbolehkan memegang burung yang akan dibeli. Izin memegang ini maksudnya untuk mengetahui apakah katuranggan burung tersebut sempurna atau tidak.

Selama ini patokan yang dijadikan katuranggan ada beberapa hal, misalnya bentuk kepala, paruh, badan, dan ekor.

Patokan tersebut adalah sebagai berikut:

* Perkutut yang bentuk kepalanya bulat lonjong seperti buah jambe diperkirakan mampu mengeluarkan suara yang bagus dan maksimal. Burung yang mempunyai bentuk kepala demikian diperkirakan kemerduan suaranya dapat bertahan sampai tua. Oleh karena itu, kepala demikian termasuk kategori terbaik.

* Perkutut yang bentuk kepalanya mbeton nongko (seperti biji nangka) diperkirakan mempunyai kemerduan suara yang cukup bagus dan bisa bertahan sampai tua. Namun, kemerduan suara tersebut jarang yang mencapai maksimal.

* Perkutut yang bentuk kepalanya bulat seperti mata uang diperkirakan mempunyai kemerduan suara yang cukup bagus dan akan terus meningkat sampai burung tersebut berumur 24 tahun. Selebihnya suaranya akan menurun.

* Perkutut yang bentuk paruhnya ngepel (seperti buah burahol), bentuk badan ngontong (seperti kuncup bunga pisang), dan dipadu dengan ekor yang meruncing, bisa diperkirakan mempunyai suara tengah yang cukup jelas dan bersih. Burung dengan ciri-ciri seperti ini termasuk burung yang paling baik.

* Perkutut yang bentuk paruhnya nggabah (seperti butiran padi), bentuk badan seperti buah nangka , dan ekornya agak panjang dengan bagian belakang agak tumpul diperkirakan bersuara tengah baik. Burung dengan ciri ini termasuk kategori baik.

* Burung yang bentuk paruhnya mapah gedhang (seperti pelepah pisang), bentuk badan mbluluk (seperti buah kelapa muda), dan ekornya pendek meruncing, diperkirakan suara tengahnya cukup baik. Burung dengan ciri seperti ini termasuk kategori cukup baik.

Walaupun sudah ada petunjuk atau ramalan dari katuranggan, tetapi akan lebih baik lagi kalau kita tetap memperhitungkan kesempurnaan dari bentuk fisik lainnya, misalnya badan sehat dan tidak ada yang cacat di antara bagian tubuhnya. Bentuk dada dipilih yang bidang. Dada yang bidang menunjukkan kalau tubuh burung tersebut baik dan mempunyai kantung suara yang baik juga sehingga suara yang dikeluarkannya kebanyakan juga baik

Persyaratan anggota badan lain yang menjadikan burung tergolong kategori baik adalah leher yang panjang dengan bagian tenggorokan agak besar, mata cerah pandangan tajam, serta kaki ramping dengan sisik teratur dan mengkilat.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

17 Comments

  1. Dimana saya bisa menemukan burung perkutut lokal, perkutut putih mata merah, dan perkutut bangkok yang bagus……kesemuanya bersuara indah dan panjang …..juga harga standar tidak kemahalan, saya hanya sebagai penggemar perkutut bukan buat lomba…..:anya pelihara saja……terima kasih by sugiarto di bekasi call 087887999298 / 081383157799 / 261c0cf3…..

  2. Saya pemula mas, Skarang punya kutut anakan baru umur dua bulanan, masih grebekan kalo deket orang. dan syapnya berdarah… gimana caranya supaya dia gak grebekan… apa lukanya perlu dikasih obat merah ?

  3. mantap sekali Kung nya. bisa buat referensi ke pak RT saya karena beliau punya perkutut
    ijin download ya om. om kalo bisa suara plecinya juga dikasih. btw kemarin request musiknya ditambahin ebit and campursari nya gimana om. kalo ga bisa ga pa2 om. ngerepoti aja.

    Terima kasih Om Duto atas ijin buka2 dan liat2 blognya
    Edy

Komentar ditutup.