Performa murai batu bertemu burung sejenis: Antara mitos dan fakta (1)

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Berikut ini adalah artikel pertama dari rangkaian artikel pro-kontra perawatan burung fighter atau petarung yang saya ambil dari Tabloid Agrobis Burung. Perlu saya tekankan, bahwa isi artikel ini tidak mewakili pandangan pengelola blog, Om Kicau. Silakan Anda cermati dengan seksama, khususnya untuk para pemula. Untuk mereka yang sudah malang melintang di dunia burung, ditunggu masukannya.

Banyak kalangan menilai kalau memelihara jenis burung murai batu berpantangan memelihara jenis burung seperti kacer, tledekan maupun burung fighter lainnya. Konon, jenis-jenis tersebut tidak bisa dipelihara bersamaan khususnya dalam satu rumah. Mitos atau fakta, yang jelas, anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

H Mansur

Itu yang dibuktikan H Mansur, pemilik murai batu jawara bernama Maradona dan Batitusta misalnya. Dia menepis anggapan tersebut. Fakta ini yang sudah dibuktikan kedua gaconya yang baru saja memetik kemenangan, khususnya Maradona yang mendulang gelar juara pertama dikelas paling bergengsi dalam sebuah even akbar di Ancol Jakarta belum lama ini.

Bahkan, tatkala Agrobur menyambangi kediaman pria yang juga importir kenari, blackthroat, lovebird dan aneka jenis burung paruh bengkok ini di kawasan Cibubur, sederet murai batunya justru sedang diumbar, yang justru bersebelahan dengan kacer koleksinya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

“Nggak masalah tuh, walaupun berdekatan, asalkan jangan saling melihat,” ungkap pemilik bendera Raja Fauna & Bird ini.

H Mansur memang tak asal ucap, tak hanya seabrek murai batu yang jadi jawara andalannya yang berjumlah lebih dari 5 ekor, bahkan sederet kacer andalannya seperti Dewi Persik, Raja Basah, Tunggal Jaya dan Lorena. “Dewi Persik kemarin masuk juara dua di Ancol,” bisiknya.

Lantas, bagaimana H Mansur mensetting kedua jenis burung jawaranya yang sebagian di antaranya disimpan satu rumah? Menurutnya, itu tergantung dari bawaan dan karakter burung yang bersangkutan. Selain itu, ya perawatan hariannya khususnya pola makannya.

Biasanya, kalau jenis murai batu dan kacer dipelihara satu atap atau serumah, jenis kacer yang harus mengalah. Burung lebih banyak ngebagong. lni juga diakuinya, sebagian burung kacer jawaranya lebih banyak ngebagong di rumah, karena lebih tertekan oleh murai batu. Namun demikian itu hanya temporer. “Burung ngebagong hanya di rumah aja, kalau di lapangan sih jalan. Ini buktinya kedua-duanya bisa juara,” jelasnya.

Yang dimaksud pola makan di antaranya setelah eksfood harus tetap tenaga, jangan berlebihan atau over. Ini tak lain untuk menjaga naluri fighter burung di rumah. Misalnya, untuk kacer Dewi Persik, dia memberinya 3-2 ekor jangkrik dalam sehari, porsi tersebut harus tetap dijaga. “Kalau berlebihan bisa galak, apalagi mendengar murai bisa kelewat birahinya,” ungkapnya.

Menurunya lagi, dengan kondisi yang terjaga burung akan stabil terutama di lapangan. Itu sebabnya, jangankan hanya sekedar satu rumah, semobil dalam perjalanan menuju lomba pun dia tak merasa takut burung menjadi rusak. “Buktinya, murai dan kacer setiap ke lomba tetap satu mobil, bahkan kalau bawa murai lebih dari satu sesama murainya yang dipisah, begitu juga kalau keluar kota,” bebernya. (Bersambung ke artikel terkait di bawah ini)

Artikel terkait:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

16 Comments

  1. setuju om, intinya melihara burung walaupun jenisnya berbeda dalam satu rumah yang penting kasih sayang dan perhatian kita sama, pasti tidak akan jadi masalah
    dirumahku juga ada seekor kacer dan dua ekor murai batu, dalam rumah yang kecil.
    semuanya tetap berprestasi walaupun hanya sekelas latber karena belum ada waktu buat ke lomba.

  2. sesama penghoby burung kita harus saling bantu bagaimana temen2 yg sudah berhasil harus membantu menjawabnya dan menbantu menberi impormasi.karena merawat,baik untuk lomba,untuk ternak tak ada buku yg pasti,pengalaman saya keliling luar negeri ke tempat peternakan,cari merawat dan menu pakan berbeda2 walau satu jenis burung.

    • pindahkan murai yg mabung sementara untuk menhindari proses itu mabungnya.krn akan lambat mabung bahkan mabungnya suka gk bener,krn tiap hari dgr suara burung sejenis pengalaman saya burung yg mabung kemaren rontok bulu gk bener,setelah dipindah baru mabungnya bener,usakan tempat yg sepi tidak burung lagi,setelah prose tumbuh bulu baru di masterin terus,,

  3. sebagian benar…tp bagaimana klo yg jd mengalah justru murainya om? karena yg sya tau suara dasar kacer merupakan jenis suara yang ditakuti murai…(apalagi murai bahan stgh jadi), THX info nya om.

Komentar ditutup.