Lagi-lagi, teliti sebelum membeli burung yang ditawarkan secara online

hati-hati jual beli burung onlineAda beberapa komentar di blog ini yang tidak saya approve/setujui untuk bisa muncul karena menyebutkan sebuah situs jual-beli burung yang disebutnya telah menjadi ajang penipuan. Penjual di situs/website yang memajang banyak gambar burung lovebird dan beberapa foto burung murai batu dan beberapa burung lain yang diambil dari internet itu disebut sebagai penipu.

Saya memang tidak mau memunculkan nama situs tersebut karena nanti bisa dianggap fitnah meskipun sebenarnya semua isi komentar yang ada di blog ini dari pengunjung adalah menjadi tanggung jawab pemberi komentar. Hal itu sudah saya tegaskan dalam Disclaimer blog ini.

Jangankan jual-beli yang difasilitasi iklan secara online, pada jual beli secara offline atau bahkan langsung pedagang-pembeli pun banyak yang kemudian menjadi transaksi penipuan.

Modus pada penipuan jual-beli dengan penawaran online yang paling banyak adalah uang sudah dikirim tetapi burung tidak jadi dikirim. Biasanya, setelah uang ditransfer, si penjual tidak bisa lagi dihubungi melalui nomer telepun yang dia berikan ke pembeli.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tidak ada kata lain yang bisa saya sampaikan kecuali, lagi-lagi, lebih berhati-hati.

Perjelas indetitas Anda

Sehubungan dengan kasus demikian, jika Anda ingin membeli burung dari kota lain, sebaiknya Anda minta bantuan kepada teman di kota di mana Anda akan membeli burung. Tidak punya kenalan? Perbanyaklah kenalan.

Dalam kaitan itulah sebaiknya semua Anda yang biasa posting komentar di blog Om Kicau misalnya, buatlah gravatar yang karenanya Anda akan lebih mudah dikenali orang lain dan membuat orang lain lebih percaya kepada Anda. Selanjutnya, lihat artikel ini.

Memang, gravatar bisa diubah setiap saat. Namun minimal, hal itu bisa menjadi sarana saling kenal di antara pengunjung blog Om Kicau.

Kalau Anda sebagai pembeli burung dengan sarana blog ini, Anda pun bisa menggunakan fasilitas rekening bersama. Dengan cara demikian, kalau Anda pembeli bisa merasa lebih aman. Sedangkan kalau Anda penjual, akan merasa lebih nyaman.

Atau kalau Anda berikaln burung secara rutin dan Anda memang bisa dipercaya atau minimal tidak menyembunyikan identitas aseli, silakan bergabung menjadi BirdShop Onliner.

Oke Om dan Tante, sekali lagi, lebih berhati-hati dalam bertransaksi burung, baik secara online ataupun offline.

Salam bertransaksi secara sehat, salam dari Om Kicau.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. Sekedar sharing dan berbagi pengalaman aja, sy sudah 3 kali beli burung dari 3 kota yang berbeda secara ol. Alhamdulillah semua aman, burung dikirim tepat waktu dan sesuai spek yng disebutkan diiklan.
    Berikut beberapa tips yang saya pakai :
    – beli hanya pada pengiklan member tetap;
    – jangan terkecoh dengan harga murah (biasanya bagi penghoby sudah punya standar harga)
    – sebelum transaksi, melalui komunikasi kita pura-pura punya kenalan di daerah dimana penjual domisili, misalkan dengan bertanya “kenal gak dengan om OTUD….yang punya TV berwarna dst.
    – gunakan insting. Biasanya hati akan berkata yes or not setelah berkomunikasi dengan penjual.
    – jurus terakhir gunakan REKBER (aman kan?)
    Demikian om, semoga bermanfaat

  2. bener om, site laen yang dah iklan ke tv aja sekarang jadi ajang penipuan om, intinya emang kita kudu perbanyak temen di luar kota, jadi kalo mau beli di luar kota yah kita bisa minta tolong ama temen ntuh ambil ke tempat dan cek langsung… alias gak beli kucing dalem karung….

    pokoknya transaksi di internet kudu hati hati all

  3. jaman sekarang memang banyak sekali modus2 penipuan baru…..
    jangankan benda hidup (semacam hewan)……benda2 mati juga terkadang kita msih bisa kecolongan…..
    intinya sich memang kita diminta waspada……waspadalah……..hehehe

Komentar ditutup.