Kualitas suara burung: Dasar penilaian keindahan suara burung (2)

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung Pleci atau Kacamata Tual - Zosterops uropygialis

Kualitas suara dilihat dari tiga hal: nada, intensitas, timbre. Nada  adalah kualitas siara yang membuat kita dapat membedakan suara bas dan suara treble, dan terdiri dari beberapa vibrasi dengan hitungan waktu dari obyek suara. Semakin tinggi frekuensi akari menghasilkan nada tinggi / tajam, semakin rendah frekuensi menghasilkan nada bas. Batas kemampuan telinga manusia adalah merasakan nada 12 oktaf.

Intensitas adalah kualitas suara yang membuat kita mampu membedakan antara suara kuat dan suara lemah, tergantung dari amplitudo gelombang suara. Kita juga harus dapat membedakan antara intensitas gelombang suara itu sendiri dan intensitas persepsi suara.

Intensitas gelombang suara tergantung kepada amplitude getaran tubuh yang menghasilkan suara sementara intensitas persepsi tergantung kepada ketajaman pendengaran, intensitas getaran gelombang suara dan jarak kita dengan sumber suara.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Timbre adalah kualitas suara yang membuat kita dapat membedakan suara-suara yang dipancarkan oleh instrument-instrument yang berbeda. Dengan kata lain, timbre adalah kualitas suara yang membuat kita dapat membedakan nada-nada yang sama yang dihasilkan oleh instrument yang berbeda dan berkaitan dengan kekompleksan getaran yang menghadirkan harmoni yang berlapis-lapis ke dalam suara utama.

Keterangan di atas dapat diringkas sbb:

– Nada tergantung dari frekuensi atau sejumlah getaran per detik dari benda yang menghasilkan suara, sehingga membuat kita dapat membedakan antara bas dan treble. Hal tersebut dapat diukur dalam hitungan Hertz

– Intensitas atau kekuatan tergantung dari amplitude gelombang. Dalam kata lain, energi yang digunakan untuk memproduksi suara tersebut membuat kita dapat membedakan antara bunyi yang keras dan lemah. Hal tersebut dapat diukur dalam hitungan Decibel.

– Timbre, kualitas atau wama suara yang tergantung kepada sejumlah harmoni yang menyertai suara dan membuat kita dapat membedakan dua suara dengan nada yang sama.

Musik

Menurut Real Academy Dictionary of the Spanish Languge, musik diartikan sebagai seni menggabungkan beberapa suara, dalam arti lain musik memproduksi kenikmatan kepada pendengarnya sekaligus mempengaruhi perasaan pendengar.

Tiga elemen penting dalam musik adalah irama, melodi dan harmoni.

Kualitas Musik

1. Irama. Penting bagi kita untuk mengingat bahwa musik dibuat oleh lebih dari satu suara. Dalam hubungan dengan elemen penting dari musik, jenis dan proporsi yang dimainkan dengan ritme mempengaruhi irama musik. lrama keluar dari perasaan seseorang sehubungan dengan apa yang dia rasakan. Sebagai contoh: di tari-tarian, irama mengatur gerakan.

Dalam hubungannya dengan poin nomor dua di bawah adalah seseorang menyadari adanya kesatuan antara harmoni dan melodi. Hal ini dapat diartikan bahwa irama adalah pertama, melodi menjadi nomor dua dan harmoni datang setelah melodi sebagai hasil dari semuanya. Alasannya, irama adalah dasar dari durasi suara dan hal ini dapat disebut “kompas” dari musik.

Bagaimanapun juga, kita tidak boleh menjadi bingung oleh kata kompas dan irama karena beberapa irama dapat dibuat oleh satu atau beberapa kompas.

“Kompas” adalah sejumlah not yang dimainkan oleh seorang composer sesuai dengan keinginan atau perasaannya.

2. Melodi adalah elemen musik yang terdiri dari pergantian berbagai suara yang menjadi satu kesatuan, di antaranya adalah satu kesatuan suara dengan penekanan yang berbeda, intonasi dan durasi yang hal ini akan menciptakan sebuah musik yang enak didengar.

3. Harmoni adalah elemen musik yang terdiri dari suara yang terus menerus mengalun dan suara yang tidak sama. Di melodi, suara datang satu per satu. Pada harmoni, suara datang bersama-sama. Hal inilah perbedaan yang mendasar antara melodi dan hamoni.

Pada burung pleci, ketika seekor pleci berkicau dia menciptakan melodi, tetapi ketika sekelompok pleci bernyanyi bersama-sarna, seluruh burung menciptakan harmoni.

Bernyanyi

Bernyanyi secara sederhana dapat diartikan sebagai peristiwa dimana seseorang atau sesuatu mengeluarkan suara dengan teratur.

Modulasi

Konsep umum musik tentang modulasi diartikan sebagai berbagai variasi melodi yang diciptakan selama menyanyikan sebuah lagu, termasuk di dalamnya adalah pergantian not dan penekanan suara dari penyanyi. Penekanan modulasi terjadi ketika volume penyanyi berubah naik dan turun dengan pergantian secara periodik dari satu not ke not lainnya.

Modulasi di not terjadi ketika irama yang dibuat memberikan sensasi kepada pendengar dengan mengganti huruf vocal, terkadang dari bass (o, u) ke treble (a, e, i), atau sebaliknya dan dibawakan secara periodik.

Warna Musikal

Kita dapat mengatakan bahwa wama musikal tergantung dari perbedaan penekanan yang diberikan kepada suara dan biasanya dinamai, dalam bahasa Italia, mulai dari pinnissimo sampai fortissimo dari dibawakan dengan berbagai kecepatan seperti crescendo dan sebagainya.

Keselarasan

Ketika kita mendengarkan suara, kita pasti telah mengetahui bahwa suara yang kita dengarkan adalah campuran dari berbagai suara. Not yang kita dengar adalah sesuatu yang mendominasi, tetapi pada saat yang sama, sering mendominasi, kadang lembut, terkadang hampir tidak terdengar. Suara yang tercampur dengan sempurna dengan not dasar mempunyai kaitan yang erat dengan frekuensi gelombang suara.

Hal ini disebut keselarasan dan memberikan keindahan bagi lagu yang dinyanyikan dan membuat menarik si pendengar. Telinga manusia disiapkan dengan baik untuk mendengar suara tersebut karena mempunyai sensitifitas terhadap musik. (Bersambung)

Rangkaian bersambung artikel ini:

  1. Penjelasan Umum: Dasar penilaian keindahan suara burung (1)
  2. Kualitas suara burung: Dasar penilaian keindahan suara burung (2)
  3. Nyanyian burung: Dasar penilaian keindahan suara burung (3)
  4. Cara Bernyanyi Burung Pleci: Dasar penilaian keindahan suara burung (4)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. sya punya 4 ekor pleci dada kuning bos,,
    suara
    yg:
    1. suaranya =cri,cro,cri /cri,cro,cri,cri,crit.
    2. chiw,chiw,chiw.
    3. ca,co,ci.
    4. crow,criw,criw,criw.
    maksud sya, yg sprti ini bisa ikut kontes atw tdk. dri ke 4 burung pleci sya. dan jika di wilayah cikarang-bekasi.tmpat kontesnya dmn ya,,
    thx bgt jika anda bisa memberikn saran utk sya..
    krna sya bru ikut dlm dunia burung kicau. dan langsung prtama kali merawat burung, yaitu burung pleci ini.
    atas saranny thx for u all..

Komentar ditutup.