Bisnis burung piyikan anis merah (2): Blog tengah mulai harga Rp. 800.000

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Asupan pakan - piyik Bali unggul di volume-Berdasar telusuran atas perkembangan anis merah pada tingkat pasar (pasar burung) sampai ke lapangan (lomba burung), dengan beberapa catatan, terbukti anis merah secara umum masih tetap menjadi primadona.

Di lapangan lomba, bila diamati sekilas, baik itu lomba tingkat lokal, regional, maupun nasional, memang tampak ada penurunan gairah, yang ditandai dengan penurunan peserta. Bila dulu kelas anis merah yang paling pertama habis tiketnya, sekarang sudah disalip kelas lain seperti murai batu, kacer, dan cucak hijau.

Namun, secara umum (kecuali di Sumatra dan Kalimantan), jumlah kelas anis merah masih paling banyak. Di even kecil sekalipun, kelas anis merah bisa dibuka 3 sampai 4 kali, sementara untuk murai batu, kacer, cucak hijau, rata-rata untuk kontes kecil hingga menengah hanýa dibuka sampai dua kaIi.

Meskipun begitu, untuk peminat anakan anis merah masih tetap tinggi. Mungkin laju permintaan tak seheboh dulu, tapi stok masih tetap habis, meskipun waktu untuk menghabiskannya relatif lebih lama. Harga piyik juga masih tetap tinggi, dan tidak turun dari harga lama.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Berikut ini penelusuran Agrobis Burung pada beberapa penjual anakan anis merah di blok tengah.

Harga dimulai Rp. 800.000

Panut Pasty
Panut Pasty

Di pasar Pasty Jogja, ada Panut yang menerima pasokan anakan anis merah kebanyakan dan Bali, dan daerah seperti Singaraja dan Pupuan.

Sesungguhnya beberapa daerah di Jawa juga masih menghasilkan anakan anis merah, tapi tidak sebanyak dari Bali. Daerah daerah itu misalnya Tasikmalaya, lndramayu, Sleman, dan Pacitan.

Panut yang berdagang anakan anis merah sejak 2010, mengaku tidak menemui kendala pemasaran karena permintaan masih terus naik. Harga anakan merah juga cenderung terus naik. Untuk piyik trotol asal Bali, disebutkan Panut pasarannya antara 800 ribu rupiah hingga 1 rupiah.

Bila warna bulunya sudah berubah, harganya bisa terdongkrak hingga 1,5 juta bahkan Iebih.

Di Pasar Burung Sleman, juga ada Rudy. Rudy menjadi satu-satunya pemilik kios di Sleman yang menyediakan anakan anis merah. Rudy mengaku sudah berdagang anakan anis merah sejak 2010, bekerja sama dengan temannya di Bali, yang berdagang di pasar burung Satria.

Rudy mengaku tidak tahu pasti berapa per bulan bisa menjual anakan. “Tapi sejak 2010 sampai sekarang sudah menjual lebih dan 200 ekor. Saat ini rata-rata saya méndapat kiriman dua pekan sekali, terakhir saya dikirimi 35 ekor dan sebagian besar sudah laku,” jelas Rudy.

Rudy mengaku menjualnya dengan harga mulal 800 ribu rupiah dan memberikan jaminan jantan. “Bila kelak tidak jantan, boleh ditukar atau ganti uang kembali juga boleh.”

Pelanggan Rudy juga ada yang dari luar kota, seperti Semarang, Magelang, juga Solo. “Syukur, hingga saat ini tidak ada yang komplain.”

Tetap menguntungkan

Panut menegaskan saat ini bisnis berdagang anis merah trotol masih tetap menguntungkan. “Kalau kita belinya 10 ekor, keuntungan lebih akan Iebih terasa.”

Menurut Panut, setelah satu bulan, keuntungannya bisa sampai 6 juta rupiah bersih. Apalagi bila kulakan lebih banyak dan Iangsung ke pengepul atau petani di Bali.

Sebagian pedagang pasar menjalankan aksi bisnisnya langsung ke konsumen dengan jumlah besar. Biasanya, kalau mengirim ke luar kota minimal 20 ekor, itu pun termasuk sedikit.

Pesanan terbanyak piyikan anis merah berasal dari kota Bandung, Jakarta, Solo, dan Semarang.

Rata-rata anakan anis merah yang dianggap prospek akan disimpan terlebih dahulu oleh si pedagang, dengan rencana ke depan diikutkan ke lomba tentu diharapkan bisa terjual dengan harga tinggi.

+++
+++
Disponsori oleh: RAHASIA BURUNG JAWARA
+++

Artikel ini adalah bagian II dari serial Bisnis burung piyikan anis merah yang diturunkan 4 seri. Sumber Agrobis Burung.

(Bersambung)

Rangkaian artikel:

1. Bisnis burung piyikan anis merah (1): Blok timur harga Rp. 700.000
2. Bisnis burung piyikan anis merah (2): Blog tengah mulai harga Rp. 800.000
3. Bisnis burung piyikan anis merah (3): Blog barat stabil, Kaltim jeblok
4. Bisnis burung piyikan anis merah (4): Kematian, risiko terbesar



Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. salam kenal om, baru saya membaca artikelnya om, dan saya tertarik ingin menangkarkan burung anis merah, yg ingin saya tanyakan dimana saya bisa membeli calon indukan burung anis merah, khususnya area bandung. mohon dibalas ya om makasih banyak.

  2. om sy mau tanya? waktu sy buka artikel tentang ciri jantan ,betina anis bata sewaktu masih trotol disitu ada gambar ciri2 jantan,betina dari warna sayap , kira2 kemungkinan besar jantan berapa persen ya om, soalnya wkt saya kepasar burung pramuka kn lg banjir burung anis bata ,ada ciri2 yg sama persis yg ada di artikel saya hitung jumlah warna bulu yg kuning kecil.pas sy tanya ini jantan or betina dia ga berani ngasih jaminan om,kira2 berapa persen tingkat keakuratanya kalau itu jantan or betina om.mksh sblmnya om

Komentar ditutup.