Direndang tiap malam: Merawat pleci jawara ala Ikhsan Jakarta

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung kecial atau pleci LombokMenstabilkan performa burung pleci atau burung kacamata adalah persoalan utama yang selama ini dirasakan para plecimania. Bagaimana mengondisikannya? Ikhsan, kicaumania dari Paris Team berbagi tips.

Menurut pria pengorbit beberapa pleci jawara ini, hal yang perlu diketahui adalah bagaimana karakter sebenarnya burung tersebut. Sifat burung yang kerap bergerombol di habitatnya membuat burung merasa nyaman bila dalam kesehariannya didekatkan dengan burung sejenis.

“Makanya, kalau malam direndeng saja dijadikan satu tidak usah dikerodong. Biarkan saling melihat satu sama lain,” ungkap Ikhsan yang sukses mengorbitkan beberapa pleci jawaranya seperti Bourju, Si Hitam, Si Putih dan Bejo ini kepada Agrobis Burung (Agrobur).

Ikhsan - burung pleci harus ganti air setiap saat
Ikhsan – burung pleci harus ganti air setiap saat

Jadi, dalam kesehariannya tidak perlu dikrodong. Kecuali menjelang dibawa ke lapangan, burung tetap perlu ditutup. Hal yang lebih penting lagi, menurut Ikhsan, air minum maupun pakannya harus diganti setiap harinya – bahkan sehari bisa 2-3 kali, karena burung pleci kalau mandi cukup di cepuk tempat minumnya. Dengan demikian dalam sehari harus diganti beberapa kali supaya burung lebih nyaman.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mengenai pola rawatan burung yang dia lakukan selama ini, dia mengatakan dimulai dari penjemuran burung satu atau dua jam kemudian dianginkan di tempat sejuk. Selanjutnya burung dibiarkan mandi di cepuk tempat air minumnya. Selesai burung mandi, air segera diganti dengan yang baru. Begitu pakannya, isi dengan yang baru.

Untuk memaster burung ini, dia selama ini cukup menggunakan burung kecil seperti kenari, kolibri juga dengan tonjolan lovebird.

Kecial Lombok Merebak

PleciSementara itu dari Solo, Malang dan Sidoarjo dilaporkan, naiknya pamor pleci di Pulau Jawa, membawa sentimen positif buat pleci lombok (burung kecial). Di beberapa kota-kota itu, burung jenis ini selalu ramai diburu kicaumania. Pasokan kecial dan Pulau Lombok makin meningkat. Para pengepul di Jawa mulai kebanjiran permintaan khususnya kecial bakalan.

Untuk menentukan bakalan berkualitas, ada trik yang dapat membantu kicaumania memilih bakalan yang mempunyai prospek di lapangan. Bambang, salah seorang kecialmania di Sidoarjo, mengatakan untuk menentukan bakalan berkualitas bisa diawali dari ciri fisik. Antara lain, pilih bakalan yang mempunyai postur ideal, bermental tarung dan sehat.

“Untuk memilih bakalan berkualitas belum banyak kriteria seperti seekor jawara lomba. Terpenting adalah mental dan fisik,” kata Bambang sebagaimana dikutip Agrobur.

Mengenai materi lagu, kicaumania perlu mengisi dengan master-master yang sesuai untuk jenis ini. Pasalnya, kecial bakalan belum banyak menerima lagu-lagu master. Lazimnya mereka masih membawakan lagu alasan.

“Kelihatan kok kalau kecial punya mental bagus, burungnya pasti berdiri tegak dan aktif. Postur tubuhnya juga atletis,” lanjut pemilik Jendral, kecial yang sering meretas prestasi di even-even Sidoarjo.

Dengan harga jual relatif terjangkau, kicaumania akar rumput bisa memilih jenis ini sebagai andalan untuk meretas prestasi di berbagai even.

Bagaimana kabar pleci Anda, sobat?
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

91 Comments

  1. Om perlu bantuan nya!
    1.Gimana kalau pleci nyulam??
    2.pleci nyulam di dengerin suara master bagus gak??
    3.kalau nyulam di kerodong gak??

  2. ..om saya baru plhara pleci beli dri tmen yg udah bsa sdkit ngoceh..
    cman pleci sya betino om, yg mw sya tanyakan apa bsa pleci betina ngocehnya bervariasi sperti yg jantan? trims. . .

  3. Om burung kacamata saya kok belum ngalas ngalas? Padahal udah dua bulan saya merawat nya! Bagai mana om kalau burung kacamata saya cepat ngalas???

  4. burung kacamata saya kalau bunyi tidak berdiri cuma duduk dudk aja, gimana caranya om supaya berbunyai sambil berdiri tegak padahal postur tubuh udah ramping dan ideal,,

    • belum waktunya atau belum birahi, berikan ef yang bisa menaikkan birahi seperti kroto, uler kandang, uh, tapi sesuaikan karakternya karena tiap burung beda ef beda hasilnya.

  5. saya baru semingguyg lalu beli pleci OMBYOKAN , syukurlah sudah mulai ngeriwik pakan pisang tiap hari dan kroto 3 hari sekali………langkah perawatan berikutnya gimana oom menuju kearah gacor

  6. Siang om,saya punya kacamata lombok sama kacamata malang
    Apa bener burung kacamata lebih suka tempat yg bising,seperti di pinggir jalan/ di dengerin musik,,,,,,
    Soalnya kata temen saya dn yg perna punya kalau ngidupin musik,swaranya makin keras,,,,,,
    Apa bener,,,,,,

    • memang tidak salah om, burung kacamata akan cepat belajar bunyi di tempat yang riuh, coba om perdengarkan saja suara-suara pleci yang bisa om download di omkicau.com.

  7. saya punya pc lombok ni om hariannya dia jg udah ngalas kenceng + isian. kalo dia diajak jalan” pake motor jg ngriwik isian mulu. tapi satu om yg bikin saya galau waktu dia ngeluarin isiannya volumenya sangat pelan dibanding kalo dia waktu ngalas ngotot bgt sampe sluruh badannya geter semua.

    gmn y om tipsnya agar suara isiannya tu dapet dikeluarin sama kayak dia waktu ngalas?
    mohon masukannya y om
    trims

  8. Om ane punya 2 pleci, 1 dari lombok 1 nya asli dri tempat ane,bengkulu (posturnya kecil,dadadnya putih tp suaranta cit..citnya sama aja) bagusan yg mna om. Udah ngeriwik semua, tp yg dri bengkulu ngeriwik kecil dan vokalnya lebih lantang, tp tembakannya gak rapat. Minta saran om……

    • pada dasarnya kualitas tidak ada pengaruh dari asal-usul, karena karakter tiap burung beda tinggal penyesuaian pola rawatan dengan karakternya.

    • coba periksa apakah ada bengkak pada engsel atau pergelangan?, jika tidak ada dan masih lincah berarti tidak ada masalah.

  9. saya punya pleci,udah bunyi mirip kenari.tp sayang’y ga mau keras bunyi’y.trus jgga jinak2.kalo q mau denger suara pleci q,q harus ngumpet gitubiar ga takut.
    gmn solusi’y ya sobat?biar pleci q ga takut+bisa bunyi keras.

  10. gue punya 3 yg dua dah menirukan kacer, kenari ma kutilang tapi knp yg atu cuma cicicuit om, apa betina ya, padahal mkan sama dijemur juga bareng2.ada saran

  11. Salam kenal om.om mintak petunjuknya yg lebih deteil.gimana cara ngerawat pleci dari 0 biar sampek glacor.seperti pleci jawara.terima kasih tip dan sarannya.

  12. sejak baca2 ttg PLECI, saya langsung cari…..akhirnya dapat juga 2 ekor lagi, walaupun ini PLeci lokal asli dari Hutan di banjarmasin namun saya cukup bangga, sudah bisa teler, ngeplong,…….pokoknya puas dech….makasih Infonya…Om..

  13. Salam kenal om
    Sya pny pleci dada abu2 keputihan abu2 nya&lingkar mata nya yg dalam putih,yg mau saya tnyakan,gmna pleci saya buka paruh,klo sekrg bru seperempat nya&klo teriak kencang nya minta ampun,mohon share nya
    Saya ucapkan trimakasih

  14. om,aku mau tanya…. aku punya pleci bagus,dulu sering ngeplong sama buka paruh tapi sekarang malah jarang ngeplong apalagi buka paruh. gimana om cara mengatasi burung pleci ini biar seperti dulu lagi??????
    mohon tanggapan scepatnya… trims…
    salam plecimania…

  15. matap deh. jadi tambah pengetahuan tetang pleci. tadi nya msh ragu mau pelihara pleci krna lom tau pasti gmn perawatan nya. di cilacap msh bnyak bngt tuh burung di pekarang2.

  16. Om duto numpang tanya .. Saya baru beli pleci dipramuka dgn ciri ciri :
    Pleci badan gede (lebih gede dari pleci montanus), mata coklat, warna dada kuning terang, paruh bawah putih … Kata penjualnya itu pleci lombok … Yg mau saya tanyakan apakah benar pleci saya jenis pleci lombok .. ooiya untuk suaranya tembakannya cenderung berat (tidak nyaring) .. Mohon infonya om duto .. Terima kasih

  17. Omong-omong pleci, saya jadi inget dulu di bawah thn 90an saya pernah baca artikel tentang burung mataputeh yang sedang digemari di malaysia dan singapura. saya mau tanya apa mataputeh=pleci ya om? Kalau benar apa sampe sekarang masih di gemari juga di sana?

Komentar ditutup.