Penah melihat burung berwarna hitam legam berkilau kehijau-hijauan bermata merah dengan suara melengking menyakitkan telinga? Bisa saja yang Anda lihat adalah burung cucak keling atau perling kumbang atau Aplonis panayensis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Foto perling kumbang di Kampus USU difoto oleh Giyanto

Burung ini juga sering disebut camperling, keling (Jawa), brling, kembang (Sumatera), geuri, kalolojang (Sunda), lilin, perling (Melayu). Menambahan kata cucak di depan nama keling adalah hal salah kaprah karena burung ini bukan keluarga cucak-cucakan.

Dengan body berukuran sedang (20 cm), burung perling remaja berwarna kuning tua, bercoret hitam pada bagian bawah, bercoretan coklat dan hitam pada bagian atas. Dengan iris mata merah, paruh dan kaki burung perling berwarna hitam.

Tempat hidup dan kebiasaan

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Burung cucak keling mudah dijumpai di beberapa tempat secara terpencar pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1200 mdpl. Hidup dalam kelompok yang ribut; beristirahat, makan dan bersarang bersama. Memakan buah-buahan (pepaya, pisang, mangga, buah ara) juga memakan nektar, serangga, laba-laba dan siput di pepohonan dan semak-semak. Sering mengunjungi daerah terbuka di dekat hutan (termasuk perkebunan kelapa), juga desa dan kota.

Bersarang di lubang pohon, tajuk palem dan pada rumpun paku epifit yang menempel pada percabangan pohon. Pada sarang yang berbentuk lubang, hanya sedikit menggunakan material sarang; sarang biasa tersusun dari rerumputan dan sampah (misal kertas). Berbiak sepanjang tahun, puncak perbiakan bulan Maret-Juni. Jumlah telur 3, berwarna biru dengan bercak coklat gelap.

Suara burung cucak keling atau perling kumbang

Deringan suara khas “ciuw” dan”tcirr“, suara burung cucak keling terdengar menyakitkan telinga jika kita berada di dekatnya.

Nggak percaya? Coba dengan suara burung cucak keling dalam format MP3 di bawah ini:

Nah apakah Anda pengin mendownload suara burung ini? Silakan saja untuk mengklik gambar di bawah ini.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

-7.550085110.743895

Page: 1 2