Murai batu muda hutan, rawatan tepat cegah sekarat

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Penghobi burung ocehan khususnya murai batu kian banyak, terutama para pemula yang penasaran untuk memiliki gacoan murai batu. Berbagai upaya hunting burung dilakoni mulai dari mencari murai batu trotolan hasil penangkaran ataupun murai batu tangkapan hutan alias muda hutan (mh).

Justru yang paling digemari para pendatang baru adalah murai batu muda hutan, selain harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau juga dipercaya murai batu muda hutan memiliki isian variatif dan lebih handal di gantangan.

Memilih murai batu muda hutan tanpa pengetahuan pola rawatan yang tepat, justru akan berusiko kerugian yaitu murai batu jadi sekarat bahkan mati setelah dirawat selama satu atau dua minggu oleh para penghobi baru ini.

“Banyak penghobi baru yang salah dalam menangani murai batu bakalan, karena mereka maunya murai batu bakalan bisa cepat bunyi gacor, padahal ada beberapa langkah utama dalam merawat murai batu bakalan,” jelas Om Amir, pengepul murai batu muda hutan  di Surabaya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Langkah apa saja yang harus dilakoni dalam merawat murai batu muda hutan? Pastikan murai batu bukan hasil pancingan, harus pula dipahami bahwa murai batu rentan stress dan metabolisme terganggu akibat proses penangkapan dari habitat asli dipindahkan ke dalam sangkar.

Langka awal berikan murai batu makanan yang paling digemari seperti kroto, ulat hongkong, ulat kandang, jangan langsung melatih murai batu muda hutan untuk makan voer pasalnya justru akan membuat murai batu enggan makan karena merasa ada benda asing dicepuk pakannya.

Pemberian kroto bisa ditaburkan didasar sangkar yang sebelumnya dasar sangkar dilapisi kertas koran untuk menjaga kebersihan, sedangkan pemberian ulat hongkong dan air minum tetap di dalam cepuk besar namun cukup diletakkan di dasar sangkar, hal ini untuk melatih murai batu muda hutan makan di dalam sangkar. Tahap ini biasanya berlangsung dua hingga tiga minggu. Apabila murai batu dalam tiga minggu bertahan hidup serta sehat maka langkah selanjutnya baru bisa dijalankan.

Hindari pemberian jangkrik untuk murai batu muda hutan karena metabolisme dan sistem pencernaan murai batu muda hutan belum stabil atau lancar. Pemberian jangkrik beresiko membuat murai batu muda hutan ‘kelolotan’ dan kesulitan mencerna di dalam pencernaan. Akibat hal itu murai batu akan kesulitan membuang feses akibatnya murai batu akan sakit dan sekarat.

Kedua, jangan langsung menjinakan murai batu selama masa recovery. Lakukan upayafull kerodong dan gantangkan di tempat tenang serta jauh dari keramain maupun kegaduhan, lebih baik jika didekatkan sumber air yang mengalir. Full kerodong berfungsi untuk menenangkan murai batu di dalam sangkar dan tidak menabrak ruji sangkar. Perawatan full kerodong ini dilakukan selama 1-2 bulan, tergantung mental murai batu. Apabila murai batu muda hutan sudah mulai belajar bunyi atau rajin ngeriwik, kerodong dibuka secara bertahap, sambil pantau kondisi murai batu.

Ketiga, hindari dulu mandi dan penjemuran. Mengingat kondisi murai batu muda hutan rentan sakit dan stress, untuk mandi berikan cepuk di dalam sangkar tanpa memaksa murai mau mandi. Jika kondisi murai batu fit, secara naluri akan mandi sendiri. Penjemuran cukup diangin-anginkan saja di tempat yang tenang.

Keempat, setelah kondisi murai batu  mulai pulih dan sehat, biasanya ditandai rajin ngeriwik selama dikerodong. Dalam tahap ini murai batu muda hutan mulai bisa dilatih untuk makan voor, namun jatah eksfood kroto dan ulat hongkong tetap disediakan. Setelah tahap pengevooran beres, murai batu bisa mulai dilatih makan eksfood jangkrik. Berikan 1e jangkrik ukuran tanggung dan bersihkan kaki-kakinya, porsi jumlah jangkrik bisa ditambahkan setelah dua minggu sambil melihat perkembangan kondisi murai batu.

Kelima, gantangkan murai batu di tempat yang aman dan nyaman serta perdengarkan natural therapy yang bisa download di omkicau.com. Jangan tergesa-gesa bahkan iseng untuk menggantangkan murai batu muda hutan jika kondisinya belum benar-benar sehat serta mentalnya mapan. (Endar Wardhana)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

25 Comments

  1. om, sy punya murai batu muda hutan lampung super..sudah hampir satu bulan..sekarang ini sudah mau makan voer …mulai dua minggu sejak kedatangan sudah sy buka krodongnya,,tapi kalau sore-malam-pagi sy krodong..tapi sudah satu bulan ini kok ndak ..ngriwik sama sekali ya…bulu kepala dan dada hitam pekat, namun di sayap hitam kecoklatan…mohon pencerahannya ..betina apa jantan ya..om …

    • Jika bulu sekitar leher dan dada berwarna hitam pekat dan mengkilap pertanda jantan, pemberian EF harus rutin misalnya jangkrik 5/3 dan kroto secukupnya setiap hari. Bisa juga diterapi dengan pemberian TBB.

  2. om..saya punya lampung MH..
    sebulan saya rawat ,sudah ngevoer ,tiap pagi dah rajin ngeplong n lumayan jinak..
    nmun setelah saya pindah ke sangkar bulat burung jd giras n jaramg bunyi lg..
    saya minta saran rawatan harian untuk momongan saya ini..

  3. Brarti ngak pakek kangkrik samaskali ya om. Kaki bagian dengkul ada bekas luaka om kanan dan kiri. Jadi makanan nya hanya vor+kroto+ulat kandang/hongkong doang om? Rawatan harian saya: jam 6 pagi di angin anginkan slama 10menit. Trus mandi kramba+angin anginkan(tanpa terkena sinar matahari) sampai jam stengah 12+ krodong sampai jam 4 sore.jam 4sore mandi kramba+di angin angin kan+ jam stengah 6 krodong sampai pagi. Makanan slama ini 10-20ekor jangkrik perngasih makan+kroto pagi hari+ ulat kandang slalu ada.

  4. Assalamu’alaikum. Om mau shering dikit. Saya baru pertama kali ini punya mb. Dikasih sama saudara yg kerjanya di kalimantan. Kata saudara saya dia beli disana muda hutan. Disana dirawat kira” 1bulan dan sempat ngriwik+ngevor. Trus dikasikan ke saya(sidoarjo). 1minggu ful krdong. Jangkrik 10-15 stiap ngasih makan(3x sehari). Skarang burungx masih giras dan sering terlihat dalam posisi duduk di tangkringan(bukan berdiri) . Makan masih lahap dan mandi krambah. Saya takut murai batusaya sakit jika melihat dlm posisi duduk. Rawatan harian yg gimana om yg harus saya lakukan. Tolong om saran dari anda. Kalok bisa lewat sms ja di no ini 085730387166. Makasih om assalamu’alaikum

  5. om sekitar 3 bulan yg lalu saya membeli murai batu,pada saat beli bulu ekornya ada yg lepas 4 lembar,saya lihat tidak ada patahan atau bekas darah pada bekas bulu ekor yg lepas,yang jadi permasalahanya sampai sekarang bulu ekornya belum tumbuh,apa saya perlu terapi tusuk jarum seperti yg pernah om tulis,apa tunggu sampai mabung saja..tolong petunjuknya om.

    • cek dulu apakah ada bengkak/luka, jika ada segera obati dengan obat gosok dan birdcream. apabila tidak ada cek diameter pangkringan apakah terlalu besar atau kekecilan sehingga membuat burung enggan nangkring dengan nyaman.

  6. Murai mh saya knp ya om?pdhl tiap hr jangkrik 5ps,uh 2ps,kroto pagi 1sdm,kadang 1 ekor cacing.
    1.knp sdh lbh dr 6 bln,ekornya koq ga tumbuh2.mang awal bli,ga da ekornya.
    2.skrg ud mau bunyi tp cm ngriwik aj,gmn crnya agar suara bs ngeplong n gacor?
    3.kira2 burung mb saya jantan apa btn?kl diliat dr warna htmnya pekat tp koq warna birunya tdk terll kelihatan?n apa ngriwik aj jg bs di bil betina?
    Mhn pencerahannya?

    • 1. Pastikan tidak ada sisa tulang bulu ekor yang tertinggal yang tentu akan menyumbat keluarnya bulu baru.
      2 & 3. Syarat utama burung gacor ialah jinak dan tidak takut dengan orang.

  7. kalo saya simpulkan, baik nya murai bahan saat baru datang “jangan langsung” di ajari ngevoor dulu ya om? .. tapi dibuat tenang dulu baru di ajari ngevoor ?..
    pertanyaannya, kalo secara mental murai bahan susah sekali dibuat tenang, grabagan terus walau sudah lama dipelihara, apakah kita terus pake eksfood terus sampai si murai tenang ?… karena saya lihat dan perhatikan sebagian besar hobbies murai, pengennya murai bahan datang langsung di ajari ngevoor ??

    • burung bahan apapun yang baru ditangkap dari hutan tentu akan stress dan dihutan tidak ada makanan instan seperti voer alhasil burung tidak akan mematuk sesuatu yang diangap asing baginya. baiknya dikondisikan dulu kesehatannya dengan diberikan ef secara teratur dan ditenangkan dengan full krodong hingga burung mau ngeriwik, setelah diyakini sehat baru dilatih makan voer.

  8. utk murai mh yg rawan stres klo gnti2 kandang gmn om? Kmarin dri kandang kotak ke kandang murai kok lgsg g mw mkan dan minum,trus pemberian anti stres bs melalui pegang trus tetes lgsg ke mulut burung ato g?

  9. om saya saya punya burung murai nias, matanya yang sebelah kanan suka merem kl lg diem dan kepalanya suka di gibasin gitu mas…obatnya apa yah mas…

  10. om saya beli MB kok suaranya ngok , ngok kaya sulingan apakah itu pertanda sakit tenggorokan padahal sudah berumur nggak bisa ngriwik trim..om

    • mb masih bahan atau mapan?, idealnya mb dewasa yang sudah mapan akan gacor tentu dengan pola rawatan yang benar. suara ‘ngok’ kemungkinan sedang terinfeksi saluran pernafasannya akibat lingkungan sekitar kandang atau pakan minum yang kotor.

  11. Saya baru beli MB MH,baru 3 hr saya full krodong sllu ngriwik,pagii td sesekali ngeplong,kira2 u̶̲̥̅̊ϑά̲̣̣̣̥ђ boleh disemprot Ъќ☻??trus penjemuranya kira2 brp lama?thanks

    • sebaiknya sediakan cepuk yang khusus buat mandi didalam sangkarnya, biarkan mb mandi sendiri tanpa disemprot karena akan rentan kembali stress. masalah penjemuran bertahap saja dulu om, sekiranya masih sangat gesit saat dijemur segera masukkan kembali atau ditenangkan.

      • Oke terimah kasih banyak om,ohy saya ♏αϋ tanya lagi om,klo saya pelihara satu MB Ɩɑ̤̥̈̊ƍΐ,kira2 menggangu MB yang lama gak?soalnya rencana saya nanti tiap seminggu sekali saya ♏αϋ trek buat ngelatih mentalnya biar tetap fighter.trimah ksih.

        • mb memang burung fighter tapi jika terlalu sering ditemukan dalam interval waktu yang berdekatan akan beresiko salah satu atau semuanya bakal drop.

  12. Permisi om saya mw tanya
    Saya punya 2 murai yg 1 hsil tangkaran dan sdang di kawini n smpt brtelur tp knp gg mw di erami yah?
    Dan yang 1nya lagi MB MH saya kok belum mw ngeriwik ya?
    Padahal udah gk takut orang lagi..
    Mohon bantuannya trima kasih

Komentar ditutup.