Banyak tips memilih burung bakalan bertebaran di blog ini maupun di web lain. Namun khusus untuk pemilihan burung ciblek gunung, ada baiknya Anda mengetahui tips yang diberikan Om Yuli Solo Baru yang pernah memiliki ciblek gunung jawara dan kini juga menangkarkan burung ciblek gunung ini.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pada prinsipnya, memilih burung ciblek gunung perlu dilakukan dengan cara perbandingan khususnya untuk para kicaumania yang belum paham betul dengan performa umum ciblek gunung. Jika Anda memilih satu atau beberapa burung ciblek gunung dari sekelompok anakan, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan mana yang ekornya lebih panjang ketimbang burung lainnya dan/atau yang paruhnya tebal serta kepala relatif lebih panjang dan besar.

Berapa ukuran pasti besar atau panjang itu? Yah tentu tidak bisa dijawab dengan ukuran pasti karena itulah perlunya perbandingan. Pemilihan burung dengan cara perbandingan ini juga yang perlu kita lakukan ketika kita memilih burung-burung yang tidak ada perbedaan warna atau bentuk yang jelas di antara jantan dan betina (monomorfik).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Pemilihan berdasar perbandingan antara satu burung dengan lainnya
Memilih ciblek gunung bakalan yang berparuh tebal

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Pilih ekor panjang untuk ciblek gunung bakalan

Nah kalau Anda bisa memilih burung ciblek gunung secara tepat sebagaimana disampaikan Om Yuli (Julianto) yang bersama Om Dwi Lovebird Jogja juga merawat-menangkar burung lovebird fenomenal Golden Boy ini, maka jangan lupa dimaster dengan suara-suara masteran yang tajam dan ngerol rapat panjang. Jika Anda sukses, tidak tertutup kemungkinan burung Anda akan punya tampilan seperti di bawah ini: