Nyanyian jantan mempengaruhi perilaku kenari betina saat bertelur

Dalam penelitian kolaborasi antara Royal Holloway dari Universitas London, Institut Max Planck untuk Ornitologi di Seewiesen dan Radolfzelf di Jerman, beberapa tahun lalu, 45 ekor kenari jinak ditempatkan dalam satu kandang aviari besar. Setelah berjodoh, masing-masing pasangan dipindahkan ke kandang penangkaran dan diamati perilakunya.

Meski penelitian sudah berlangsung cukup lama, mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang menangkar burung ataupun coba-coba menangkar burung.

Burung betina dapat mengubah ukuran telurnya, dan kemungkinan jenis kelamin anaknya, sesuai dengan bagaimana mereka memandang kualitas pasangannya.

Di sini peneliti memutar suara rekaman nyanyian burung kenari jantan yang atraktif (nyanyian ketika menarik perhatian betina untuk diajak kawin) dan nyanyian yang kurang atraktif kepada burung kenari betina.

Ketika betina bertelur, ternyata ukuran telurnya bervariasi, tergantung dari suara rekaman yang didengarnya. Makin atraktif kicauan kenari jantan, eh.. makin besar pula telurnya. Yang lebih menarik lagi dari penelitian ini adalah telur yang berukuran besar memiliki kecenderungan lebih besar untuk menghasilkan anakan berkelamin jantan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Ketika kenari betina diberikan suara rekaman kenari jantan yang tidak menarik / kurang atraktif, ternyata ukuran telur sama sekali tidak berubah. Ini menunjukan bahwa suara jantan memang bisa mengontrol perilaku burung betina, terutama dalam ukuran telur dan kemungkinan jenis kelamin anaknya ketika menetas.

Dengan demikian, suara rekaman kenari jantan bisa mempengaruhi perilaku burung betina saat bertelur, terutama dalam hal ukuran dan kemungkinan jenis kelamin anaknya saat menetas.

Belum diketahui apakah penelitian ini juga bisa diterapkan untuk spesies burung selain kenari. Atau, Om dan Tante ingin mencobanya di kandang penangkaran masing-masing? Selamat mencoba deh…

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

2 Comments

  1. Malam om,,numpang tanya dan pencerahannya nih,,
    Apa ada kenari yg mengerami telurnya lebih dari 16 hari om,,soalnya kenari saya sudah 18 hari ini mengerami telurnya,,
    Apa baiknya saya buang saja telurnya lalu saya jodohkan lagi om,?terima kasih sebelumnya,,,,

Komentar ditutup.