Jalak dituding menyingkirkan spesies burung asli Australia

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Common myna (Acridotheres tristis) atau spesies jalak biasa yang ada di Australia dinyatakan bersalah karena terbukti “menyingkirkan” sejumlah spesies burung asli Australia sehingga harus keluar dari habitat aslinya. Atas bukti-bukti tersebut, jalak dihukum dengan mendapat predikat sebagai burung hama terburuk di Australia.

Burung-Jalak-Common_myna
Populasi jalak di Australia makin bertanbah.

Perdebatan mengenai masalah ini berlangsung selama lebih dari satu dekade. Para ahli burung dan lingkungan hidup mempersoalkan  membengkaknya populasi burung jalak di Australia dan negara-negara lain di dunia. Sebaliknya, sejumlah spesies burung asli Australia justru terdepak oleh kehadiran jalak.

Saat ini jalak dimasukkan dalam penilaian Nomor 3 dalam Daftar IUCN sebagai invasi spesies terburuk. Penelitian terbaru di Australia makin menegaskan hal itu, karena keberadan jalak di Negeri Kanguru ini benar-benar memberi dampak negatif terhadap keberadaan spesies burung asli.

Kate Grarock dan rekan-rekan dari ARC Centre of Excellence for Environmental Decisions (CEED ) dan Australian National University (ANU) meneliti 20 spesies burung di Canberra, ibu kota negara, serta menganalisis catatan Orniotologist Group (COG).

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

COG mendirikan Canberra Bird Survey (GBS) pada tahun 1981, di mana para relawan bertugas melakukan survai terhadap  keberadaan burung di dalam dan sekitar kota. Survai dengan jangkauan seluas 3,1 hektare ini dilakukan setiap dua minggu untuk waktu 10 menit. Selama 29 tahun, terkumpul 74.492 hasil survai yang hasilnya mengejutkan.

“Kami menemukan bukti adanya hubungan antara perkembangan dan melimpahnya populasi jalak dengan sarang-sarang dari delapan spesies burung kecil asli Australia,” kata Grarock.

Burung-burung yang paling terpengaruh oleh keberadaan jalak umumnya memiliki kebiasaan bersarang di dalam lubang di pohon. Misalnya kakatua jambul kuning (sulphur-crested cockatoo), crimson rosella, dan laughing kookaburra.

Juga beberapa spesies burung kecil seperti superb-fairy wren, sriated pardalote, rufous whislter, willie wagtail, grey fantail, magpie-lark, burung gereja, silvereye, dan blackbird. Adapun burung-burung besar seperti kacer (magpies), wattlebirds, galahs, ravens, dan currawongs sepertinya tidak mengalami dampak signifikan.

Jalak bukanlah burung asli Australia. Spesies ini dibawa masuk ke Australia tahun 1862, untuk mengendalikan serangan serangga di Melbourne. Tahun 1968, sepasang burung jalak dibawa ke Canberra, dan dari situlah mulai berkembang biak dengan pesat.

Pada awal tahun 1990, populasinya makin berlimpah di seluruh wilayah Australia. Bahkan tahun ini populasi jalak mulai menekan dan mampu mengusir burung pribumi keluar dari habitat asli. Ini menimbulkan kecemasan bagi warga dan pemerintah setempat, juga para pemerhati burung mengenai keselamatan burung asli Australia di habitatnya.

Sejak tahun 2005, ketika jalak mendapat gelar baru sebagai burung hama, beberapa pemerintah setempat memberlakukan pengawasan dan pengkontrolan ketat terhadap keberadaan spesies tersebut. Kekhawatiran mereka terhadap dampak negatif jalak ini bahkan melebihi kekhawatiran terhadap binatang hama lainnya seperti katak tebu, rubah merah, kucing liar, dan kelinci eropa.

Hingga saat ini masih belum jelas apa yang akan dilakukan untuk mengontrol populasi burung jalak ini di beberapa wilayah di Australia. Wah, berbeda dari negeri kita ya, jalak putih justru jadi burung yang dilindungi.

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. bisa-bisanya blg gt..
    allah yang nyiptain maha tau lg…

    bener kata mas agung.. bagus kirim ke indonesia aja..
    lumayan harga dipasaran mencapai 200-300 rb tuh..

    ha ha ha

  2. . klo jalak buat kicau.an mending impor ke indonesia aja om biar disini di jadiin brung kicau lomba…. 😀
    dri pda d sini brung udah mau punah aja maih di buru terus buat d plihara…mending yg dsana krim ke sini aja…pasti ada yg mau ngrawat….

Komentar ditutup.