Lovebird Janda stabil karena selalu ditempel pejantan brondong

Masih ingat lovebird Janda, koleksi dokter Mulyana, yang mencorong di even BnR Award 2013? Minggu (12/5) lalu, Janda kembali moncer di even bergengsi Ronggolawe Cup I yang diikuti burung-burung papan atas di Tanah Air. Janda berada di posisi runner-up Kelas Ebod Vit, serta dua kali juara 3 (Kelas Jatijajar dan Eb-Odjoss). Ini membuktikan kestabilan lovebird betina yang sudah tiga tahun mencetak prestasi nasional.

Lovebird Janda, betina berumur, yang sudah tiga tahun moncer di lapangan.
Lovebird Janda, betina berumur, yang sudah 3 tahun moncer di lapangan.

Jika prestasi murai batu bisa bertahan lama, itu sudah biasa, seperti Suara Sakti milik Mr Andy Donk yang sudah 15 tahun berlomba dan tetap stabil. Tetapi, berdasarkan pengamatan Om Kicau selama ini (maaf kalau salah), jarang sekali ada lovebird yang tetap eksis di tangga juara selama lebih dari tiga tahun.

Yang sering terjadi, lovebird hanya bertahan 1-2 tahun, kemudian “menghilang” atau masuk kandang penangkaran. “Kalau Janda dari dulu memang stabil prestasinya, dan sudah sering juara,” kata Om Mulyana, dokter spesialis kulit/kecantikan di kawasan Cengkareng.

Sebenarnya perawatan Janda hampir sama seperti perawatan lovebird pada umumnya. “Yang terpenting, disiplin waktu. Kalau kita biasa mengeluarkan burung jam enam pagi, lalu dimandikan dan dijemur hingga jam sebelas siang, maka hari berikutnya juga harus dikondisikan dengan waktu yang sama. Jadi, jam perawatan mandi atau jemurnya jangan berubah-rubah,” jelas Om Mulyana.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mengatasi birahi lovebird

dokter Mulyana
dokter Mulyana

Untuk kebutuhan extra fooding (EF), Janda biasa mengkonsumsi sebatang sawi jenis caisin. Karena lovebird termasuk burung yang gampang birahi, maka kita harus jeli dalam menyiasatinya. Bagaimana Pak Dokter mengatasi birahi Janda?

“Cukup dimandikan! Kalau sudah kelihatan birahi, mandinya dua kali, pagi dan sore hari. Jika lovebird sedang birahi, biasanya dia sering gigit-gigit, ya kita sediakan saja bilahan kayu untuk digigit-gigit burung dalam kesehariannya,” jawabnya.

Selain itu, ada “rahasia” dalam mempertahankan kestabilan Janda. Mengingat burung ini betina, dan sudah berumur, maka dia perlu ditempel lovebird jantan yang berusia muda, atau istilahnya pejantan brondong.

“Selama di rumah, Janda selalu ditempel brondong, dan akan terus gacor, bahkan di lapangan malah bertambah gacor,” kata Pak Dokter yang juga koordinator Jayakarta Team ini.

Hanya dengan cara sederhana inilah prestasi Janda terus stabil di kelasnya. Dengan suara khas tarikan tembakan panjang-panjang, isian suara jenggotan serta volumenya yang keras dan tembus, membuat setiap aksinya di lapangan kerap menjadi perhatian juri dan penonton. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.