Salut untuk Om Sugeng yang sukses menangkar pleci: Anda pun bisa !!!

Banyak plecimania yang menganggap momongan imut ini susah untuk dikembangbiakkan dalam kandang penangkaran. Namun Om Kicau selalu yakin, jika ada satu orang di Indonesia yang bisa melakukannya, tentu akan ada orang kedua, orang ketiga, dan seterusnya, yang akan bisa mengikuti jejak kesuksesan orang pertama. Itu sebabnya, dalam artikel kali ini, Om Kicau akan share bagaimana keberhasilan Om Sugeng Wahyudi dari Pasuruan dalam  menangkar pleci dalam kandang soliter.

Pleci buka
Pleci buka

Pleci sudah mulai dipelihara di Indonesia sejak tahun 1999, dan beranjak popular pada pertengahan 2011, kemudian makin popular lagi pada tahun 2012, seiring dengan makin banyaknya latber lokal khusus pleci di berbagai sudut kota dan daerah.

Tahun 2013 pun, kejayaan pleci sepertinya akan kembali naik, seiring makin popularnya pleci enggano ( Zosterops salvadorii ) dan pleci topi hitam ( Zosterops atricapilla ) yang banyak dicari kalangan plecimania.

Namun, seiring dengan berbagai fenomena di atas, patut juga direnungkan keberadaan pleci yang perlahan tapi pasti mulai menghilang di alam liar. Anda setuju bukan? Ya, pleci yang dulu sering terlihat bergerombol di pepohonan halaman rumah, atau taman-taman kota, kini hanya bisa terlihat beberapa ekor saja dalam kelompoknya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lalu, bagaimana kicaumania menanggulangi masalah ini sebelum pleci benar-benar menghilang dari lingkungan kita? Satu jawaban yang bisa menjadi solusi sementara adalah menangkarkannya.

Mungkin Anda bisa memulainya dengan menangkan pleci untuk tujuan percobaan dulu. Setelah berhasil, bisa dilanjutkan ke penangkaran untuk tujuan pribadi. Selanjutnya bisa dijadikan bisnis, dengan menyisihkan sebagian untuk dilepasliarkan ke alam bebas, dengan harapan mereka akan berkembang biak secara alami di habitat barunya.

Ah, indahnya kalau semua ini bisa dijalankan. Kita tetap bisa berpleci ria dalam latihan, lomba, atau mendengar kicauannya di rumah, dari pleci-pleci hasil budidaya manusia. Sementara pleci-pleci di alam liar akan terus berbiak, dan menjalani takdirnya sendiri.

Mau menangkar pleci? Penangkaran pleci bisa dilakukan dengan menggunakan kandang aviary maupun kandang soliter. Nah, khusus penangkaran menggunakan kandang soliter, kita akan belajar dari Om Sugeng Wahyudi. Beruntunglah kita, karena Om Sugeng mau berbagi tips dan pengalamannya mengenai teknik penangkaran pleci dalam kandang soliter.

Om Sugeng memulai upaya menangkarkan pleci pada Desember 2012 (jadi, baru lima bulan lalu), dengan mempersiapkan satu pasang burung pleci.  Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk keberhasilan penangkaran adalah :

  • Indukan berkualitas
  • Kandang penangkaran
  • Tempat sarang

Adapun tahapan yang penting diperhatikan antara lain persiapan, masalah pakan, dan perawatan. OK? Kita bedah satu-persatu!

TENTANG INDUKAN BERKUALITAS

Berkualitas di sini bukan berarti indukan harus berasal dari juara lomba atau sejenisnya. Yang penting, induk jantan dan induk betina berasal dari spesies yang sama, atau ras / subspesies yang sama. Ini untuk memudahkan langkah awal saja. Kelak, kalau Anda sudah mahir dan memahami seluk-beluk penangkar, boleh saja menciptakan hibrid baru dengan mengawinsilangkan pleci yang berbeda spesies maupun ras.

Yang kedua, pilihlah induk jantan yang sudah buka paruh (rajin bunyi). Ini akan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam perjodohan. Sebab jika pleci jantan sudah rajin bunyi, apalagi buka paruh, bisa dipastikan sudah berusia dewasa dan matang kelamin, sehinggasiap untuk dikawinkan.

Adapun induk betina dipih yang sudah jinak, setidaknya semi-jinak (jinak lalat). Hal ini diperlukan agar burung betina tidak mudah stres, yang bisa berakibat pada kegagalan dalam penjodohan dan tugas reproduksi lainnya.

TENTANG KANDANG PENANGKARAN

Kandang penangkaran bisa menggunakan kandang aviary maupun kandang soliter. Dalam artikel ini, kita hanya membahas penggunaan kandang soliter, dengan ukuran kandang standar sebagaimana digunakan untuk burung kenari.

Pengertian dari kandang soliter adalah kandang yang hanya diisi oleh satu pasang induk saja, dengan ukuran yang relatif terbatas dan bisa menghemat tempat. Lawan dari kandang soliter adalah kandang koloni, di mana satu kandang diisi beberapa ekor burung betina dan beberapa ekor burung jantan, sehingga mereka akan mencari jodoh sendiri.

Kandang aviary sebenarnya bisa bersifat soliter maupun koloni. Pengertian kandang aviary lebih ditujukan pada ukuran yang lebih luas, serta desain interior yang menyerupai atau mengkamuflase suasana di alam liar.

Kandang Soliter yang digunakan
Kandang soliter untuk penangkaran burung pleci.

TENTANG TEMPAT SARANG

Karena sarang pleci berbentuk kecil, maka tempat sarangnya bisa di buat sendiri dengan menggunakan kawat ram atau triplek. Bisa juga menggunakan tempat sarang yang sudah jadi dan banyak dijual di pasaran. Jangan lupa memasukkan bahan sarang seperti serat nanas, kapas, atau kapuk, atau bahan lain yang halus seperti jaring laba-laba dan sebagainya.

Kotak sarang yang digunakan
Tempat sarang untuk penangkaran burung pleci.

TAHAP PERSIAPAN 

Setelah mendapatkan semua perlengkapan, termasuk sepasang induk pleci berkualitas, proses berikutnya adalah penjodohan. Nah, untuk penjodohan, Om Kicau sudah beberapa kali mengulasnya, jadi tidak perlu diulang lagi. Silakan cek artikel penjodohan burung di sini, yang bisa membantu para penangkar pemula.

Setelah benar-benar berjodoh, induk jantan dan induk betina bisa dimasukkan ke kandang soliter. Jangan kaget atau putus asa jika setelah beberapa hari pleci tersebut malah merusak atau mengacak-acak tempat bersarang yang sudah disiapkan. Bahkan ada kalanya pleci betina bertelur di luar sarang. Hal itu lumrah dalam sebuah penangkaran, dan di situlah nilai yang bisa Anda dapatkan, yaitu “kesabaran”.

Indukan betina dan telurnya
Induk pleci betina dan telur-telurnya.

Pada masa awal perjodohan, pleci betina akan bertelur dalam waktu dua minggu setelah disatukan dan terlihat kawin. Dalam periode ini, ada dua kemungkinan yang bakal Anda hadapi. Pertama, induk betina dan induk jantan sama-sama meninggalkan sarang, alias tidak mau mengerami. Kedua, induk betina mau mengerami telurnya, dan induk jantan tidak mengganggu induk betina.

Dua kemungkinan ini perlu dijelaskan, karena karakter atau sifat pleci tidak selalu sama, termasuk ketika sedang menjalankan tugas reproduksinya. Jika kedua induk tidak mau mengerami telur, terutama pada malam hari, solusi yang dianjurkan adalah mengangkat burung jantan dari kandang penangkaran. Jika induk betina mau mengerami telur, dan pejantan tak mengganggu, maka burung jantan bisa dipertahankan dalam kandang.

Seandainya terjadi sesuatu pada telur (misalnya pecah) atau anakannya mati, induk betina biasanya akan kembali bertelur pada periode berikutnya, yaitu 7 hari setelah disatukan lagi dengan burung jantan.

PAKAN YANG DIBERIKAN 

Pakan untuk indukan pleci haruslah full nutrisi. Dengan kata lain, pakan yang diberikan harus mengandung nutrisi yang serasi dan seimbang. Kandungan nutrisi inti (energi metabolisme, protein, lemak, karbohidrat, dan serat kasar) bisa diperoleh melalui pakan utama maupun exstra fooding (EF).

Sebagian vitamin dan mineral juga terkandung dalam pakan yang diberikan, namun jumlah dan jenisnya belum tentu tercukupi. Karena itu, diperlukan asupan dari luar pakan yang biasa disebut multivitamin dan / atau multimineral.

Khusus untuk burung indukan, atau burung dalam penangkaran, Anda bisa menggunakan BirdMatureyang mengandung multivitamin dan multimineral untuk menguatkan berbagai fungsi reproduksi burung. Produk ini sekaligus bisa meningkatkan jumlah telur fertil, meningkatkan daya tetas, dan menjaga kondisi birahi yang optimal (tidak terlalu over, tidak juga terlalu rendah).

Berikut ini jenis pakan yang perlu diberikan kepada pasangan induk pleci dalam penangkaran :

  • Voer lembut yang memiliki kandungan protein tinggi.
  • Serangga seperti jangkrik kecil, ulat hongkong putih atau ulat hongkong kering, ulat kandang, dan sebagainya.
  • Kroto yang sebelumnya sudah ditetesi dengan BirdMature, yang berguna dalam meningkatkan fertilitas dan membuat burung cepat berproduksi serta menguatkan kondisi kesehatan piyikan.
  • Sepotong buah pisang kepok.
  • Bisa juga dengan menambahkan nektar.

TAHAP PERAWATAN 

Setelah mau bersarang di tempat yang sudah disediakan, pleci betina akan mengerami telurnya selama 10 hari sampai akhirnya menetas.

Waktu penetasan telur pleci
Waktu penetasan telur pleci

Pada masa pelolohan itulah pakan serangga harus lebih sering diberikan dalam bentuk yang bervariasi, misalnya memberikan potongan jangkrik kecil, ulat kandang, kroto dan bisa juga diberikan laba-laba ataupun lalat buah kedalam menu makannya untuk diberikan pada anak-anaknya.

Setelah anakan tersebut berusia kurang lebih sebelas hari , ia akan mulai keluar dari sarangnya dan bisa kita lanjut pada perawatan berikutnya yaitu di loloh oleh kita ataupun dibiarkan diasuh oleh induknya hingga dewasa.

Perjalanan anakan pleci menuju dewasa
Perjalanan anakan pleci menuju dewasa

Keuntungan jika kita melakukan pelolohan adalah burung tersebut akan lebih cepat jinak dan memiliki mental yang bagus dan berani, dan bukan tidak mungkin akan cepat dalam proses buka paruh.

Si Mungil yang siap menyambut dunia barunya di dunia Kicau Mania
Si mungil yang siap menyambut dunia barunya.

Dalam beberapa kasus, penangkaran burung pleci memang tidak semudah yang Anda baca dalam artikel ini, Pengalamanlah yang akan mengasah Anda menjadi penangkar andal. Panduan ini hanya bersifat mengantar Anda untuk menjadi penangkar. Semoga Anda, khususnya plecimania, tertarik untuk menangkar burung imut ini sebagai konsekuensi dari kecintaan Anda terhadap burung pleci.

Kepada Om Sugeng Wahyudi, terima kasih sudah berbagi tips dan pengalamannya di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

28 Comments

  1. Saya ngikutin panduin ni..setelah baca2 artikel ni saya praktekan sekitar sebulan lalu dengan menjodohkan beberapa pleci..7 hari setelah di masukkan kandang penangkaran kemudian bertelur 1 , hari berikutnya bertelur lagi tapi pecah trus di buang indukannya ke lantai ..10 hari nunggu telur g segera menetas..di hari ke 15 pagi ngecek telur sambil kasih pakan..rencana mau saya buang telur nya tapi batal , sore harinya saya cek lagi rencana mau ambil telur eh alhamdulilah udah menetas deneng banget..tapi hari ke 2 tepatnytnya tadi pagi..saya liat anakan pleci mati , jadi sedih..tapi saya masih semangat “Kegagalan Bukan Akhir dari Sebuah Proses” trimakasih omkicau

    • burung kalau sudah jodoh biasanya nempel terus om, mulai dari tidur yang dempetan, saling nyisir, burung betina biasanya suka ngikutin jantan, dsb

  2. Mau tanya Om, PC saya kayaknya dah jodoh dah dempet2an mesra, yang jantan dah buat sarang bunderi tapi yg betina biasa ja. Tapi sampe sekarang belum bertelur (dah sekitar 2 mingguan) n anehnya bulu PC betina bagian perut bodol (sepertinya dicabuti PC jantan). Mohon sarannya Om mengenai hal ini.

  3. om ciri ciri pleci berjodoh tu gimana ya soalnya saya punya pleci 1 pasang kalo saya satukan 1 sangkar itu seperti gedumbel bunyi lirih lucu, trus suka merapikan bulu satu sama lain.

  4. Om kemarin sy juga berternak Pleci, tpi masalah utama sy bgmn caranya untuk memberikan makanan untuk selanjutnya? Mksd sy jika kita akan memberi makan, kan otomatis tangan kita masuk dlm kandang…
    Nah setelah tangan kita masuk, otomatis burung tsb loncat2 takut…
    Pertanyaan sy bgmn cara memberikan makan yg benar dlm berternak Pleci ino…

    Terimakasih om…

    • Mengganti makanan seperti biasa saja om, klo burung takut itu wajar dan gak jadi masalah asal tidak kelamaan dalam mengganti makanannya.

      • Apkh malah tdk mengganggu masa kawinnya om?
        Apalagi belum bertelur…
        Krn msh 1 hari disatukan…

        Apakah tdk ada cara lgi untuk memberikan makannya om?

        • ya nggak lah om, klo cuma untuk mengganti makan dan minum mah.. kecuali kalau burung diganggu terus menerus misalnya sangkarnya sering diangkat untuk dibersihkan kotoran yang butuh waktu lama atau dijemur

          • Oh gitu ya om… Oke sy coba lgi… Krn sy takutnya klu tangan sering dimasukkan krn ganti pakan, nanti pas burung nya g mau bertelur dan terganggu…

    • kemungkinan karena sering terganggu jadi mereka ngambek tidak mau ngerami telurnya, hal kaya gini emang menjadi masalah umum dalam menangkar pleci om, coba disiasati misalnya dengan mengganti bahan sarangnya atau merubah posisi / ketinggian sangkarnya. karena ada gangguan saja sedikit bagi mereka sewaktu bertelur, mereka akan ogah mengerami telur-telurnya om.

Komentar ditutup.