Ragam suara decu: Panggilan, alarm, kicauan

Burung decu / pied bushchat (Saxicola caprata) kini hanya dilombakan pada kelas campuran lokal, meski kicauannya tak kalah dari burung kicauan lain. Bahkan decu termasuk burung fighter (petarung), yang mampu berkicau sambil buka sayap dan ekornya. Penggemarnya masih ada, meski menyusut, akibat penghapusan kelas decu pada awal dekade 2000-an. Om Kicau akan menunjukkan ragam suara decu, mulai dari suara panggilan (call) decu jantan dan betina, suara peringatan (alarm), suara kicauan (song) di alam liar dan decu gacor dalam perawatan manusia.

Burung decu

—-

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mengenai karakteristik, kebiasaan dan perilaku, serta perawatan dan sexing burung decu, Om Kicau sudah pernah membahasnya (silakan buka arsipnya di sini), jadi tak perlu diulang lagi.

Insya Allah, dalam posting selanjutnya, akan diuraikan penangkaran decu berdasarkan pengalaman beberapa breeder, sebagai pemacu agar burung ini kembali marak seperti dulu, sekaligus menekan angka perburuan di alam liar.

Suara panggilan dan suara alarm

Decu termasuk burung yang ceriwis. Ini merupakan karakter bawaan (genetis). Di alam liar, burung ini sering curhat dengan burung sejenis. Bahkan jika ada bahaya tertentu, seperti munculnya hewan predator, decu jantan akan memberikan kode berupa suara alarm.

Burung betina dan burung jantan memiliki nada panggilan (call) yang berbeda, di mana nada panggil decu jantan tetap terlihat merdu, sedangkan burung betina hanya “chat-chit.. chat chit..” mirip anak ayam, ditambah suara mbeset-mbeset.

Berikut ini suara panggilan decu jantan dan betina, serta suara alarm :

  • Suara panggilan burung decu jantan    l    Download
  • Suara panggilan burung decu betina 1    l    Download
  • Suara panggilan burung decu betina 2    l    Download
  • Suara alarm burung decu    l    Download

burung decu

Suara kicauan burung decu di alam liar

Berikut ini beberapa variasi kicauan burung decu di alam liar, yang sebagian besar materinya berasal dari xeno-canto.org, kemudian dilakukan sedikit editing agar suaranya lebih jernih. Suara kicauan ini hanya berasal dari burung jantan.

  • Kicauan burung decu di alam liar 1   l    Download
  • Kicauan burung decu di alam liar 2   l    Download
  • Kicauan burung decu di alam liar 3   l    Download
  • Kicauan burung decu di alam liar 4   l    Download
  • Kicauan burung decu di alam liar 5   l    Download

burung decu

Suara kicauan burung decu gacor

Burung decu mampu membawakan berbagai jenis lagu, tergantung dari isian (suara burung lain) yang diberikan kepadanya. Biasanya, decu mudah dimaster dengan suara burung lain yang memiliki suara melengking, atau burung dengan tembakan rapat seperti serindit, cucak jenggot, dan burung gereja tarung.

Hasil pemasteran akan dibawakannya dengan lagu yang melengking kristal, diselingi beberapa tembakan.
Nah, audio berikut ini merupakan kicauan burung decu yang sudah gacor, hasil konversi dari video di youtube. Audio pertama merupakan burung decu di Indonesia, sedangkan audio kedua merupakan burung decu di Vietnam.

  • Kicauan burung decu gacor 1   l    Download
  • Kicauan burung decu gacor 2   l    Download

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.