Bagus mana CJ dan KT untuk masteran murai batu?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Judul artikel ini berkesan provokatif, seperti “membenturkan” dua burung yang sama-sama memiliki penggemar fanatik. Apalagi cucak jenggot (CJ) dan kapas tembak (KT) sama-sama bagusnya untuk masteran  murai batu, tidak terkecuali murai batu lomba. Banyak MB jawara yang punya tembakan CJ, atau KT, atau bahkan keduanya sekaligus. Pertanyaan di atas menjadi penting, ketika isi kantong kita terbatas, sehingga harus memilih salah satu di antara keduanya untuk memaster MB di rumah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cucak jenggot dan kapas tembak
Cucak jenggot dan kapas tembak sama-sama bagus untuk masteran MB.

—-

Jika kita bertanya langsung kepada pakarnya, Ir H Syamsul Saputro, yang juga pemilik SKL Bird Farm di Jatibarang, Indramayu, jawabannya mungkin cukup mengejutkan, namun bisa menjadi referensi bagi Anda.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ya, Om Syamsul lebih memilih cucak jenggot. Mengapa?

“Dari hasil pemantauan kami selama ini, pada umumnya suara gesekan dan tembakan cucak jenggot lebih mudah atau lebih cepat diserap murai batu dibandingkan dengan suara kapas tembak,” jawab Om Syamsul, yang setiap hari terlibat dalam pemasteran setiap produk murai batunya.

Selain itu, tembakan cucak jenggot juga lebih tajam, dan irama naik turunnya lebih ngelagu. Namun, ini juga tergantung dari kualitas cucak jenggotnya sendiri, karena ada juga CJ yang kapasitasnya tak sebagus itu.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Salah satu kelebihan lain dari cucak jenggot adalah bisa menirukan suara kapas tembak, tapi kapas tembak tidak bisa menirukan suara cucak jenggot,” kata Om Syamsul.

Suara pembukaan cucak jenggot, atau gesekannya yang kasar, sangat enak ketika dibawakan murai batu yang tipikal suaranya juga kasar.

Tembakan cucak jenggot dengan speed rapat lebih cenderung mirip dengan suara cililin, serta punya kemiripan pula dengan suara lovebird. Artinya, ketiga burung ini memiliki notasi yang satu tipe.

Namun, pesan Om Syamsul, semua pilihan dikembalikan lagi kepada selera masing masing pemilik / perawat murai batu.

Apa yang disampaikannya sekadar menjawab pilihan sulit, ketika keuangan kita terbatas untuk bisa membeli  dua burung master sekaligus: cucak jenggot dan kapas tembak. “Kalau ada dana, keduanya sama-sama bagus untuk masteran murai,” tandasnya.

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

Komentar ditutup.