Bagus mana CJ dan KT untuk masteran murai batu?

Judul artikel ini berkesan provokatif, seperti “membenturkan” dua burung yang sama-sama memiliki penggemar fanatik. Apalagi cucak jenggot (CJ) dan kapas tembak (KT) sama-sama bagusnya untuk masteran  murai batu, tidak terkecuali murai batu lomba. Banyak MB jawara yang punya tembakan CJ, atau KT, atau bahkan keduanya sekaligus. Pertanyaan di atas menjadi penting, ketika isi kantong kita terbatas, sehingga harus memilih salah satu di antara keduanya untuk memaster MB di rumah.

cucak jenggot dan kapas tembak
Cucak jenggot dan kapas tembak sama-sama bagus untuk masteran MB.

—-

Jika kita bertanya langsung kepada pakarnya, Ir H Syamsul Saputro, yang juga pemilik SKL Bird Farm di Jatibarang, Indramayu, jawabannya mungkin cukup mengejutkan, namun bisa menjadi referensi bagi Anda.

Ya, Om Syamsul lebih memilih cucak jenggot. Mengapa?

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Dari hasil pemantauan kami selama ini, pada umumnya suara gesekan dan tembakan cucak jenggot lebih mudah atau lebih cepat diserap murai batu dibandingkan dengan suara kapas tembak,” jawab Om Syamsul, yang setiap hari terlibat dalam pemasteran setiap produk murai batunya.

Selain itu, tembakan cucak jenggot juga lebih tajam, dan irama naik turunnya lebih ngelagu. Namun, ini juga tergantung dari kualitas cucak jenggotnya sendiri, karena ada juga CJ yang kapasitasnya tak sebagus itu.

“Salah satu kelebihan lain dari cucak jenggot adalah bisa menirukan suara kapas tembak, tapi kapas tembak tidak bisa menirukan suara cucak jenggot,” kata Om Syamsul.

Suara pembukaan cucak jenggot, atau gesekannya yang kasar, sangat enak ketika dibawakan murai batu yang tipikal suaranya juga kasar.

Tembakan cucak jenggot dengan speed rapat lebih cenderung mirip dengan suara cililin, serta punya kemiripan pula dengan suara lovebird. Artinya, ketiga burung ini memiliki notasi yang satu tipe.

Namun, pesan Om Syamsul, semua pilihan dikembalikan lagi kepada selera masing masing pemilik / perawat murai batu.

Apa yang disampaikannya sekadar menjawab pilihan sulit, ketika keuangan kita terbatas untuk bisa membeli  dua burung master sekaligus: cucak jenggot dan kapas tembak. “Kalau ada dana, keduanya sama-sama bagus untuk masteran murai,” tandasnya.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.