Tanda-tanda pleci mabung di luar waktunya

Buah-buahan bagi pleci sangat penting. Bukan sekadar sebagai penyedia aneka vitamin dan mineral saja, tapi pemberian buah-buahan secara rutin juga dapat membuat fungsi-fungsi fisiologinya menjadi normal. Fisiologi pada burung antara lain mencakup kerja jantung, hati, paru-paru, pencernaan, juga siklus mabungnya. Kalau pleci kekurangan asupan buah, salah satu gangguan yang mungkin terjadi adalah mabung di luar waktunya. Mau tahu tanda-tanda pleci mabung di luar waktunya?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Perubahan perawatan terutama dari pemberian pakan bisa memicu pleci mengalami mabung diluar waktunya
Perawatan dan pakan tak maksimal bisa membuat pleci mabung di luar waktunya.

—-

Buah-buahan sebenarnya hanya salah satu aspek saja yang membuat fungsi fisiologis burung berjalan normal atau sebaliknya, tidak teratur, semerawut, alias crowded. Perubahan pola pakan, perubahan pola perawatan, dan perubahan cuaca secara ekstrem pun bisa memunculkan ganguan-gangguan yang tak diinginkan, seperti mabung di luar waktunya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Kasus mabung di luar waktunya biasanya terjadi pada pleci dewasa / tua, yang membutuhkan lebih banyak asupan pakan dari buah-buahan. Pleci yang hanya diberi pakan kering / voer dan jarang diberi buah-buahan cenderung mudah mengalami hal seperti itu.

Tanda-tanda sebelum mabung di luar waktunya

Sebelum mabung di luar waktunya, ada beberapa tanda atau perilaku yang bisa kita kenali. Dengan demikian, kita bisa segera menyiapkan perawatannya. Berikut ini beberapa perilaku di mana pleci bakal mabung di luar waktunya :

  1. Pleci sering mengembangkan bulu-bulunya.
  2. Pleci terlihat lebih gemuk, sehingga penampilan / bentuknya agak berbeda.
  3. Adanya bulu-bulu halus yang mulai berjatuhan.
  4. Tumbuh rambut-rambut putih (seperti uban), biasanya muncul pada daerah sekitar leher dan di bagian atas kepalanya.

Apabila tanda-tanda di atas mulai terlihat, maka Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terakit dengan perawatan burung mabung, terutama extra fooding, buah-buahan, vitamin, dan air bersih.

Perawatan pleci mabung di luar waktunya

Berikut ini beberapa perawatan khusus yang bisa dilakukan agar pleci bisa menjalani mabungnya dengan nyaman, meski itu terjadi di luar siklus mabung yang normal:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Selama mabung, berikan buah-buahan manis yang segar seperti pepaya, semangka, juga sayuran seperti oyong.
  • Selalu cek ketersediaan air bersih sebagai air minumnya.
  • Selama mabung, sangkar dikerodong separo secara bertahap, dan setiap 4-5 hari kain kerodong diangkat sedikit demi sedikit, sehingga akan terbuka semua begitu masa mabungnya rampung.
  • Pleci tetap dimandikan, karena akan membantunya melewati masa mabung dengan lancar, bahkan bisa membantu melancarkan proses peluruhan bulu serta membantu mempecepat tumbuhnya bulu-bulu baru. Memandikan pleci menggunakan air beras juga bisa membantu proses mabungnya, sehingga bulu baru akan tumbuh lebih indah dan sehat.
  • Selama masa mabung, pleci perlu mendapat asupan multivitamin seperti BirdVit agar kondisinya tidak terlalu drop.
  • Bisa juga menggunakan paket BirdMolt-Pre (BM-Pre) dan BirdMolt-Post (BM-Post), yang bukan sekadar mengandung aneka vitamin, tapi juga aneka mineral dan zat lain untuk membantu merontokkan  bulu (BM-Pre) dan mempercepat tumbuhnya bulu baru secara normal dan sehat (BM-Post).
  • Tetap berikan nektar buatan, baik menggunakan gula merahgula putih, atau madu.
  • Serangga seperti ulat hongkong berwarna putih, atau ulat kandang, bisa diberikan sebagaimana hari-hari sebelum mabung. Demikian pula dengan kroto dan jangkrik.
  • Usahakan burung dijauhkan dari suasana bising atau sering dilalui orang.

Dengan menjalankan beberapa hal di atas , dalam waktu tidak terlalu lama (sekitar 1,5 bulan) pleci rampung mabung tanpa banyak gangguan. Bulu-bulu barunya akan lebih indah, bersinar dan kuat, dan akan berimbas pada peningkatan performa suaranya.

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.