Nama Joni Huang sudah lama kondang di komunitas kicaumania Kota Jambi dan sekitarnya. Dulu dia sering turun ke lapangan, dan banyak burungnya yang berprestasi. Cukup lama dia absen dari lomba, karena sibuk mengurus Toko Burung Hose. Minggu (10/11) lalu, Joni turun lagi ke lapangan mengikuti even Friendship Cup 2, dan menyabet dua gelar juara 1 melalui murai batu Ucok. Sore tadi, Om Kicau mampir ke tokonya. Aneka jenis burung ada di sana, termasuk MB medan yang hanya seharga Rp 1,6 juta, cililin bahan Rp 750.000, cucak hijau Rp 550.000, dan sebagainya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Murai batu Ucok milik Joni Huang, jawara di Frienship Cup 2 Jambi.

Seperti diberitakan sebelumnya, murai batu Ucok meraih double winner dalam even Friendship Cup 2 di Lapangan Bakung, Pasir Putih, Kota Jambi, Minggu (10/11) lalu. Sang pemilik, Joni Huang, baru sebulan lalu membelinya dari Bambang Skif.

Kasak-kusuk yang menyeruak di kalangan pemain, Joni Huang harus membayar mahar sebesar Rp 30 juta untuk membeli murai batu tersebut. Ketika dikonfirmasi Om Kicau, Joni Huang tak membantah soal nominal mahar yang harus disetorkannya untuk take-over murai batu Ucok.

“Ya, proses transfernya sekitar satu bulan lalu. Puas sekali melihat penampilan Ucok pada Friendship Cup 2,” kata Joni Huang, ketika ditemui Om Kicau di Toko Burung Hose miliknya.

Joni Huang bersama murai batu Ucok.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Bukan sekadar menggaet dua gelar juara pertama, Ucok juga mampu mengalahkan beberapa burung papan atas seperti Anatta milik Aping yang pernah menjuarai salah satu seri Liga Sumatera dan even di Jakarta. Ucok juga sukses menaklukkan Seda, murai batu milik Bujang Makalam, yang juga punya catatan prestasi mengesankan.

Menurut Joni, dia lama menghilang, karena waktu itu masih fokus mengembangkan toko burungnya: Hose. Kini toko sudah berkembang bagus, dan tinggal menjaga kesetiaan pelanggan saja, sehingga ia bisa kembali aktif ke lapangan.

Toko Burung Hose di Talang Jauh, Jelutung, Jambi.

Melihat-lihat Toko Burung Hose

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Om Kicau lalu melihat-lihat jenis burung yang ada di Toko Burung Hose. Wah, cukup lengkap juga. Untuk murai batu misalnya, ada jenis MB medan super, MB medan, dan MB jambi.

Beberapa burung master seperti cililin, siri-siri (besar dan kecil), pelatuk, dan tengkek juga tersedia. Daftar harga burung di Toko Burung Hose bisa dilihat pada tabel di bawah. (Kelana Lana)

Om Rudi (kiri) dan Om Richard, dua karyawan Toko Burung Hose.
JENIS BURUNG KONDISI HARGA
Murai batu medan super Panjang ekor > 20 cm, badan besar,sehat Rp 5.000.000
Murai batu medan sehat Rp 1.600.000
Murai batu jambi bahan, sehat Rp 1.500.000
Kacer bahan, sehat Rp 250.000
Cililin bahan, sehat Rp 750.000
Kapas tembak sehat Rp 200.000
Siri-siri besar bahan, sehat Rp 200.000
Siri siri kecil bahan, sehat Rp 100.000
Serindit sehat Rp 60.000
Pelatuk kecil bahan, sehat Rp 100.000
Pelatuk besar bahan, sehat Rp 120.000
Cucak hijau sehat Rp 550.000
Lovebird 4 bulan, sehat Rp 700.000
Kenari bahan jantan, sehat Rp 200 – 250 ribu
Tengkek bahan anak, sehat Rp 550.000

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.