Burung kecici selalu diidentikkan dengan belalang, sehingga sebagian besar penamaan secara internasional pun menggunakan embel-embel belalang. Hal itu disebabkan suara kicauannya mirip dengan suara belalang ketika mengerik. Tetapi suara kicauan kecici belalang / pallas’s grasshopper warbler (Locustella certhiola) mempunyai keunggulan dari jenis kecici lainnya, karena adanya perpaduan antara cececetan (mirip suara belalang), siulan, dan tembakan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung kecici belalang / pallas’s grasshopper warbler (Locustella certhiola).

—-

Kecici sebenarnya bukan burung lokal Indonesia. Burung ini memiliki habitat asli di kawasan Siberia. Kawasan ini sangat luas, mencakup sebagian wilayah Rusia, Asia Utara (Kazakhstan, Mongolia, dan perbatasan China), dan padang rumput luas (steppa) di Eurasia atau perbatasan Eropa-Asia.

Di sanalah burung-burung kecici berkembang biak. Tetapi di luar masa berkembang biak, dan itu terjadi pada musim dingin, mereka akan bermigrasi ke arah selatan, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, sejauh ini hanya ada empat spesies burung kecici yang rajin mampir, yaitu:

  • Kecici lurik / lanceolated warbler (Locustella lanceolata)
  • Kecici siberia / middendorf’s grasshopper warbler (Locustella ochotensis)
  • Kecici abuabu / gray’s grasshopper warbler (Locustella fasciolata)
  • Kecici belalang / pallas’s grasshopper warbler (Locustella certhiola)

Kali ini kita hanya ingin membahas kecici belalang saja. Postur tubuhnya sedang (panjang 15 cm). Warna tubuh bagian atas cokelat, dengan coretan abu-abu dan hitam. Sayap dan ekornya cokelat kemerahan. Ekornya juga bergaris hitam, dengan ujung bulu ekor berwarna putih.

Ujung bulu ekornya berwarna putih.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Tubuh bagian bawah keputih-putihan, dengan dada dan sisi tubuh kuning tua. Pada burung remaja, tubuh bagian bawah tersapu warna kuning dan terdapat bintik-bintik hitam berbentuk segitiga di bagian dada.

Bagian atas matanya terdapat setrip kuning tua.  Iris mata cokelat. Paruh atas juga cokelat dan paruh bawah kekuningan. Kedua tungkai kakinya berwarna merah-jambu.

Setrip kuning tua di atas mata burung kecici belalang.

—-

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat penampilan burung kecici belalang dalam video berikut ini, yang bersumber dari ibc.lynxeds: