Mengelola pakan hidup untuk burung kicauan

Memelihara burung kicauan tentu identik dengan memelihara pakan hidup. Banyak cara yang bisa Anda lakukan agar pakan hidup tersebut tetap terjaga kesegarannya. Kali ini Om Kicau akan membagikan tips cara mengelola pakan hidup untuk burung kicauan, khususnya empat jenis pakan  hidup yang paling banyak digunakan, yaitu jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan cacing tanah.

Pakan hidup, dalam konteks burung kicauan yang dipelihara dalam sangkar, sering diposisikan sebagai extra fooding (EF) atau pakan tambahan. Tetapi bagi sobat kicaumania yang tidak memberikan voer pada burung piaraannya, maka pakan hidup tetap diposisikan sebagai pakan utama.

Pakan hidup merupakan pakan utama bagi burung kicauan | foto: Kaskus
Pakan hidup menjadi kebutuhan utama sebagian besar burung kicauan | foto: kaskus

Pakan hidup, baik sebagai EF maupun pakan utama, tetap harus dikelola dengan baik sehingga kondisinya tetap segar menjelang diberikan kepada burung. Sebagai makhluk hidup, mereka rentan mati kalau tidak dikelola dengan baik.

Jika pakan tersebut sudah mati cukup lama, kemudian diberikan kepada burung, itu berarti kita memberi bangkai kepada burung kesayangan di rumah. Salah satu ciri bangkai adalah busuk, karena sudah mulai terurai oleh mikroba, sehingga sangat dimungkinkan bisa membahayakan saluran pencernaan burung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sobat kicaumania yang mengoleksi beberapa burung kicauan, katakanlah lebih dari dua ekor, biasanya akan membeli pakan hidup dalam jumlah cukup banyak, terutama untuk persediaan selama beberapa hari ke depan.

Namun, tidak semua pakan hidup bisa bertahan lama. Sebagian akan mati dimakan oleh temannya sendiri, atau dimakan binatang lain seperti semut.

Karena itu, sebagai panduan bersama, sekaligus menjawab beberapa pertanyaan kicaumania,kali ini Om Kicau akan membagikan tips tentang cara mengelola pakan hidup. Ada dua hal penting dalam istilah mengelola, yaitu menyimpan dan merawat pakan hidup sehingga kondisinya tetap segar saat diberikan kepada burung.

Karena uraiannya cukup panjang, maka artikel ini disusun berdasarkan halaman per halaman. Halaman pertama tentang merawat dan memanfaatkan jangkrik, diikuti jenis pakan hidup lainnya pada halaman-halaman berikutnya. Anda tinggal mengklik link yang ada di bagian bawah dari masing-masing halaman.

Jangkrik  |  Ulat Hongkong  | Kroto  | Cacing Tanah

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Numpang nanya ya om…
    Birdvit sy jatuh ke kolam ikan mungkin krn tutupnya kurang rapat skrg wujudnya jd menggumpal om jg warnanya jd agak kehitaman. Itu masih boleh digunakan gk om apa musti dibuang aja…., thanks b4

  2. Numpang tanya ya om…
    Birdvit sy jatuh ke kolam om mungkin krn tutupnya kurang rapat skrg wujudnya jd menggumpal dan warnanya jd coklat agak kehitaman. Itu masih boleh dikasihkan ke burung gak om apa musti dibuang aja…

Komentar ditutup.