Tiga upaya untuk membuat stamina cendet selalu oke dan siap gantang

Sebagian kicaumania masih enggan memelihara burung cendet karena menganggap perawatannya susah. Padahal cendet termasuk jenis burung yang pintar meniru suara lingkungan sekitanya, atau suara burung lain yang didengarnya. Bahkan perawatan burung cendet tidak sesulit yang anggapan selama ini, lantaran faktor utama yang diperlukan adalah menjaga stamina cendet selalu oke sehingga burung dalam kondisi siap gantang.

Cendet nagen
Jika stamina selalu oke, burung cendet pasti siap gantang.

Cendet merupakan burung aktif dan sangat atraktif. Sebagai burung dengan karakter predator, cendet harus memiliki stamina dan kondisi fisik benar-benar fit. Dengan begitu, mereka lebih cepat mencapai top form atau penampilan terbaiknya.

Itulah yang selama ini kerap diabaikan para cendetmania di Indonesia. Masih banyak yang menganggap cendet sama saja dengan burung kicauan jenis lainnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Menjaga stamina cendet agar tetap oke bisa dimulai dari perawatan hariannya. Dalam perawatan harian, ada tiga upaya yang bisa dilakukan untuk membuat stamina cendet selalu oke dan siap gantang, yaitu :

1. Sering memandikan untuk membangkitkan mental

Mandi bagi burung cendet adalah sesuatu hal yang bersifat wajib. Sebab burung akan merasa segar dan lebih percaya diri jika bulu-bulunya sudah bersih dan terlihat lebih indah.

Karena itu, sewaktu memandikan cendet, pastikan kalau bulu-bulunya benar-benar basah. Mandikan dia sampai merasa puas.

Dengan rutin memandikan burung setiap hari, atau bahkan dua kali sehari, baik dengan cara disemprot atau mandi karamba, maka Anda telah membantu menumbuhkan mental cendet sehingga siap berkicau dengan lantang.

Mandi juga sangat bermanfaat bagi cendet yang mengalami macet bunyi atau ketika berada dalam kondisi ngedrop. Mandi bisa menjadi sarana mempercepat pemulihan kondisi ngedrop, termasuk mandi malam.

2. Penjemuran rutin untuk melatih fisik

Cendet adalah burung lapangan, yang selalu aktif dan atraktif. Kebiasaannya bertengger d dahan pohon paling tinggi dilakukannya untuk memantau daerah kekuasannya dari keberadaan burung lain, hewan, atau serangga yang masuk wilayah mereka.

Karena sifatnya itu pula, cendet dikenal sebagai burung panas, atau burung yang mampu bertahan dalam kondisi cuaca yang panas atau terik.

Dalam perawatan hariannya, burung cendet juga tidak bisa dilepaskan dari penjemuran yang kuat. Secara umum, cendet akan dijemur sejak pukul 07.00 hingga 10.00. Tetapi bagi cendet yang dipelihara di daerah berhawa sejuk, penjemuran bisa dilakukan lebih lama daripada biasanya.

Manfaat lain yang didapatkan dari penjemuran adalah suara kicauannya bisa menjadi lebih kristal atau kencang. Tubuh cendet pun terlihat lebih langsing, dengan kepala terlihat lebih besar. Hal itu juga akan membuat cendet lebih mudah nagen jika dilombakan.

3. Pakan berprotein tinggi untuk menjaga kondisi tetap fit

Salah satu faktor terpenting dalam menjaga kondisi burung cendet adalah pemberian pakan berprotein tinggi. Dalam perawatan harian, burung cendet bisa diberi jangkrik sebanyak 3-4 ekor, setiap pagi dan sore hari.

Namun dua hari menjelang lomba, extra fooding (EF) perlu ditingkatkan. Misalnya porsi jangkrik dinaikkan menjadi 7-10 ekor pada pagi dan sore hari. Lalu pada hari lomba, sebelum dibawa ke lapangan, cendet diberi pakan ulat hongkong.

Perawatan menjelang lomba dimaksudkan untuk menjaga kondisi cendet agar tetap stabil, tetapi memiliki birahinya optimal (cukup).

Selain pakan tinggi protein, burung cendet juga membutuhkan asupan pakan dari sumberlain. Misalnya diberi hewan-hewan kecil seperti kadal atau burung-burung kecil. Agar mentalnya stabil, mangsa alami bisa diberikan setiap dua minggu sekali.

Sebagai burung predator kecil yang cukup aktif, asupan nutrisi memang tak sepenuhnya bisa didapatkan dari pemberian pakan rutin seperti jangkrik, ulat, atau kroto. Asupan nutrisi juga bisa didapatkan secara langsung melalui pemberian suplemen vitamin  seperti BirdVit yang bisa memberi manfaat banyak bagi burung kicauan termasuk cendet.

Setelah stamina dirasa sudah oke, burung cendet siap dibawa ke arena lomba untuk menampilkan aksi  terbaiknya. Untuk  mengetahui bagaimana ciri-ciri cendet siap lomba, silakan lihat kembali referensinya di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Asalamualaikum..hari” saya sedang mencoba untu berternak burung kenari..yang mau saya tanyakan adalah dari bertelur sampai menetas itu berapa harii ya?? terima kasih

    • telur kenari akan menetas setelah dierami selama 13 – 15 hari. kalau lebih dari 17 hari telur belum menetas ada kemungkinan telur infertill.

Komentar ditutup.