Membuat eggfood dari remahan roti: Pakan bergizi untuk burung kenari

Kenari termasuk burung kicauan yang sangat aktif, sehingga memburuhkan asupan gizi / nutrisi yang cukup. Pemberian pakan bergizi bisa membantu burung menjalankan aktivitas sehari-hari, cukup energi, yang membuatnya rajin bunyi. Di pasaran kita mengenal beberapa jenis pakan kenari, termasuk BirdFood yang diracik khusus untuk kenari lomba. Anda juga bisa memberikan pakan racikan bergizi tinggi berupa eggfood dari remahan roti.

Membuat cede untuk burung kenari
Pakan bergizi bisa membuat kenari lebih aktif dan rajin berbunyi.

Selama ini,  para penggemar kenari hanya terfokus pada telur rebus atau telur puyuh rebus untuk burung piaraannya. Jika terlalu sering, apalagi diberikan setiap hari, tentu malah kurang baik karena burung berpotensi mengalami obesitas atau kegemukan, yang membuatnya malas bergerak dan malas bunyi. Biasanya, telur puyuh rebus cukup diberikan 1-2 kali dalam seminggu.

Sebagai selingan, Anda bisa memberikan pakan alternatif  berupa eggfood. Dalam tulisan-tulisan sebelumnya, Om Kicau pernah mengulas cara pembuatan eggfood untuk aneka jenis burung kicauan, termasuk kenari.

Kali ini, kita membahas cara membuat eggfood dari remahan roti, atau eggfood dalam bentuk kering. Pakan ini diyakini bisa membuat kenari menjadi lebih aktif, merangsang burung rajin berbunyi terutama untuk kenari muda atau bakalan, serta mempercepat proses reproduksi dan perawatan anakan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahan yang digunakan:

  • Beberapa butir telur rebus
  • Remah roti atau tepung roti
  • Kacang tanah
  • Biskuit bayi atau sereal
  • BirdVit

Cara membuat eggfood remahan roti

Salah satu bahan yang digunakan adalah remahan roti. Anda bisa menggunakan remah roti komersial yang biasa dijual dalam bentuk tepung roti, bisa juga membuatnya sendiri dengan cara memanggang potongan kecil roti di dalam oven selama 10 – 15 menit sampai kering. Setelah kering diblender sehingga menjadi tepung roti.

Membaut cede untuk burung
Remahan roti sebagai bahan utama pembuatan eggfood.

Bahan berikutnya adalah telur rebus. Anda bisa menggunakan beberapa butir telur puyuh rebus, atau 2-3 butir telur ayam / bebek.  Telur-telur yang sudah direbus kemudian dihancurkan agar menjadi butiran-butiran kecil.

Membuat cede untuk kenari
Telur dihancurkan menjadi butiran kecil

Campurkan remahan roti yang sebelumnya sudah disiapkan ke dalam adonan telur yang sudah dibuat menjadi bubuk.

Remah roti
Remah roti dicampurkan ke dalam adonan telur

Adapun sisa-sisa cangkang / kerabang telur dikumpulkan, lalu dikeringkan dalam oven selama beberapa menit. Setelah itu didinginkan dan dihancurkan, sehingga menjadi serbuk yang bisa dicampur ke dalam adonan tersebut.

Membuat CEDE untuk burung kenari
Cangkang telur yang sudah menjadi bubuk dimasukkan ke dalam adonan.

Berikutnya menyiapkan kacang tanah dan biskuit bayi atau sereal bayi. Tumbuk kacang tanah hingga menjadi butiran halus. Lakukan hal yang sama pada biskuit bayi yang diremas atau dihancurkan hingga menjadi bubuk. Campurkan keduanya ke dalam adonan telur dan remah roti, lalu aduk hingga merata.

cara membuat cede untuk kenari
Biskuit bayi dihancurkan dan dicampur bersama bahan lain.

Untuk melengkapi kandungan vitaminnya, Anda bisa menaburkan BirdVit ke dalam eggfood spesial tersebut sebelum diberikan kepada burung kenari.

Tahap terakhir adalah mengaduk kembali semua bahan pakan hingga tercampur merata. Kini, eggfood bergizi tinggi siap diberikan kepada kenari, sebagai pendamping pakan utamanya yang berupa biji-bijian.

Perlu diperhatikan, pemberian eggfood dari remah roti ini sebaiknya diberikan selama 3 – 4 kali dalam minggu. Setelah rutin mengkonsumi eggfood kering ini, maka dalam waktu beberapa minggu kenari muda / bakalan akan menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi, sehingga mempercepat proses ngeplong atau ngerolnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Om,kl TBB di berikan ama burung perkutut ada efek negatifnya ndak om ? Trus aku juga punya pleci kecil dada kuning dah 3 bln ini cuma ngeriwik aja itu solusinya gimana ya om…? Malah yg dada putih diem aja..

Komentar ditutup.