Latber Jumat Ceria yang rutin digelar di Gantangan Jack, Gunung Guntur, Balikpapan, setiap Jumat siang, tetap eksis melombakan dua jenis burung saja: lovebird dan kenari. Meski jumlah peserta tak bisa sebanyak latber / lomba pada umumnya, Om Jack selaku pemilik gantangan tetap merasa puas karena tercapainya beberapa tujuan yang dirancang sejak awal.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Suasana lomba kelas lovebird dalam Latber Jumat Ceria Balikpapan, Jumat (26/9).

Menurut Om Jack, kontes yang dikelolanya bersama Om Eeng ini dimaksudkan untuk menjadi ajang bagi para lovebird lovers dan kenarimania pemula untuk menguji seberapa jauh kemampuan dalam merawat burung masing-masing.

“Bahkan beberapa pemain senior kerap turun, atau setidaknya mewakilkan krunya. Ini bisa menjadi kesempatan bagi pemula untuk menimba ilmu mengenai perawatan kenari dan lovebird lomba, juga soal cara memilih burung prospek,” tambah Om Jack.

Om Eeng menambahkan, Latber Jumat Ceria kini dapat menjadi salah satu alternatif bagi pemandu bakat (kier master) maupun siapapun yang ingin hunting burung-burung prospek, khususnya kenari dan lovebird.

“Bahkan ada pula penangkar yang rutin melombakan burungnya, karena ingin menjadi breeder plus-plus. Artinya, dia bukan hanya menghasilkan anakan kenari dan lovebird, tetapi sekaligus memoles hingga siap lomba. Kalau bisa menang, harga jualnya tentu lebih  tinggi,” kata Om Eeng.

Om Jack (kanan) bersama juri-juri lomba.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dalam latber Jumat (26/9) lalu, panitia membuka tiga kelas lovebird dan dua kelas kenari. Lovebird tetap dijubeli peserta, sementara kenari belum bisa sebanyak lovebird. Total ada 98 peserta, yang berarti setiap kelas rata-rata berisi 20 ekor, meski faktanya kelas lovebird lebih dari 25 gantangan.

Lovebird Asoka milik RR (Gunung Guntur) sukses menjuarai Kelas A. Namun Kelas B dijuarai lovebird Pipit koleksi Tri Pratama SF. Adapun Kelas C dimenangi Blorong, lovebird milik Jepi dari Ngetem.

“Persaingan di kelas lovebird selalu ramai di Jumat Ceria, sehingga sering sekali tiga kelas dimenangi burung-burung yang berbeda. Ini yang membuat para peserta makin semangat,” tambah Om Jack.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Kelas kenari belum seramai lovebird. Pangeran meraih double winner.

Adapun dua kelas kenari didominasi Pangeran. Burung istimewa milik Mr Ashun ini tampil sebagai juara 1 baik di Kelas A maupun B.

Mewakili seluruh kru panitia, Om Eeng dan Om Jack mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan sobat kicaumania di Balikpapan dan sekitarnya, juga kepada para kier master, yang setia menghadiri Latber Jumat Ceria. (v1rgoboy)

Hasil Latber Jumat Ceria Balikpapan (Jumat, 26 September 2014)

LOVEBIRD A
1.   ASOKA RR GN GUNTUR
2.   SHINTA RUDI B WBC BPP
3.   FREAKZ SAIFUL GN MALANG
4.   ALYA RIAN FAHRIAM WBC BPP
5.   PARAWATI ARIF FC MP SOLO
6.   PIPIT TRI PRATAMA TRI PRATAMA SF
7.   NAYLA YUKEN RING MT DT MAWIJA
8.   BONTO PRABU KZA KLI BPP
9.   LATINA FIFA KIOS TRIS
10. ELYZA TRI PRATAMA TRI PRATAMA SF
LOVEBIRD B
1.   PIPIT TRI PRATAMA TRI PRATAMA SF
2.   GRANDONG MAX BPP
3.   ROSANA MR HODDY BPP
4.   TALI KUTANG AKBAR DUTA MAWIJA
5.   CUCOK JANI DUTA MAWIJA
6.   LATINA FIFA KIOS TRIS
7.   ALYA RIAN F WBC BPP
8.   FREAKZ SAIFUL GN MALANG
9.   SCOPPY BPP
10. –
LOVEBIRD C
1.   BLORONG JEPI NGETEM
2.   CASPER MR JOE KD SHOP
3.   NAILA YUKEN RING MT DUTA MAWIJA
4.   TARZAN H  YANTRI YNC SF
5.   GRANDONG MAX BPP
KENARI A
1.   PANGERAN ASHUN MILONO
2.   TOBI MACHMUD DT MAWIJA
KENARI B
1.   PANGERAN ASHUN MILONO
2.   SOFTAIL RIAN YP LBM TEAM

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.